iklan

Cara Menciptakan Masakan Ringan Elok Lapis Memakai Materi Tepung Beras

Sebelum membahas cara menciptakan kudapan manis lapis, mari kita simak sejarah singkat kudapan manis lapis. Sejarah kudapan manis lapis dapat kita terlusuri kembali ke saudaranya, yaitu spekkoek atau disebut juga dengan kudapan manis lapis legit. Kue lapis merupakan kudapan manis khas Indonesia yang dibuat berlapis-lapis. Diyakini bahwa pembuatan kudapan manis spekkoek terinspirasi split cake (kue pisah) yang dikenal di Indonesia pada masa penjajahan Belanda dahulu.


Cara menciptakan kudapan manis lapis dan spekkoek hampir sama. Perbedaannya, cara memasak kudapan manis lapis perlu dikukus kemudian dipanggang, sedangkan menciptakan lapis legit cukup dipanggang saja. Setiap lapisan dipanggang atau dikukus dengan cermat selama 5 hingga 12 menit sebelum campuran berikutnya dituangkan ke atas lapisan pertama dan seterusnya untuk membentuk tampilan yang berlapis-lapis.


Kue lapis yang cantik harus mempunyai tekstur yang kenyal, tidak melekat pada gigi dikala dikunya dan tidak lengket ditangan dikala dipegang. Selain itu, lapisannya juga harus dengan gampang dipisahkan. Menurut Dr. Leslie Tay dari ieatishootipost.sg yang memenangkan penghargaan Lina’s Confectionery, diharapkan 4 jam untuk menciptakan satu talam kudapan manis lapis.


 mari kita simak sejarah singkat kudapan manis lapis Cara Membuat Kue Lapis Menggunakan Bahan Tepung Beras


Reputasi Kue Lapis di Asia Tenggara


Ada satu artikel yang menarik mengenai kudapan manis lapis yang diterbitkan di New Straits Times pada tanggal 14 Desember 1972. Disitu dituliskan bahwa kudapan manis lapis ialah masakan yang mencerminkan keterampilan masakan perempuan di dapur. Pada janji nikah akbar dua saudara perempuan dari keluarga bergengsi di Malaysia …. “Arabian Nights Wedding”, penulis menjelaskan bahwa pesta janji nikah tersebut dihadiri oleh sekitar 1800 tamu. Beberapa diantara mereka ialah anggota keluarga kerajaan. Di tengah-tengah persiapan janji nikah repot, kudapan manis lapis harus disiapkan oleh calon pengantin perempuan secara pribadi untuk tamu janji nikah mereka atas desakan ibunya. Dia dikenal sebagai salah satu “koki terbaik negara”, dan jgua mengharapkan standar yang sama dari putrinya.


Kue lapis juga pernah masuk ke buku yang berjudul Cooking for the President: Reflection & Recipes of Mrs Wee Kim Wee, oleh Wee Eng Hwa. Hal tersebut memperlihatkan wawasan yang mendalam mengenai filosofi memasak seorang istri mantan presiden. “Memasak dan makan bersama merupakan hal penting bagi keluarga kami. Ketika buku ini dibuka, kau akan melihat bagaimana masakan dan hiburan telah memainkan tugas penting dalam keluarga kami – berteman dan memenangkan hati ”, kata Nyonya Wee Kim Wee. “Memasak dengan cinta”, lanjut Nyonya Wee, “membuat perbedaan untuk makanan.”


Dalam buku resep Peranankan yang setebal 230 halaman dan 566 halaman tersebut, kudapan manis lapis digambarkan sebagai “nyonya fudge” dengan “aroma pandan kelapa yang khas”. Keluarga Wee menyukai gagasan yang disajikan sebagai kudapan atau hidangan epilog dengan teh Cina panas.


Di Asia Tenggara, semenjak dahulu kala kudapan manis lapis tidak hanya dinikmati di saat-saat perayaan pesta, tetapi juga telah menjadi masakan yummy yang cocok untuk disajikan untuk mantan presiden Singapura. Selama bertahun-tahun, kudapan manis lapis telah menjadi begitu kental di masyarakat di Asia Tenggara sehingga menjadi masakan yang enak bagi banyak orang. Namun, kalau kau hanya ingin merasakan kudapan manis lapis, kau tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di dapur untuk membuanya. Karena kudapan manis lapis biasa ditemukan di pasar-pasar atau toko-toko kudapan manis di Indonesia. Tapi tidak ada salahnya juga mengetahui cara menciptakan kudapan manis lapis dengan pribadi mempraktekkannya di dapur.


Baca juga resep masakan kudapan sederhana lainnya:



 


Penjelasan Singkat Mengenai Kue Lapis


 mari kita simak sejarah singkat kudapan manis lapis Cara Membuat Kue Lapis Menggunakan Bahan Tepung Beras


Kue lapis biasanya dibuat dengan sembilan lapisan perpaduan warna hijau, putih dan merah. Namun tidak ada hukum baku yang membatasi jumlah lapisan dan warnanya. Kue lapis yang paling sering dijual biasanya terdiri dari 12 atau 13 lapisan. Kue ini mempunyai aroma kelapa dan pandan dan rasanya tidak terlalu manis.


Meskipun kudapan manis ini dibuat dengan menyatukan lapisan adonan, hasil akibatnya dihentikan lengket menyerupai permen karet yang melekat kalau dipegang atau pada gigi paad sat dikunyah. Lapisan-lapisan kudapan manis lapis seharunya dapat dikelupas atau dipisahkan dengan mudah.


Nah, dibaawh ini kau akan mengikuti cara menciptakan kudapan manis lapis. Sebelumnya membuatnya, persiapkan bahan-bahan yang tertulis di bawah ini.


Resep Kue Lapis



  • 200 gram tepung beras,

  • 100 gram tepung kanji,

  • 3/4 ml santan kental,

  • ¼ sendok teh garam halus,

  • 2 lembar daun pandan,

  • ¼ kilogram gula

  • pewarna masakan (merah, kuning dan hijau) – sesuai kebutuhan


Cara Membuat Kue Lapis



  1. Persiapkan santan, gula, garam dan daun pandan.

  2. Rebus hingga mendidih dan gulanya larut, aduk perlahan, kemudian angkat.

  3. Selanjutnya, rebusan tersebut disaring dan disisihkan.

  4. Pada mangkuk yang lain, campur tepung beras dan tepung kanji kemudian tuangkan santan mendidih bertahap hingga campuran menjadi halus dan licin.

  5. Kemudian pisahkan campuran menjadi 2 atau 3 bab sesuai dengan jumlah pewarna yang telah disiapkan.

  6. Masukkan pewarna masakan dan aduk rata.

  7. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan minyak, kemudian tuang campuran terlebih dahulu dan kukus selama 10 menit hingga campuran mengeras.

  8. Ulangi proses di atas hingga campuran habis.

  9. Dalam pengukus terakhir, kukus selama 30 menit, angkat dari api dan biarkan lapisan kudapan manis lapis dingin.



Sumber https://www.wongunik.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Masakan Ringan Elok Lapis Memakai Materi Tepung Beras"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel