iklan

√ Banding Harga Jasa Pengiriman: Mana Yang Murah Dan Cepat?


Beberapa bulan ini saya sering memesan barang dari toko online mulai dari alat elektronik, fashion hingga peralatan rumah tangga. Memang kini tidak sedikit toko online yang mengatakan jasa pengiriman gratis tapi lebih banyak didominasi masih mengandalkan jasa pengiriman biasa. Nah, berangkat dari pengalaman pribadi tersebut dan kebetulan ada waktu luang saya akan sedikit mengatakan perbandingan harga jasa pengiriman, bahu-membahu mana sih yang paling murah?


Simulator


Pengiriman dengan layanan REGULER  atau ekuivalen di perusahaan pengiriman lainnya. Rute yang digunakan ialah Jakarta ke Palembang. Pertanyaannya kok pakai Reguler, kok Jakarta, kok Palembang?


Layanan Reguler alasannya ialah lebih banyak didominasi toko online memakai jasa ini. Disamping harganya yang cukup terjangkau, paket Reguler juga sanggup menjangkau ke hampir seluruh kota atau desa di Indonesia.


Dipakai rute Jakarta alasannya ialah kebanyakan domisili toko online di Indonesia ini berpusat di sekitaran kota Jakarta. Selain itu dari Jakarta kita tidak memerlukan on transit menyerupai kalau kita mengirimkan dari daerah. Kenapa Palembang, alasannya ialah Palembang ialah domisili saya dan rute Jakarta ke Palembang sanggup terlayani dengan satu kali penerbangan saja sehingga sanggup mengukur kecepatan dan efesiensi paket kiriman.


Daftar Tarif Kiriman Jakarta – Palembang (Semua Ekspedisi)



Kesimpulan


Dilihat dari bagan tarif diatas secara kasat mata sanggup disimpulkan bahwa tarif paket kiriman Jakarta Palembang yang termurah ketika ini ialah TIKI dengan harga Rp. 18.000 dan yang paling mahal ialah Pos Indonesia seharga Rp. 21.500 belum termasuk PPN 10%. Kemudian apakah harga mensugesti kualitas? Jawabannya tidak selalu dan akan sangat fluktuatif. Kenapa?


Yang pertama untuk rute Jakarta Palembang, seluruh perusahaan pengiriman akan melaksanakan pengiriman pribadi city to city dengan angkuta udara maksudnya ialah ketika barang diterima oleh kantor mereka maka hari itu juga akan dikirim (beberapa perusahaan memberlakukan batas waktu penyerahan barang) dan biasanya paket akan hingga di Palembang keesokan harinya (paket datang di kantor cabang setempat).


Contoh Kasus


“Budi mengirmkan paket seberat 1 kg tujuan Palembang (REG) dengan jasa JNE di kantor sentra Tomang pukul 10:00 WIB. Barang akan manifest Jakarta malam hari sekitar pukul 21:00 WIB. Malam itu juga paket dikirimkan via angkutan udara ke Palembang (estimasi usang angkut 1 jam). Tengah malam paket datang di bandara Palembang. Subuh atau pagi hari esoknya paket datang di kantor cabang Palembang. Sortir barang dan update IWB pukul 10:00 WIB pagi dan seharusnya barang telah di antar kurir ke rumah.”


Ilustrasi diatas ialah waktu ideal proses pengiriman barang dan tentu saja tidak semua paket akan diberlakukan menyerupai itu. Dan kini timbul pertanyaan, jasa pengiriman mana yang paling cepat? Saya yakin untuk rute Jakarta Palembang semua perusahaan pengiriman yang memakai jasa angkutan udara akan sanggup mengirimkan paket kiriman kita dalam 1 hari saja. Dan ketika paket barang tersebut hingga di kota tujuan, bahu-membahu disini mulai permasalah klasik muncul. Barang-barang kiriman kita menumpak di warehouse mereka dan hanya pihak administrasi dan kurir yang mengetahui barang siapa yang menjadi prioritas untuk diantarkan. Jika kurir tersebut rajin dan profesional ketika barang datang dan selesai disortir maka bahu-membahu barang tersebut siap untuk diantar ke rumah akseptor dan kalau kurirnya malas tentu saja barang akan menumpuk sehingga menciptakan waktu pengiriman semakin lama.


Solusi


Gunakan skala prioritas untuk setiap paket kiriman kita. Jikalau paket tersebut urgent atau sangat penting ada baiknya kita sendiri yang pribadi menjemput barang tersebut di kantor namun kalau dirasa paket kiriman tidak terlalu urgent, menunggu di rumah hingga paket tersebut datang tidak ada salahnya juga (asalkan estimasi waktu antar masih masuk akal tidak terlalu lama).



Sumber https://dionbarus.comm

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Banding Harga Jasa Pengiriman: Mana Yang Murah Dan Cepat?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel