iklan

√ Rpp Ilmu Pengetahuan Sosial Sd Kls V Ktsp 2006



(RPP)

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester        : V / 2
Alokasi Waktu          : 1 X 35 menit
Hari / Tanggal           : Jumat, 11 April 2014


A.      Standar Kompetensi
Pendudukan Jepang di Indonesia.

B.       Kompetensi Dasar
Sebab dan akhir pengerahan tenaga romusha oleh Jepang terhadap Indonesia.

C.      Indikator
·           Menjelaskan alasannya dan akhir pengerahan tenaga romusha oleh Jepang.
·           Memahami penderitaan rakyat Indonesia selama masa penjajahan Jepang.

D.      Tujuan Pembelajaran
·           Melalui penjelasan, siswa sanggup mengetahui penderitaan rakyat Indonesia selama masa penjajahan Jepang.
·           Melalui diskusi, siswa sanggup menjelaskan alasannya dan akhir Jepang menjajah Indonesia.

E.       Materi Pokok
Sebab Dan Akibat Pengerahan Tenaga Romusha
Oleh Jepang Terhadap Indonesia





·           Jepang di jaman dahulu sangat berbeda dengan Jepang di jaman sekarang, dahulu Jepang yakni penjajah yang sangat kejam terhadap Indonesia, kini Jepang populer sebagai negara yang maju khususnya di bidang industri.
·           Di masa penjajahan Jepang yang hampir menguasai Indonesia selama 3,5 tahun, rakyat Indonesia sangat menderita.
·           Ada beberapa alasan mengapa Jepang menduduki Indonesia, diantaranya :
1.        Indonesia kaya akan bahan-bahan mentah, menyerupai minyak bumi dan kerikil bara.
2.        Wilayah Indonesia menghasilkan banyak produksi pertanian
·           Indonesia mempunyai tenaga insan dalam jumlah besar.
·           Seperti penjajah Belanda, Jepang pun menetapkan kerja paksa bagi Indonesia yang disebut romusha. Akibatnya, rakyat Indonesia sangat menderita lantaran para romusha dipaksa bekerja tanpa upah.
·           Penderitaan rakyat Indonesia selama masa penjajahan Jepang sangatlah memprihatinkan, contohnya :
1.        Jepang merampas hasil pertanian rakyat, menyerupai padi dan jagung untuk persediaan makanan pasukan Jepang. Akibatnya rakyat tidak punya cukup makanan dan kelaparan.
2.        Sulit mendapat obat-obatan.
3.        Banyak rakyat yang menggunakan pakaian dari karung goni.

F.       Metode
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal ( ± 5 menit)
·         Mengkondisikan siswa ke dalam situasi kelas yang aman dengan cara merapikan daerah duduk, berdo’a, mengabsen, dan menyuruh siswa menyiapkan buku pelajaran dan alat-alat tulis. ( ± 2 menit).
·         Melakukan apersepsi melalui tanya untuk mengaitkan materi yang akan dibahas “Negara Indonesia, selain dijajah oleh Belanda, dijajah juga oleh negara ……..” (± 2 menit)
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran (± 1 menit)
Kegiatan Inti ( ± 20 menit)
·         Melalui pengamatan, siswa sanggup mengetahui perihal alasannya dan akhir pengerahan tenaga romusha oleh Jepang (± 2 menit).
·         Guru memperlihatkan klarifikasi perihal penjajahan Jepang terhadap rakyat Indonesia. (± 5 menit).
·         Melakukan tanya jawab perihal penjajahan Jepang terhadap rakyat Indonesia. (± 5 menit).
·         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan diskusi (± 1 menit).
·         Siswa berdiskusi mengerjakan Lembar Kerja Siswa (± 5 menit).
·         Siswa dan guru membahas hasil diskusi (± 2 menit).

2.      Kegiatan Akhir ( ± 10 menit)
·         Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan (± 2 menit)
·         Melakukan penilaian selesai (± 7 menit)
·         Menindaklanjuti pembelajaran dengan kontribusi PR (± 7 menit).

H.      Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.      Sarana                        : Media Gambar
2.      Sumber           : - KTSP Ilmu Pengetahuan Sosial Semester 2 Tahun 2006.
- Buku Ilmu Pengetahuan Sosial.

I.         Penilaian
1.      Prosedur         : Tes Proses, Tes Akhir.
2.      Jenis               : Tulisan , Pengamatan.
3.      Bentuk           : Essay, Unjuk Kerja.
4.      Instrumen       : Butir Soal, LKS.





Butir Soal
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
1.        Di masa penjajahan Jepang rakyat Indonesia …
2.        Alasan Jepang menduduki Indonesia yakni …
3.        Romusha disebut juga …
4.        Jepang menjajah Indonesia selama …
5.        Apa yang dilakukan Jepang selama menjajah Indonesia? …


Kunci Jawaban
1.        Menderita
2.        Indonesia kaya akan bahan-bahan mentah, menyerupai minyak bumi dan kerikil bara.
Wilayah Indonesia menghasilkan banyak produksi pertanian
3.        Kerja paksa
4.        3,5 tahun
5.        Jepang merampas hasil pertanian rakyat, menyerupai padi dan jagung untuk persediaan makanan pasukan Jepang. Akibatnya rakyat tidak punya cukup makanan dan kelaparan.




Skor Akhir
=
Jumlah Jawaban yang Benar X 20
= Nilai Akhir
1












Garut, ……………………. 2014
Mahasiswa




ABDUL ROFI MUSTAWAN
NIM. 823 207 976



Penguji 1






Dra. NETI, M.Pd.
NIP. …………………………….




Penguji 2






Hj. SITI KOMAISAH, M.Si.
NIP. …………………………….


















LEMBAR KERJA SISWA


Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : V / 2
Alokasi Waktu            : ……………………………………………..
Hari/Tanggal               : ……………………………………………..
Kelompok                   : ……………………………………………..
Anggota kelompok     : 1. ………………………………………….
2. ………………………………………….
3. ………………………………………….
4. ………………………………………….
5. ………………………………………….


Penjajahan Jepang di Indonesia
Sebab
Akibat

1.





2.





3.





1.





2.





3.


NILAI

PARAF






Catatan guru :...............................................................................................................

Sumber http://rofi-mustawan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Rpp Ilmu Pengetahuan Sosial Sd Kls V Ktsp 2006"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel