iklan

Jenis Burung Lovebird Yang Mempunyai Warna Orisinil Bukan Hasil Kawin Silang

Berbagai jenis Burung Lovebird ialah burung sangat dikenal di kalangan pecinta burung peliharaan. Burung ini sangat disukai sebab bulunya yang berwarna-warni dan juga imut. Berikut di bawah ialah beberapa info unik dan menarik mengenai aneka macam jenis burung lovebird yang paling digemari.


Fakta Menarik Mengenai Burung Lovebird


Dinamakan dengan Burung Lovebird sebab kekerabatan monogami-nya sangat berpengaruh (hanya mempunyai satu pasangan) dan mempunyai tampilan yang imut dengan prilaku yang lucu. Sepasang burung lovebird biasanya menghabiskan waktu bersama-sama, yang sekaligus menjadi nama yang mengartikan sifat jenis burung bagus ini. Walaupun burung lovebird cantik, tapi masih belum masuk nominasi 10  besar burung tercantik di dunia versi Wongunik.com.


Jenis Lovebird termasuk keluarga Agapornis, yang masih pecahan dari keluarga burung nuri. Bisa dikatakan bahwa unggas kecil ini termasuk jenis burung nuri yang paling kecil.


Ada sembilan jenis burung lovebird yang paling terkenal di dunia. Yang mana, delapan diantaranya berasal dari Afrika. Dan yang satunya berasal dari Madagaskar. Ukurang burung lovebird sekitar 13 hingga dengan 17 cm, dengan berat sekitar 50g. Terlepas dari spesies tertentu, sebagian besar bulu burung lovebird berwarna hijau. Ada banyak variasi jenis lovebird menurut warna bulunya. Sementara, selain dari warna hijau sanggup dikatakan beda spesies.


Meskipun burung lovebird orisinil berasal dari Afrika, binatang peliharaan ini termasuk salah satu peliharaan yang paling terkenal di seluruh dunia. Termasuk juga di Indonesia, banyak pecinta burung memelihara burung lovebird dengan variasi warna sangat banyak pada penangkaran burung lovebird hasil pembiakan selektif. Jenis menyerupai itu dinamakan denngan sub-varian, termasuk juga lovebird batman, pasput, cobalt dan masih banyak lagi. Sementara, burung lovebird yang dikawin silangkan untuk mendapat warna yang unikpada penangkaran tidak menjadi terlalu Istimewa di alam liar. Bahkan kurang cocok untuk berbaur di alam liar. Nah, di bawah ini ialah dasar dari semua variasi jenis vurung lovebird.


9 Jenis Burung Lovebird yang Memiliki Warna Asli


Disini orisinil maksudnya bukan hasil rekayasa, perkawinan silang atau pembiakan selektif. Jadi, bukan berarti jenis-jenis lovebird lainnya bukan orisinil lovebird. Seperti dikatakan sebelumnya, ada sembilan jenis burung lovebird yang dibedakan menurut warna aslinya. Berikut beberapa informasi khusus mengenai kesembilan jenis burung lovebird.


Lovebird Muka Merah Muda (Lovebird 3M)


 ialah burung sangat dikenal di kalangan pecinta burung peliharaan Jenis Burung Lovebird yang Memiliki Warna Asli Bukan Hasil Kawin Silang
Sumber: Pixabay.com

Lovebird muka merah muda juga dinamakan dengan Rosy-faced. Memiliki wajah berwarna kemerah-merahan. Asal jenis lovebird yang satu ini berasal dari padang pasir Afrika barat daya, khususnya tempat Gurun Namib. Spesies ini mempunyai dua subspesies, yakni; A. r. catumbella, ditemukan di Angola, dan A. r. roseicollis, ditemukan di Namibia, Botswana dan sebagian di tempat Afrika Selatan. Lovebird muka merah muda termasuk spesies yang paling besar dengan panjang rata-rata 17 s/d 18 cm.


Warna wajah jenis lovebird yang satu ini praktis bermutasi, dan referensi warna bulu wajah bervariasi di alam liar. Sebagian besar rosy-faced lovebird berwarna hijau dengan wajah merah jambu dan ekor biru. Tidak ada perbedaan warna dan ukuran antara pejantan dan betina. Burung ini suka mandi. Spfat spesies lovebird yang sangat bersosial dan mempunyai bunyi keras dan vokal. Baik yang jantan dan betina mempunyai sifat yang sulit dipertahankan sebagai binatang peliharaan.


Lovebird Fischer


 ialah burung sangat dikenal di kalangan pecinta burung peliharaan Jenis Burung Lovebird yang Memiliki Warna Asli Bukan Hasil Kawin Silang
Sumber: Pixabay.com

Burung ini dinamakan dengan nama panggilan Gustav Fischer, seorang penjelajah Afrika berasal dari Jerman di Afrika. Jenis lovebird Fischer ialah spesies yang mempunyai bulu berwarna-warni dengan corak paling alami. Bulu pecahan punggung dan dada berwarna hijau, dan ke pecahan atas dada bertransisi warna ke oranye hingga pecahan wajah, yang dimulai dengan corak kuning pada pecahan leher dan diakhiri dengan warna hijau zaitun di pecahan atas kepala. Memiliki paruh berwarna merah yang menonjol dan ujung ekor sedikit berwarna biru. Panjangnya sekitar 14 cm dan tidak mengatakan dimorfisme (perbedaan antara jenis kelamin) yang mencolok. Perbedaannya cuma pecahan punggung betina yang lebih lebar dari pejantan.


Fischer’s Lovebird sering ditemukan di pecahan selatan dan tenggara Danau Victoria tempat Tanzania. Fischer’s lovebird sering dijadikan sebagai binatang peliharaan.


Lovebird Topeng


 ialah burung sangat dikenal di kalangan pecinta burung peliharaan Jenis Burung Lovebird yang Memiliki Warna Asli Bukan Hasil Kawin Silang
Sumber: Flickr.com @Martie

Lovebird topeng juga dikenal dengan lovebird kerah kuning atau masked lovebird. Karena bulu lehernya berwarna kuning dan kepalanya berwarna hitam dengan lingkar mata putih. Jenis lovebird yang satu ini praktis dikenali sebab wajahnya yang menyerupai mengenakan topeng hitam. Perkawinan silang dengan jenis lovebird lain menghasilkan jenis gres yang di Indonesia disebut dengan sebutan lovebird batman, salah satu varian yang paling disukai di Indonesia.


Warna yang menyerupai kerah kuning di pecahan lehernya juga sangat menonjol. Paruh masked lovebird berwarna merah dan bulu pecahan bawahnya lebih hijau dibandingkan punggungnya. Kerah kuningnya melebar hingga ke pecahan dada dan terlihat mulus bertransisi menjadi warna hijau muda ke pecahan bawah. Pada pecahan matanya terdapat bundar putih yang sangat mencolok.


Burung masked lovebird mempunyai panjang maksimal 15 cm dan ditemukan di tempat yang sama dengan asal lovebird Fischer, yatu Tanzania pecahan utara dan barat laut. Jenis lovebird yang satu ini tidak mengatakan perbedaan antara jantan dan betina dari segi bentuk dan warna. Jadi, untuk memilih jenis kelamin burung nuri ini menjadi sulit, sebab sepasang lovebird batman berperilaku yang sama.


Lovebird Kerah Hitam


 ialah burung sangat dikenal di kalangan pecinta burung peliharaan Jenis Burung Lovebird yang Memiliki Warna Asli Bukan Hasil Kawin Silang
Sumber: Wikipedia.org

Sebagian besar bulu jenis lovebird kerah hitam berwarna hijau dengan kerah berwarna hitam tipis. Namanya sangat terang mincirikan tampilannya. Jantan dan betina jenis lovebird ini sama persis tampilannya. Burung bagus ini juga disebut dengan lovebird swindern. Ditemukan di tempat jalur katulistiwa hutan hujan Afrika, Kongo-Kinshasa, Kongo-Brazzaville, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Liberia, Uganda dan Pantai Gading. Panjang tubuhnya sekitar 13,5 cm.


jenis yang satu ini juga dinamakan dengan black-collared lovebird. Tidak banyak diperdagangan untuk dijadikan binatang peliharaan. Karena lovebird kerah hitam butuh makan buah ara orisinil yang susah ditemukan.


Lovebird Sayap Hitam


 ialah burung sangat dikenal di kalangan pecinta burung peliharaan Jenis Burung Lovebird yang Memiliki Warna Asli Bukan Hasil Kawin SilangSeperti namanya, jenis lovebird ini sanggup dikenali dengan bulu sayapnya yang berwarna hitam mencolok. Dinamakan juga dengan black-winged lovebird. Pada pecahan dahi Black-winged Lovebird jantan berwarna merah, dan juga ada bundar tipis merah di sekitar mata. Jantan dan betina Lovebird sayap hitam mempunyai paruh merah, tapi warna paruh pejantan jauh lebih mencolok. Selain ciri-ciri tadi warna bulu badan jenis lovebird ini hijau terang dengan corak sedikit kuning pada ujung bulunya.


Burung lovebird black-winged berasal dari Eritrea dan Ethiopia. Jenis yang satu ini juga tidak terlalu sering diperdagangan untuk dijadikan binatang peliharaan. Burung lovebird black-winged mempunyai panjang badan maksimal 17 cm.


Lovebird Lilian


 ialah burung sangat dikenal di kalangan pecinta burung peliharaan Jenis Burung Lovebird yang Memiliki Warna Asli Bukan Hasil Kawin Silang
Sumber: Wikimedia.org

Burung lovebird lilian berjulukan latin Agapornis lilianae dan juga dikenal sebagai Lovebird Nyasa. Spesies ini termasuk yang terkecil dari keluarga nuri jenis lovebird. Panjang badan burung lovebird lilian sekitar 13 cm dengan warna bulu menyerupai lovebird Fischer dan lovebird muka merah. Bagian kepala dan lehernya berwarna oranye dan bertransisi ke warna hijau di pecahan belakang, dada, perut dan ekor. Tidak menyerupai lovebird Fischer yang mempunyai ekor berwarna biru. Sekeliling matanya juga terdapat lingkar cincin putih mencolok. Burung Lovebird Lilian sangat langka dan juga jarang diperdagangkan sebab sulit dikembang biakkan di penangkaran.


Lovebird Pipi Hitam


 ialah burung sangat dikenal di kalangan pecinta burung peliharaan Jenis Burung Lovebird yang Memiliki Warna Asli Bukan Hasil Kawin SilangLovebird Black-cheeked ialah jenis lovebird yang paling langka dan terancam punah. Disebut juga dengan sebutan lovebird pipi hitam. Jenis yang satu ini hanya sanggup ditemukan di wilayah perbatasan antara Namibia, Zambia, dan Botswana. Burung lovebird black-cheked mempunyai panjang badan sekitar 14 cm dengan warna hijau pada pecahan punggung dan pecahan depan. Kepalanya berwarna oranye kecoklatan dengan pipi dan leher hitam. Sedangkan dadanya berwarna hijau dengan transisi oranye ke arah pecahan leher. Sekitar linghar matanya berwarna putih mencolok. Jenis burung lovebird yang satu praktis dibiakkan pada penangkaran.


Lovebird Muka Merah


 ialah burung sangat dikenal di kalangan pecinta burung peliharaan Jenis Burung Lovebird yang Memiliki Warna Asli Bukan Hasil Kawin Silang
Sumber: Youtube.com

Jenis yang ini dinamakan dengan lovebird muka merah atau red-faced lovebird sebab pecahan depan wajahnya berwarna merah mencolok. Jenis burung lovebird yang ini juga dikenal dengan lovebird kepala merah. Panjang tubuhnya sekitar 15 cm dengan warna pecahan badan lain hijau seragam dengan paruh berwarna merah. Jantan dan betina nya dibedakanoleh warna, yang mana jantan mempunyai warna yang lebih kaya. Sementara warna paruh betina pucat dan dengan lebih kecil. Jenis kepala merah sanggup dibilang paling banyak populasinya. Berasal dari Afrika Tengah.


Lovebird Kepala Abu-abu


 ialah burung sangat dikenal di kalangan pecinta burung peliharaan Jenis Burung Lovebird yang Memiliki Warna Asli Bukan Hasil Kawin Silang
Sumber: Wikipedia.org

Dan yang terakhir ialah jenis lovebird yang satu-satunya berasal dari Madagaskar, yaitu lovebird kepala abu-abu. Jenis yang satu-satunya berasal dari luar Afrika, juga disebut dengan lovebird grey-headed atau Lovebird Madagaskar. Selain lovebird Lilian, lovebird Madagaskar juga termasuk jenis lovebird terkecil dengan panjang maksimal 13 cm.


Pejantan dan betina lovebird grey-headed mempunyai warna punggung yang lebih gelap dan pada pecahan bawah tubuhnya berwarna hijau muda. Yang jantan mempunyai kepala dan dadat pecahan atas berwarna abu-abu terang. Sedangkna yang betina mempunyai referensi warna yang sama dengan jantan. Secara alami, jenis burung lovebird yang satu sangat pemalu. Sehingga membuatnya tidak cocok untuk dijadikan binatang peliharaan. sebab enggan berkembang biak di penangkaran. Artinya, lovebird kepala abu-abu jarang dijadikan binatang peliharaan.


Perilaku Burung Lovebird


Di alam liar, lovebird memakan aneka macam macam makanan. Mulai dari rerumputan, buah-buahan, sayuran dan terkadang juga serangga. Jika ingin memelihara burung lovebird, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan penjual yang jago memelihara burung lovebird. Karena beda jenis, beda juga ruang terbang yang dibutuhkan. Setidaknya harus ada ukuran ruang satu meter kubik untuk satu burung lovebird dan dengan sumber air yang selalu tersedia untuk mandi.


Burung lovebird juga praktis jinak dan dan bersosial degnan manusia. Dengan demikian, binatang ini juga sanggup menjadi binatang pendamping yang sangat baik jikalau dibesarkan dengan baik juga. Ikatan antara pemilik dan lovebird harus ditetapkan semenjak mulai dibesarkan dari kecil, sebab burung ini tidak pernah ganti tuan atau juga ganti pasangan. Pemeliharaannya perlu dilakukan dengan sentuhan yang lembut dan penuh kasih sayang. Jika tidak, burung lovebird tidak akan suka kontak degnan insan dan akan mematuk. Karena burung lovebird juga mempunyai naluri yang ganas, dan menyerupai jenis burung nuri lainnya, paruh lovebird berpengaruh dan menyakitkan jikalau dijepit paruhnya.


Kesimpulan


Dari semua varian orisinil lovebird yang dibedakan menurut warna aslinya, kesemuanya selalu mempunyai corak warna hijau. Memang ada burrung lovebird yang sama sekali tidak mempunyai corak hijau pada bulunya. Tapi jenis lovebird menyerupai itu sudah termasuk sub-varian. Contohnya subvarian lovebirt batman dan biru. Ada yang sama sekali tidak mempunyai corak hijau.


Jika membahas soal jenis lovebird tidak ada habis-habisnya. Karena burung ini merupakan unggas yang paling banyak varian-nya dan praktis bermutasi dari hasil kawin silang atau pembiakan selektif, dan memang lovebird yang beda varian juga praktis dikawinkan. Makanya dinamakan dengan lovebird. He..he..he…! Tidak menyerupai jenis kucing liar, misalnya, singa dan harimau yang secara alami tidak mau kawin silang.


Burung lovebird juga menyerupai jenis burung kakatua yang suka bermain. Oleh sebab itu, memelihara burung lovebird perlu mainan kecil yang terbuat dari kayu yang agak lunak. Burung ini juga sangat vokal dengan bunyi yang melengking dan mengganggu. Tapi jikalau sudah bersuara demikian biasanya tanda lagi stres. Jika burung lovebird sudah terbiasa dengan tuannya, mau hinggap di jari atau bahu dan mengelus-elus bulunya.



Sumber https://www.wongunik.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis Burung Lovebird Yang Mempunyai Warna Orisinil Bukan Hasil Kawin Silang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel