iklan

Ruang Lingkup Biologi

Pengertian biologi yakni ilmu wacana keadaan dan sifat makhluk hidup (manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan) atau ilmu hayat. Ruang lingkup biologi pun ada banyak dan bervariasi, meliputi struktur kehidupan makhluk hidup dan organisme secara keseluruhan, dari yang terendah hingga yang tertinggi.

Faktanya memang ada banyak cabang-cabang biologi dari mulai taksonomi, ekologi, klimatologi, morfologi, evolusi, neurosains, anatomi, oseanografi, fisiologi, biofisika, genetika, botani, zoologi, ortopedi dan lain-lain. Lebih dari 200 cabang ilmu biologi yang dipelajari.

Pengertian biologi yakni ilmu wacana keadaan dan sifat makhluk hidup  Ruang Lingkup Biologi

Jika difokuskan, maka objek biologi mempelajari wacana struktur kehidupan organisme pada banyak sekali tingkat dari yang terendah hingga yang tertinggi, yakni unsur, molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma dan biosfer.

Ruang Lingkup Biologi

Apa saja objek-objek kajian biologi? Secara umum biologi mempelajari kehidupan organisme pada banyak sekali tingkat struktur dari yang terendah hingga tertinggi, yaitu mulai dari yang terendah yakni unsur hingga yang tertinggi yakni bioma dan biosfer.

Unsur

Unsur yakni zat tunggal yang tidak sanggup di bagi lagi menjadi zat yang lebih kecil. Unsur merupakan struktur kehidupan organisme yang terkecil.

Molekul

Molekul merupakan zat kimia murni yang terdiri dari beberapa unsur yang sanggup dipecah-pecah lagi menjadi unsur pembentuknya, contohnya yakni H20, senyawa yang terdiri dari 2 atom Hidrogen untuk satu atom Oksigen

Sel

Pengertian sel yakni unit terkecil dan fungsional penyusun badan makhluk hidup. Tiap organisme hidup terdiri dari sel-sel penyusunnya.

Jaringan

Jaringan yakni sekumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Tiap organisme mempunyai jaringan sel yang berbeda-beda. Baca Lebih lanjut

Organ

Organ yakni kumpulan dari jaringan-jaringan yang saling bekerja sama membentuk fungsi di dalam tubuh. Misalnya saja menyerupai mata, hidung, ginjal, otak, jantung dan sebagainya. Sistem Organ dan Organisme

Sistem Organ

Sistem organ merupakan kumpulan dari beberapa organ yang saling bekerja sama membentuk fungsi yang lebih luas di dalam tubuh. Misalnya yakni sistem pencernaan, sistem pernafasan, sistem peredaran darah, sistem eksresi dan lain sebagainya.

Organisme

Organisme yakni makhluk hidup tunggal atau individu yang merupakan kumpulan dari seluruh sistem organ yang saling berhubungan menjalankan fungsi kehidupan.

Populasi

Pengertian populasi yakni sekumpulan individu sejenis yang tinggal di suatu tempat, contohnya populasi insan atau populasi binatang tertentu.

Komunitas

Pengertian komunitas dalam ilmu biologi yakni sekumpulan dari beberapa populasi makhluk hidup yang saling berinteraksi di suatu habitat tertentu.

Ekosistem

Arti dan pengertian ekosistem yakni kesatuan komunitas dengan lingkungan hidupnya yang membentuk kekerabatan interaksi atau saling ketergantungan. Misalnya ekosistem hutan, ekosistem air tawar dan lain sebagainya.

Bioma

Bioma yakni bab terkecil dari ekosistem di daratan. Contohnya saja menyerupai bioma hutan hujan tropis, bioma gurun dan lain-lain.

Biosfer

Pengertian biosfer merupakan kawasan makhluk hidup tinggal dan melangsungkan hidupnya yaitu di planet bumi yang kita huni ini.

Demikianlah ruang lingkup biologi dan pengertiannya secara umum terlengkap. Ruang lingkup biologi memang mempelajari struktur kehidupan organisme dari mulai yang paling rendah hingga yang paling tinggi.

Sumber http://baityjanaty.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ruang Lingkup Biologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel