iklan

Trojan Horse Adalah

Sudah pernah melihat film Perang Troya? sebetulnya film tersebut ialah salah satu bentuk/cara kerja Hacker yang memakai teknik Trojan Horse. Trojan Horse bekerja dengan cara menyisipkan jadwal kedalam file menyerupai gambar yang menarik, sehingga did0wnl0ad dan jadwal sanggup dijalankan. Nah untuk gosip lengkapnya simak artikel berikut ini ya,

Trojan horse atau Kuda Troya atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang sanggup merusak sebuah sistem atau jaringan.

 Tujuan dari Trojan ialah memperoleh gosip dari sasaran (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan sasaran (memperoleh hak jalan masuk pada target).

Cara Kerja Trojan Horse
Trojan berbeda dengan jenis perangkat lunak mencurigakan lainnya menyerupai virus komputer atau worm alasannya ialah dua hal berikut:
  • Trojan bersifat "stealth" (siluman dan tidak terlihat) dalam operasinya dan seringkali berbentuk seperti jadwal tersebut merupakan jadwal baik-baik, sementara virus komputer atau worm bertindak lebih bernafsu dengan merusak sistem atau menciptakan sistem menjadi crash.
  • Trojan dikendalikan dari komputer lain (komputer attacker).
Beberapa jenis Trojan yang beredar ini antara lain adalah:
  • Pencuri password: Jenis Trojan ini sanggup mencari password yang disimpan di dalam sistem operasi (/etc/passwd atau /etc/shadow dalam keluarga sistem operasi UNIX atau berkas Security Account Manager (SAM) dalam keluarga sistem operasi Windows NT) dan akan mengirimkannya kepada si penyerang yang asli. Selain itu, jenis Trojan ini juga sanggup menipu pengguna dengan menciptakan tampilan seperti dirinya ialah layar login (/sbin/login dalam sistem operasi UNIX atau Winlogon.exe dalam sistem operasi Windows NT) serta menunggu pengguna untuk memasukkan passwordnya dan mengirimkannya kepada penyerang. Contoh dari jenis ini ialah Passfilt Trojan yang bertindak seperti dirinya ialah berkas Passfilt.dll yang aslinya dipakai untuk menambah keamanan password dalam sistem operasi Windows NT, tapi disalahgunakan menjadi sebuah jadwal pencuri password.

  • Pencatat aksentuasi tombol (keystroke logger/keylogger): Jenis Trojan ini akan memantau semua yang diketikkan oleh pengguna dan akan mengirimkannya kepada penyerang. Jenis ini berbeda dengan spyware, meski dua hal tersebut melaksanakan hal yang serupa (memata-matai pengguna).

  • Tool manajemen jarak jauh (Remote Administration Tools/RAT): Jenis Trojan ini mengizinkan para penyerang untuk mengambil alih kontrol secara penuh terhadap sistem dan melaksanakan apapun yang mereka mau dari jarak jauh, menyerupai memformat hard disk, mencuri atau menghapus data dan lain-lain. Contoh dari Trojan ini ialah Back Orifice, Back Orifice 2000, dan SubSeven.

  • DDoS Trojan atau Zombie Trojan: Jenis Trojan ini dipakai untuk mengakibatkan sistem yang terinfeksi semoga sanggup melaksanakan serangan penolakan layanan secara terdistribusi terhadap host target.

  • Ada lagi sebuah jenis Trojan yang mengimbuhkan dirinya sendiri ke sebuah jadwal untuk memodifikasi cara kerja jadwal yang diimbuhinya. Jenis Trojan ini disebut sebagai Trojan virus.

  • Cookies Stuffing, ini ialah script yang termasuk dalam metode blackhat, gunanya untuk membajak tracking code penjualan suatu produk, sehingga komisi penjualan diterima oleh pemasang cookies stuffing, bukan oleh orang yang terlebih dahulu mereferensikan penjualan produk tersebut di internet
Cara Penyebaran 

Penggunaan istilah Trojan atau Trojan horse dimaksudkan untuk menyusupkan kode-kode mencurigakan dan merusak di dalam sebuah jadwal baik-baik dan berguna; menyerupai halnya dalam Perang Troya, para prajurit Sparta bersembunyi di dalam Kuda Troya yang ditujukan sebagai dedikasi kepada Poseidon. 

Kuda Troya tersebut berdasarkan para petinggi Troya dianggap tidak berbahaya, dan diizinkan masuk ke dalam benteng Troya yang tidak sanggup ditembus oleh para prajurit Yunani selama kurang lebih 10 tahun perang Troya bergejolak.

special thanks for 
Wikipedia

Sumber http://goresan-kecil-chara.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Trojan Horse Adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel