iklan

Cara Menciptakan Hidroponik Di Rumah Bagi Pemula Baca Disini

Bertanam dengan hidroponik sekarang menjadi animo dimana-mana alasannya mempunyai banyak keunggulan dibanding bertanam dengan cara konvensional. Berkebun dengan hidroponik ramah lingkungan, bersih, dan rapi. Artikel ini akan membahas sekilas cara menciptakan hidroponik di rumah, namun lebih ditujukan untuk pemula yang gres mengetahui tumbuhan hidroponik menyerupai cabai, kangkung, tomat. Dengan bertanam menggunakan sistem hidroponik, Anda tidak membutuhkan peralatan serta bahan-bahan yang mahal.


artikel terkait: Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan


Bahan serta peralatan yang dipakai dalam cara menciptakan hidroponik di rumah sangatlah gampang didapatkan bahkan Anda sanggup menggunakan peralatan maupun materi yang berada di sekitar rumah Anda. Misal; botol bekas kemasan air mineral, botol gantung, dan sebagainya. Namun sebagian orang dan mungkin Anda juga belum begitu mengetahui apa itu hidroponik. Hidroponik merupakan metode pembudidayaan tumbuhan dengan media air atau larutan mineral nutrisi hidroponik dan tanpa menggunakan tanah. Bahan yang dipakai berupa sabut kelapa, serat mineral, pecahan genting, pasir, atau serbuk kayu.


Bertanam dengan hidroponik sekarang menjadi animo dimana Cara Membuat Hidroponik Di Rumah Bagi Pemula Baca Disini
Hidroponik Bawang Merah

Berikut ialah beberapa kelebihan menanam hidroponik beserta alasan-alasan nya:



  • Hidroponik jauh lebih menghemat biaya dibanding dengan metode budidaya tumbuhan dengan cara lain. Anda juga tidak perlu menyirami menyerupai bertanam ditanah. Hal ini disebabkan larutan nutrisi yang diperlukan tumbuhan sudah tercampur dengan air dalam wadah, sehingga Anda hanya butuh melaksanakan pengontrolan secara berkala.

  • Memaksimalkan fungsi lahan yang sangat terbatas, menyerupai diperkotaan perumahan dan sebagainya. Hidroponik sanggup ditanam secara bertingkat.

  • Hasil panen hidroponik sanggup dimakan seluruhnya temasuk akar alasannya sistem hidroponik tidak menggunakan pupuk menyerupai kotoran binatang dan tidak mengandung hama.

  • Pertumbuhan tumbuhan relatif lebih cepat serta kualitas hasil panen jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan media tanah

  • Pertumbuhan tumbuhan tidak mempunyai ketergantungan terhadap musim, Anda sanggup menanam tumbuhan kapan pun tanpa harus tergantung pada musim.

  • Mengurangi pemakaian pupuk baik kimia maupun organik.

  • Lingkungan kawasan berkebun dengan hidroponik tampak jauh lebih higienis dibandingkan dengan penanaman pada media tanah.

  • Sangat jarang ditemui duduk kasus dengan hama dan penyakit yang di akibatkan oleh serangan bakteri, cacing, ulat dan sebagainya yang sering dijumpai pada media tanah.

  • Lahan lebih fleksible bahkan sanggup ditanam didalam rumah.


Tanaman yang sedang terkenal ditanam pada hidroponik ialah sayuran hijau menyerupai selada, kolam choy, sawi, bayam, tomat , cabai, kailah, strowbery, bawang dan sebagainya. Tanaman dari hidroponik sering dijadikan pilihan utama oleh para vegetarian. Sebab vegetarian sangat memperhatikan proses dari awal pembuatan makanan semoga tidak terdapat unsur kimiawi.


Cara menciptakan hidroponik di rumah terbagi menjadi dua teknik yaitu:



  • Menggunakan media larutan nutrisi hidroponik. 

  • Menggunakan media pengganti tanah


Perbedaan dari kedua teknik menanam dengan hidroponik ini yaitu:



  • Pada teknik yang menggunakan media larutan nutrisi hidroponik, Anda tidak memerlukan media tanam hidroponik menyerupai kerikil, pecahan bata, pasir maupun sekam sebagai kawasan tumbuh kembangnya akar. Dalam teknik ini Anda hanya membutuhkan larutan nutrisi dan dan rocwool sebagai medianya. Media larutan nutrisi ini biasanya dipakai pada teknik larutan statis dan larutan alir.

  • Pada teknik cara menciptakan hidroponik di rumah menggunakan media pengganti tanah berupa media pecahan bata, sabut kelapa, batang maupun akar pakis, serbuk kayu, dan sekam bakar yang dimanfaatkan sebagai pengganti tanah untuk pertumbuhan akar tanaman.


artikel terkait hidroponik: 7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik


Berikut ini ialah cara menciptakan hidroponik di rumah dengan teknik larutan nutrisi.


Teknik larutan statis


Teknik ini tidak membutuhkan fatwa air dan teknik ini pun merupakan teknik paling kuno yang masih dipraktekan. Dalam teknik larutan statis, tumbuhan disemaikan pada media tertentu misal; tangki, baskom, ember plastik, kolam semen dan sebagainya. Usahakan media berwarna gelap, hal ini untuk menghindari tumbuhnya lumut pada wadah larutan nutrisi. Sehubungan air bernutrisi ini tidak dialirkan, usahakan dukungan air serendah mungkin sehingga akar tetap berada diatas nutrisi.


Dengan demikian perakaran tumbuhan tetap mendapat oksigen yang cukup. Anda sanggup menggunakan pompa akuarium untuk mendapat gelembung oksigen. Larutan nutrisi sanggup diganti atau ditambahkan secara bersiklus jikalau sudah turun dan mencapai ketinggian tertentu.


Teknik larutan alir


Teknik larutan alir merupakan cara menciptakan hidroponik di rumah dengan cara mengalirkan air bernutrisi secara terus menerus untuk mengaliri perakaran tumbuhan dari tangki sampai kembali ke tangki. Teknik ini gampang di atur alasannya suhu dan larutan air bernutrisi sanggup di atur dari tangki.


Menanam hidroponik dengan sistem wick


Menanam hidroponik dengan seistem wick atau sanggup disebut juga dengan sistem sumbu. Sistem ini menggunakan sumbu yang dipasang pada media untuk menghantarkan nutrisi ke tanaman. Sistem wick ini merupakan sistem hidroponik yang cukup murah dan mudah. Bahan utama yang diperlukan antara lain: botol bekas 600 ml, sumbu kompor dan rockwool. Berikut cara menciptakan hidroponik di rumah dengan sistem wick:


Cara menciptakan media tanam hidroponik:



  • Botol air mineral di potong di jadikan dua bagian

  • Dua sisi leher botol serpihan atas diberi lubang menggunakan solder atau paku yang dipanaskan.

  • Masukkan sumbu melalui 2 lubang tersebut diatas

  • Pasang botol dengan posisi terbalik

  • Media tanam siap di gunakan.


Bertanam dengan hidroponik sekarang menjadi animo dimana Cara Membuat Hidroponik Di Rumah Bagi Pemula Baca Disini
Cara menciptakan hidroponik di rumah dengan sistem wick

Cara penyemaian benih:



  • Potong media tanam hidroponik rockwool dengan ukuran 2,5 x 2,5 cm.

  • Semprot rockwool dengan air secukupnya kemudian ditempatkan pada nampan.

  • Rockwool serpihan tengah dilubangi dengan tusuk gigi atau lidi selebar 2 mili meter.

  • Masukan benih ke lubang yang telah dibuat.

  • Tutup wadah benih dengan menggunakan kantong plastik hitam kemudian ditempatkan ditempat yang gelap selama 1-2 hari.

  • Setelah berkecambah jemur benih dibawah sinar matahari.

  • Usahakan rockwool semoga selalu tetap basah.

  • Jika benih sudah berdaun empat maka pindahkan ke media hidroponik.


Peluang perjuangan hidroponik: Peluang Usaha Hidroponik Raih Keuntungan Rp 40 juta/bulan


sumber gambar: suggest howtoinstructons belajarberkebun


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Hidroponik Di Rumah Bagi Pemula Baca Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel