iklan

Network Sniffing Adalah

Sudah pernah mendengar istilah perihal Sniffing? Sniffing ialah suatu acara penyadapan terhadap jaringan. nah Untuk keterangan lebih lanjut, simak artikel berikut ya;

Network Sniffing ialah suatu aktifitas menyadap yang di lakukan dalam jaringan yang sangat sulit untuk di cegah, walaupun kita telah menginstall aneka macam macam software untuk mencegah serangan dalam jaringan. Hal ini ialah permasalahan dari komunikasi atau protokol jaringan dan tidak ada hubungannya dengan sistem operasi”.

Aktifitas menyadap atau sniffing ini terbagi 2 jenis yaitu :
  1. Passive Sniffing adalah suatu kegiatan penyadapan tanpa merubah data atau paket apapun di jaringan. Passive sniffing yang umum di lakukan yaitu pada Hub, hal ini di sebabkan lantaran prinsip kerja hub yang hanya bertugas meneruskan signal ke semua komputer (broadcast), berbeda dengan switch yang memiliki cara untuk menghindari collision atau bentrokan yang terjadi pada hub dengan membaca MAC address komputer. Beberapa acara yang umumnya di gunakan untuk melaksanakan aktifitas ini yaitu wireshark, cain-abel, dan sebagainya.

  2. Active sniffing ialah kegiatan sniffing yang sanggup melaksanakan perubahan paket data dalam jaringan biar sanggup melaksanakan sniffing, active sniffing dengan kata lain merupakan kebalikan dari passive sniffing. Active sniffing umumnya di lakukan pada Switch, hal ini di dasar lantaran perbedaan prinsip kerja antara Hub dan Switch, menyerupai yang di jelaskan di atas. Active sniffing yang paling umum di lakukan ialah ARP Poisoning, Man in the middle attack(MITM).
Dua jenis sniffing ini sangat merugikan jikalau terjadi di dalam jaringan lantaran sanggup saja data-data langsung kita atau account-account langsung kita semacam e-mail yang bersifat sensitif sanggup tercuri.

Sniffing sendiri merupakan suatu tindakan yang sangat sulit untuk di cegah. Tidak ada solusi yang mudah, cepat, dan aman, yang sanggup kita lakukan untuk mencecegah serangan semacam ini. Namun tentunya, kita sanggup meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi di kemudian hari.

 Hal yang paling cepat di gunakan dan tidak memakan biaya besar ialah penggunaan enkripsi sehingga data-data yang kemudian lalang di dalam jaringan kita sangat sulit untuk di baca.

special thanks for 
wikipedia.com

Sumber http://goresan-kecil-chara.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Network Sniffing Adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel