iklan

Cara Budidaya Ayam Ketawa Paling Gampang Bagi Pemula

Cara Budidaya Ayam Ketawa menjadi salah satu perjuangan dibidang peternakan yang hita dan cukup Cara Budidaya Ayam Ketawa Paling Praktis Bagi PemulaCara Budidaya Ayam Ketawa menjadi salah satu perjuangan dibidang peternakan yang hita dan cukup populer. Sebab, ayam ketawa sendiri mempunyai daya tarik di mata para pecintanya yang rata rata berkantong tebal. Nilai irit ayam ketawa sendiri cukup tinggi dibandingkan dengan jenis unggas lainnya.


Hal ini tidak lain disebabkan lantaran keunikan dan juga daya tarik ayam ketawa sendiro serta ciri khasnya yang pastinya tidak dimiliki oleh ayam jenis lainnya. Oleh alasannya ialah itu, maka tentu budidaya ayam ketawa sendiri menjadi salah satu perjuangan yang potensial dan menjanjikan.


Ayam ketawa merupakan jenis ayam hias, artinya tidak sama dengan ayam pedaging atau petelur. Ciri khas yang paling mencolok dari ayam ini ialah tentu mempunyai bunyi kokok yang ibarat orang tertawa. Jenis tertawanyapun berbefa beda, ada yang panjang panjang ada pula yang pendek pendek dan dalm tempo yang cepat. Tentu saja hal inilah yang kemudian menjadi salah satu daya tarik sekaligus nilai jual auam ketawa.


Kualitas tertawanya ayam yang akan bisa menciptakan harga jual ayam melambung tinggi.Banyak orang yang mengira bahwa budidaya ayam ketawa relatif sulit di lakukan. Hal tersebut merupakan pandangan yang salah kaprah. Sebab dari beberapa sumber dan mereka ialah para pembudidaya yang sudah lebih dahulu menekuni perjuangan ini, menyatakan bahwa secara umuk budidaya ayam ketawa sama dengan budidaya unggas pada umumnya. Bahkan tidak ada perlakuan khusus yang harus dilakukan.


Nah, bagaimana berdasarkan anda, kalau anda tertarik maka dalam artikel ini kami telah merangkum 6 cara budidaya ayam ketawa paling gampang bagi pemula, simak selengkpanya.



  1. Persiapan Kandang Budidaya


Cara Budidaya Ayam Ketawa menjadi salah satu perjuangan dibidang peternakan yang hita dan cukup Cara Budidaya Ayam Ketawa Paling Praktis Bagi PemulaDalam semua tahapan budidaya unggas, hal yang paling harus di utamakan tentunya ialah keberadaan kandang. Mengapa dirasa penting? alasannya ialah sangkar inilah yang nantinya akan menjadi lingkungan ayam ketawa tumbuh dan berkembang.


Keberadaan sangkar juga akan menciptakan ayam mempunyai batasan batasan ruang sehingga ayam tidak berkeliaran sebagaimana pada cara budidaya ayam hutan hijau  . Tentunya nilai irit ayam ketawa yang tinggi juga sanggup mengundang tingkat kejahatan, jadi paling kondusif ialah pastinya menyiapkan sangkar untuk budidaya ayam ketawa.


Bukan hanya sangkar saja yang penting diperhatikan, tentu saja keidealan sangkar harus menjadi priorotas utama. Sebab hal ini akan bisa menciptakan proses budidaya lebih efektif dan efisien. Nah, kemudian bagaimanakan sangkar untuk budidaya ayam ketawa yang ideal, Pastinya anda sanggup memperhatikan beberapa hal berikut ini :



  • Ukuran sangkar ideal minimal ialah 5×5 meter, namun kalau anda mempunyai luas lahan yang lebih maka akan lebih baik lagi.

  • Sebab lokasi sangkar yang luas akan menciptakan ayam leluasa untuk berkeliaran dan juga tidak akan menciptakan ia nantinya menjadi stres.

  • Kandang dibentuk dari materi yang nyaman mirip papan atau juga bambu, dengan atap genteng atau asbes, semoga suhu udara sangkar tetap sejuk.

  • Jangan lupa memperlihatkan ruang udara dengan menciptakan dinding sangkar menjadi setengah tiang atau juga menciptakan dinding sangkar jarang jarang sehingga menciptakan udara sanggup keluar masuk dengan bebas.

  • Selanjutnya jangan lupa juga sangkar harus dilengkapi dengan peralatan makan dan minum, semoga nantinya memudahkan dalam santunan pakan.

  • Perhatikan juga lokasi kandang, usahakan erat dengan kediaman atau rumah anda, sehingga akan memudahkan dalam pengawasan. 







2. Pemilihan Anakan Ayam Ketawa


Cara Budidaya Ayam Ketawa menjadi salah satu perjuangan dibidang peternakan yang hita dan cukup Cara Budidaya Ayam Ketawa Paling Praktis Bagi PemulaTahapan selanjutnya ialah melaksanakan pemilihan anakan ayam ketawa yang akan dibudidayakan. Direkomendasikan lebih baik memakai anakan ayam ketawa yang pastinya harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan indukan ayam ketawa.


Selain itu juga, kalau dibudidayakan dari anakan maka waktunya akan lebih cepat untuk bisa menjadi ayam dewasa. Sebalikanya kalau dari indukan maka waktunya akan lebih lama, alasannya ialah harus melalui masa perkawinan gres indukan betina bertelur selanjutnya di tetaskan da gres kemudian muncuk anakan ayam ketawa.


Nah, tentunya untuk kriteria anakan ayam ketawa sendiri tidak.bisa dipilih sembarangan mirip juga pada cara budidaya ayam jawa super,  pastinya anda harus menentukan yang benar benar berkualitas. Antara lain dengan memperhatikan hal berikut ini :



  • Pastikan anakan yang dipilih dalam kondisi sehat, serta tidak terpapar n penyakit.

  • Memiliki gerakan yang aktif serta warna bulu yang mengkilap.

  • Tidak cacat dan semua anggota tubuhnya lengkap.

  • Berasal dari indukan yang berkualitas, lantaran anda tidak akan biaa mendengar bunyi kokok ayam ketawa maka tentu mengetahui indukannya sangat penting.

  • Sebab dari situ anda akan sanggup mengetahui kualitas dari anakannya.


3. Manajemen Pemberian Pakan dan Minum


Cara Budidaya Ayam Ketawa menjadi salah satu perjuangan dibidang peternakan yang hita dan cukup Cara Budidaya Ayam Ketawa Paling Praktis Bagi PemulaSelanjutnya, hal yang harus dilakukan pentu saja anda memperlihatkan pakan dan minum. Sebab dalam budidaya dua elemen ini sangatlah penting  Pakan yang baik akan sanggup menciptakan ayam ketawa mempunyai pertumbuhan yang baik.


Serta juga dengan memeberikan pakan yang baik maka pastinya ayam ketawa akan bisa mendapat pertumbuhan yang cepat sehingga pastinya anda bisa menjualnya dengan lebih cepat. Umumnya santunan pakan dilakukan 2-3 kali dalam sehari tergantung kepada ukuran dan pertumbuhan ayam.


Pakan harus diberikan secara proporsional, maksudnya ialah sesuai dengan pertumbuhan ayam ketawa mirip juga cara budidaya ayam bangkok aduan . Untuk jenis pakan sendiri sebaiknya berikan sesuai kebutuhan. Misalnya pelet, biji jagung halus, biji bijian serta juga cavlcing tanah atau serangga mirip jangkrik sebagaimana pada cara budidaya ayam bangkok aduan







4. Sanitasi Kandang dan Lingkungan


Kebersihan dan sanitasi sangkar serta lingkungan haruslah dijaga, alasannya ialah hal inj sangat penting sebagai upaya pencegahan penyakit atau juga penyebaran virus. Karenanya maka jaga kebersihan sangkar dengan cara membuang kotoran serta sisa pakan setiap hari.


Selain itu juga ganti air di dalam wadah minum paling lambat setiap dua hari sekali, atau juga paling baikknua ialah pergantian di lakukan setiap hari. minimal 1 ahad sekali jangan lupa untuk memandikan ayam ketawa untuk membersihkan bulunya dari kotoran yang menempel. Lingkungan sekitar sangkar juga harua dijaga kebersihannya semoga ayam sanggup dengan nyaman berkeliaran.


5. Vaksinasi


Vaksinasi merupakan cara pencegahan penyebaran virus terutama untuk jenis viru flu burung yang cukup memakan banyak korban dan berbahaya. Oleh alasannya ialah itu, maka salah satu cara yang sanggup diyempuh ialah dengan melaksanakan vaksinasi di kandang, serta juga dilingkan kandang.


Diharapkan dengan cara ini, penyebaran virus serta juga tingkat penyebaran penyakit akan sanggup dihentikan. Sehingga ayam ketawa sanggup terhindar dari virua flu burung yang amat berbahaya dan sanggup menular dengan cepat mirip pada cara budidaya ayam bangkok .


6. Melatih Suara Tawa Ayam Ketawa


Cara Budidaya Ayam Ketawa menjadi salah satu perjuangan dibidang peternakan yang hita dan cukup Cara Budidaya Ayam Ketawa Paling Praktis Bagi PemulaSebagaimana yang telah diulas sebelumnya, bahwa harga jual ayam sangat ditentukam oleh kualitas tawa ayam. Oleh alasannya ialah itu, maka tentunya untuk mendapat tawa ayam yang berkualitas haruslah dilakukan dengan melatih bunyi ayam ketawa.


Caranya gampang saja , anda hanya perlu menyandingkan ayam dengan ayam ketawa lainnya sehingga nantinya mereka akan beradu bunyi satu sama lain, lambat laun maka mereka akan bisa menghasilkan bunyi tawa yang baik dan berkualitas.


Nah, itulah tadi 6 cara budidaya ayam ketawa paling gampang bagi pemula. Selamat mencoba, semoga artikel ini sanggup bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Budidaya Ayam Ketawa Paling Gampang Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel