iklan

Peluang Bisnis Ekspedisi Atau Jasa Pengiriman Barang

Bisnis ekspedisi atau jasa pengiriman barang kian hari Peluang Bisnis Ekspedisi Atau Jasa Pengiriman BarangBisnis ekspedisi atau jasa pengiriman barang kian hari, prospeknya kian moncer saja. Geliat bisnis online berperan besar dalam meramaikan dunia perjuangan ekspedisi. Marketplace dan online shop terus bermunculan, sanggup dibilang setiap hari selalu ada online shop baru. Setiap transaksi marketplace dan online shop tersebut membutuhkan jasa untuk pengiriman barang ke alamat pembeli/customer mereka.


Selain itu komoditas yang dimiliki tiap kawasan juga berbeda, sehingga jada pengiriman barang atau ekspedisi gotong royong memang sudah dibutuhkan semenjak dulu, jauh sebelum internet dan bisnis online merebak.


Bisnis ekspedisi atau jasa pengiriman barang merupakan suatu perjuangan yang bergerak di bidang layanan pengiriman barang antar kota, antar propinsi, antar pulau, bahkan juga antar negara. Layanan ekspedisi ini meliputi; pengiriman surat dan dokumen berharga, pengiriman barang dengan kapasitas kecil sampai besar.


Ada juga usaha ekspedisi yang mengambil spesialisasi pengirian barang dalam kota. Ada juga yang mengambil spesialisasi jalur tertentu. Kita mengenal nama-nama besar bisnis ekspedisi ibarat Meratus yang menangani pengiriman luar pulau memakai kapal, Elteha dan JNE yang menangani pengiriman dokumen dan paket/barang dalam dan luar kota, serta Fedex yang menangani pengiriman ke luar negeri. Masing-masing spesialisasi mempunyai hukum sendiri-sendiri untuk menghitung biaya jasa pengiriman. Ada yang memakai ukuran berat (kilogram), per koli (karung), per meter persegi, per truk, sampai per kontainer.


Langkah Memulai Bisnis Ekspedisi



  1. Menentukan Produk

    Karena bisnis ekspedisi mempunyai beberapa spesialisasi, maka Anda perlu memilih produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Sebab hal ini akan menyangkut permodalan, tenaga kerja, dan lokasi usaha.

    Berikut ini teladan beberapa produk ekspedisi dan persiapannya:

































SpesialisasiPerijinanTenaga KerjaModalLokasi
Kurir Dalam KotaUsaha Perorangan/CVAdministrasi dan Kurir MotorMotor, PC & printer, timbanganTeras/ruang tamu, kantor sewa di ruko depan rumah
Agen EkspedisiBergabung dengan biro ekspedisi yang telah berjalanAdministrasiPC & Printer, timbanganTeras/Ruang tamu
Ekspedisi Luar Pulau/Luar NegeriCV atau PTAdministrasi, Driver, Kurir MobilPC & Printer, Timbangan besar dan kecil, Papan nama dan Spanduk, Mobil jenis box atau TrukSewa lokasi bersahabat pelabuhan/Pusat perdagangan, Menyiapkan gudang

 



  1. Menyiapkan Modal

    Setelah memilih jenis produk yang akan ditawarkan pada konsumen, selanjutnya ialah mempersiapkan modal. Besarnya modal diadaptasi dengan spesialisasi bisnis ekspedisi yang dipilih, dan skala usahanya. Ekspedisi luar pulau dan luar negeri tentu membutuhkan modal lebih banyak, dibanding dengan menjadi biro atau kurir untuk jasa pengiriman barang dan surat dalam kota.

  2. Menyiapkan SDM

    Masing-masing spesialisasi bisnis ekspedisi mempunyai ciri khas berbeda-beda dalam persiapan SDM dan taktik marketing. Semakin besar skala usaha ekspedisi yang akan dijalani, maka persiapan juga akan semakin kompleks termasuk dalam hal mempersiapkan SDM. Namun, kalau kita akan bergabung dengan sistem keagenan ekspedisi yang sudah berjalan, maka hal ini akan menjadi lebih simple. Karena ekspedisi tempat kita bergabung sudah berpengalaman dan biasanya sudah mempunyai sistem yang sudah jadi, sehingga kita sebagai kawan tinggal mengikuti/menjalani sistem tersebut.


Tips Sukses Bisnis Ekspedisi



  • Layanan ramah dan informatif. Bisnis ekspedisi merupakan bisnis jasa yang membutuhkan layanan ramah, sopan, serta informatif. Latih karyawan Anda supaya sanggup menawarkan gosip seputar pengiriman barang dengan terang kepada konsumen. Biasakan untuk tersenyum setiap kali berbicara dengan konsumen dan jaga tindakan serta perkataan untuk tetap sopan dalam situasi apapun. Ada kalanya konsumen mengajukan komplain terhadap layanan, contohnya lantaran barang belum tiba di tempat tujuan atau lantaran alasannya ialah lain. Di dikala ibarat itu kita harus tetap damai dengan tanpa kehilangan perilaku ramah dan sopan, sambari menawarkan gosip mengenai penyebab keterlambatan tersebut. Maka konsumen sanggup terpuaskan dengan klarifikasi kita dan akan tetap memakai jasa kita dikala melaksanakan pengiriman barang dikemudian hari.

  • Cekatan dikala menghitung dan meletakkan barang. Konsumen akan merasa sangat terbantu apabila layanan di kantor ekspedisi cukup cepat serta teratur. Oleh karenanya, berikan layanan yang cekatan, segera tangani dengan baik barang atau surat berharga yang akan dikirimkan oleh konsumen. Standard Operating Procedure (SOP) sangat dibutuhkan dalam hal ini untuk membantu karyawan melaksanakan pekerjaan lebih efisien.

  • Administrasi yang rapi dan gampang diakses. Layanan pengiriman barang perlu dilengkapi dengan layanan gosip perjalanan barang yang dikirimkan. Kadangkala konsumen ingin tahu keberadaan barang yang dikirimkan. Terutama kalau barang tidak tiba sempurna waktu ibarat yangtelah dijanjikan oleh perusahaan pengiriman barang. Administrasi yang rapi wacana status keberadaan barang sangat dibutuhkan untuk menawarkan gosip yang aktual.


Analisa Bisnis Ekspedisi Jasa Pengiriman Barang


Modal Awal















Uang Muka Motor 2 Unit


Komputer & Printer


Meja, Kursi, dan ATK


Timbangan Digital


Papan Nama, Spanduk, Brosur


Pembuatan Website

Rp


Rp


Rp


Rp


Rp


Rp

1.000.000


4.000.000


1.500.000


500.000


1.000.000


1.500.000

JUMLAHRp9.500.000

Biaya Operasional















Gaji Kurir 2 orang @Rp 1.500.000


Gaji Karyawan Administrasi


Cicilan Motor 2 unit @Rp 600.000


BBM Motor 2 unit @Rp 400.000

Rp


Rp


Rp


Rp

3.000.000


1.000.000


1.200.000


800.000

JUMLAHRp6.000.000

Omset/Pendapatan


8 kali sehari pengiriman barang jarak bersahabat @Rp 25.000,-

= Rp 25.000 x 8 x 26 hari

= Rp 5.200.000,-


4 kali sehari pengiriman barang jarak jauh @Rp 35.000,-

= Rp 35.000 x 4 x 26 hari

= Rp 3.640.000,-


JUMLAH = Rp 5.200.000 + Rp 3.640.000 = Rp 8.840.000,-


Keuntungan/Laba Bersih


= Pendapatan – Biaya Operasional


= Rp 8.840.000 – Rp 6.000.000


= Rp 2.840.000,-


Break Even Point


= Rp 9.500.000 / Rp 2.840.000


= 3,35 bulan = 101 hari


Bisnis ekspedisi ini mempunyai pangsa pasar yang sangat luas, terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan. Saya harap goresan pena ini sanggup memberi citra bagi Anda yang ingin terjun dalam perjuangan jasa pengiriman barang.


sumber gambar bisnis ekspedisi: rajakirim.co.id



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Bisnis Ekspedisi Atau Jasa Pengiriman Barang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel