iklan

√ Aplikasi : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Fungsi Dan Ciri Terlengkap

√ Aplikasi : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Fungsi dan Ciri Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Aplikasi.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Aplikasi? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


 Kali ini akan membahas mengenai Aplikasi √ Aplikasi : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Fungsi dan Ciri Terlengkap
√ Aplikasi : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Fungsi dan Ciri Terlengkap

 


Pengertian Aplikasi


 


Aplikasi merupakan suatu perangkat lunak (software) atau acara komputer yang beroperasi pada sistem tertentu yang diciptakan dan dikembangkan untuk melaksanakan perintah tertentu.


Istilah aplikasi sendiri diambil dari bahasa Inggris “application” yang sanggup diartikan sebagai penerapan atau penggunaan. Secara harfiah, aplikasi merupakan suatu penerapan perangkat lunak atau software yang dikembangkan untuk tujuan melaksanakan tugas-tugas tertentu.


Dalam pengembangannya, aplikasi sanggup dikategorikan dalam tiga kelompok, diantaranya sebagai berikut :



  • Aplikasi Desktop yaitu aplikasi yang hanya dijalankan di perangkat PC komputer atau laptop.

  • Aplikasi Web yaitu aplikasi yang dijalankan menggunakan komputer dan koneksi internet.

  • Aplikasi Mobile yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat mobile di mana untuk kategori ini penggunaannya sudah banyak sekali.


Umumnya suatu aplikasi sanggup berjalan di banyak sekali perangkat yang dioperasikan oleh operating system (OS) yang ada di perangkat tersebut.


Adapun beberapa kriteria yang menunjukan suatu aplikasi berkualitas dan bermanfaat bagi penggunanya yaitu sebagai berikut :



  • Aplikasi sanggup memenuhi kebutuhan user.

  • Aplikasi sanggup berjalan di multi-platform.

  • Aplikasi sanggup merespon aba-aba dengan cepat serta membutuhkan resource (processor, memory, storage) yang rendah.


 


 


Ciri – Ciri Kualitas Aplikasi


 



  • Aplikasi sanggup memenuhi kebutuhan user.

  • Merespon sebuah intruksi seacara cepat.

  • Bisa berjalan di bermacam-macam platform.

  • Bisa membutuhkan resource (prosesor dan media penyimpanan) yang rendah.


 


 


Fungsi Aplikasi


 


1. Pendidikan


Aplikasi sanggup digunakan sebagai materi pengajaran. Misalkan saja, menciptakan penyajian materi dilengkapi animasi-animasi biar lebih menarik dengan menggunakan Microsoft Powerpoint.


Dengan demikian, suasana pengajaran akan mengatakan kenyamanan serta mencapai hasil yang lebih maksimal.


 


2. Kedokteran


Tidak ada yang menyangka bahwa ada aplikasi yang dikembangkan khusus hanya untuk bidang kedokteran. Misakan saja, adanya aplikasi untuk mendiagnosa penyakit, memperlihatkan perawatan rutin, bahkan hingga meracik obat.


 


3. Bisnis


Didalam sebuah bisnis, perlu menghitung besarnya laba yang didapat. Apabila laba dihitung secara manual maka akan memerlukan waktu yang lama. Oleh lantaran itu diperlukannya aplikasi untuk menghitung besar laba tersebut.


 


4. Ilmu Pengetahuan


Dengan adanya aplikasi ini akan mempermudah kmu untuk menerima informasi yang berkenaan dengan pengetahuan. Selain dari pada itu, aplikasi ini juga sanggup dipakai.


Apabila kau ingin meneliti kepingan dari ilmu pengetahuan tersebut. Hal ini sanggup membantu kau untuk memperluas wawasan kamu.


 


5. Militer


Pada zaman moderen ini, banyak aplikasi yang dikembangkan khusus dalam bidang pertahanan. Misalkan saja untuk melaksanakan pengendalian pesawat tidak lagi dilakukan secara manual namun menggunakan aplikasi. Dengan begini hasil yang sanggup akan menjadi lebih maksimal.


 


 


Klasifikasi Aplikasi


 



  • System Software yaitu aplikasi yang sanggup menglola dan mengendalikan proses operasi internal di dalam sistem komputer.

  • Real Time Software yaitu aplikasi yang mempunyai fungsi untuk mengamati, menganalisa, serta mengendalikan suatu kejadian di dunia faktual ketika sedang berlangsung.

  • Business Software yaitu aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan untuk keperluan bisnis, contohnya untuk mengatur sistem keuangan.

  • Engineering and Scientific Software yaitu aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan untuk membantu insan menuntaskan suatu dilema yang sifatnya non algoritmik.

  • Web Based Software yaitu aplikasi yang mempunyai fungsi sebagai media penghubung antara pengguna dengan internet secara langsung.

  • Personal Computer Software yaitu aplikasi yang digunakan untuk perangkat pengguna resmi dan juga pribadi yang sudah banyak digunakan ketika ini.


 


 


Jenis – Jenis Aplikasi


 



  1. Aplikasi Desktop

  2. Aplikasi DBSM

  3. Animasi

  4. Aplikasi Multimedia

  5. Aplikasi Communication

  6. Aplikasi Grafis


Software aplikasi grafis dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu :



  • Aplikasi grafis berbasis vector

  • Aplikasi grafis dengan berbasis pixel/BITMAP

  • Aplikasi grafis dengan berbasis tata letak

  • Aplikasi web browser


 


 


Sejarah Aplikasi


 


Sebelum aplikasi jauh berkembang pesat ibarat ini, ada salah satu andalan seluruh software yakni berjulukan Aljabar Boolean.


Boolean menggunakan kode binary digit (bit) yang terdiri atas 2 angka yakni “on artinya benar serta off artinya salah”. Pemakaian kode binary ini mengakibatkan masyarakat waktu itu menciptakan sejumlah kelompok bit yang terdiri atas 4 bit (nible), 8 bit (byte) kemudian 2 byte (word) serta 32 bit (doble word).


Sejumlah kelompok tadi yang membantu software computer pada bermacam-macam kegiatan contohnya ibarat sejumlah kode sebagai struktur instruksi.


Yakni mencakup operasi logika, penyimpanan, kemudian transfer dan hingga membnetuk kode gres yang disebut dengan “Assembler”. Nah, kode inilah sebagai cikal bakal guna menciptakan bermacam-macam macam aplikasi yang sanggup mempermudah acara manusia.


Didalam sejarah perkembangan aplikasi, ada evolusi perangkat lunak, yaitu :



  • Era Pioner


Era ini perangkat lunak ialah satu kesatuan perangkat menggunakan perangkat kerasnya.



  • Era Stabil


Pada kurun stabil ini aplikasi computer telah mengalami kemajuan yang tidak mengecewakan pesat.



  • Era Mikro


Pada kurun ini, perangkat lunak dibagi menjadi aplikasi sitem yakni (Windows, Linux, Machintosh, dll), kemudian Software aplikasi (diantaranya Ms.Office, OpenOffice dll) serta bahasa pemrograman (language) atau (language software) yakni Assembler, Delphi, Visualbasic dll.



  • Era Modern


Disini tidak hanya sebuah supercomputer menggunakan 25 processor, perangkat lunak pun sanggup dijumpai diberagam tempat. Kini PC sanggup disinkronkan menggunakan computer genggam. Sejumlah aplikasi menggunakan perangkat lainnya ibarat Symbian, Android serta perangkat lainnya.


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ Aplikasi : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Fungsi dan Ciri Terlengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :







Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Aplikasi : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Fungsi Dan Ciri Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel