iklan

√ Pons Otak : Pengertian, Fungsi, Bab Dan Struktur Terlengkap

√ Pons Otak : Pengertian, Fungsi, Bagian dan Struktur Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Pons Otak.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Pons Otak? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


 Kali ini akan membahas mengenai Pons Otak √ Pons Otak : Pengertian, Fungsi, Bagian dan Struktur Terlengkap
√ Pons Otak : Pengertian, Fungsi, Bagian dan Struktur Terlengkap

 


Pengertian Pons Otak


 


Pons merupakan salah satu bab otak, pons itu merupakan bab dari batang otak yang terletak di atas medula oblongata serta juga di bawah otak tengah. Pons mempunyai panjang kira-kira 2,5 cm.


Dapat dikatakan pons ialah suatu batang yang berisi serabut saraf yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan sanggup otak besar dengan sumsum tulang belakang serta juga menghubungkan bab otak kecil kiri dengan bab kanan. Meskipun ukurannya terbilang cukup kecil, tetapi pons mempunyai fungsi yang sangat penting.


 


 


Fungsi Pons Otak


 


1. Sebagai Jalur Saraf


Point utama yang akan kita bahas disini ialah jalur saraf, dimana pons otak berfungsi untuk membawa sinyal ke korteks utama. Sinyal yang sanggup dikirimkan cenderung berafiliasi dekat pada fungsi wajah, misalnya gerakan pada mata dan telinga.


 


Pons otak juga merupakan 4 titik pangkal diantara 12 saraf kranial utama, yakni sebagai berikut :


 



  • Saraf Trigeminal


Pada pons diperoleh nukleus sensorik dan motori saraf trigeminal. Fungsinya ialah untuk mengelola sensai dan gerakan pada wajah, juga berfungsi dalam sistem mencerna dan melahap.


 



  • Saraf Abdusen


Fungsi dari saraf abdusen tersebut ialah untuk mengelola kegiatan mata.


 



  • Saraf Fasial


Berfungsi untuk memperdampak otot-otot wajah, sehingga kita sanggup untuk tersenyum, menaikkan alis dan menampakkan beraneka ragam mimik pada wajah.


 



  • Serabut Vestibulocochlear


Saraf ini berfungsi untuk mengelola pengiriman bunyi dari indera pendengaran ke otak dan menopang untuk melindungi keselarasan serta sinkronisasi tubuh.


 



  • Pons


Pons juga berfungsi dalam mengelola fungsi tidak sadar menyerupai pernapasan. Suatu lokasi pada bab pons, yang dikenal dengan sistem retikular juga mengelola peredaran tidur manusia.


 


2. Menyampaikan Sinyal Keluar


Fungsi pons otak ialah membawa sinyal dari saraf menuju otak, ada waktu yang dibutuhkan bagi otak untuk memberikan perintah ke saraf.


Ini yang sanggup menimbulkan terjadinya pembukaan suatu info yang juga bergerak dan berakibat terjadinya pengaturan sinyal untuk sanggup diterjemahkan dengan lengkap dan akurat sebelum sinyal dikirimkan.


 


3. Mengontrol Fungsi Secara Tidak Sadar


Pada pons otak ada salah satu tempat atau kawasan yang berjulukan reticular yang sanggup berfungsi dalam sebuah pengaturan siklus tidur dan bangkit tidur. Daerah ini sanggup disebutkan mempunyai sebuah tugas dalam pembentukan mimpi seseorang.


Selain itu, fungsi tidak sadar lainnya yang juga ikut dikendalikan oleh sebuah pons otak ialah respirasi, yang mana pada pons otak ada salah satu bab yang sanggup mengatur intensitas pernapasan dan juga sanggup menghipnotis kendala wangsit yang sanggup berakibat sebuah pengurangan pada frekuensi dan kedalaman napas.


 


4. Lokasi Pada Otak


Pada insan dan kebanyakan binatang lainnya, pons terletak di bab atas dari batang otak. Itu duduk di antara medulla oblongata dan talamus dan dalam banyak hal bertindak sebagai semacam korelasi antara kedua daerah.


Pons dibentuk terutama dari apa yang sering dikenal sebagai “materi putih” yang berbeda, baik secara fungsional dan biologis dari “abu-abu” dari serebral otak serta itu pada umumnya cukup kecil, berukuran sekitar satu inci “2,5 cm” di kebanyakan orang dewasa.


Ukuran dan lokasi menciptakan ide untuk mengendalikan dan mengarahkan banyak sinyal saraf, yang sebagian besar berafiliasi dengan wajah dan sistem pernapasan.


 


 


Bagaian Pons Otak


 



  • Bagian Basilar Pons

  • Pada bab ini letaknya itu pada suatu bab ventral, yang mempunyai fungsi untuk sanggup berafiliasi dengan kegiatan motorik tubuh.

  • Bagian Pontine Tegmentum

  • Pada bab ini letaknya pada bab dorsal, yang mempunyai fungsi untuk berafiliasi dengan sistem homeostasis serta jugalintasan refleks.


 


 


Struktur Pons Otak


 



  • Nukleus Sensorik serta Motorik dari nervus trigeminal.

  • Nukleus dari nervus abdusen.

  • Nukleus dari nervus fasial.

  • Nukleus dari nervus vestibulocochlear.


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ Pons Otak : Pengertian, Fungsi, Bagian dan Struktur Terlengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :







Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pons Otak : Pengertian, Fungsi, Bab Dan Struktur Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel