iklan

Cara Berkebun Hidroponik Untuk Pemula Tipsnya Ada Disini

Cara berkebun hidroponik untuk pemula – Ayo mulai bertanam. Selain sanggup membantu penghijauan di lingkungan sekitar, bertanam juga merupakan suatu acara yang menyenangkan untuk dikerjakan di rumah. Di tempat perkotaan ketika ini terasa sangat susah untuk berkebun terutama bagi Anda yang mempunyai lahan yang sangat terbatas. Salah satu solusi bagi Anda yang yang mempunyai lahan yang terbatas, kesibukan yang cukup padat namun tetap ingin berkebun yakni dengan cara berkebun hidroponik.


Bertanam dengan hidroponik mungkin Anda sudah sering mendengar istilah ini. Sebab, bertanam dengan memakai sistem hidroponik ketika ini sedang terkenal untuk mengatasi banyak sekali persoalan menyerupai keterbatasan lahan dan minimnya media tanam menyerupai tanah di tempat perkotaan. Hidroponik berasal dari bahasa yunani yakni “hydro” yang berarti air dan “ponics” yang berarti tenaga atau daya.


 Selain sanggup membantu penghijauan di lingkungan sekitar Cara Berkebun Hidroponik Untuk Pemula Tipsnya Ada Disini
Hidroponik pemula dengan botol bekas

Dapat disimpulkan bahwa bertanam dengan memakai sistem hidroponik yaitu bertanam dengan memakai media air atau tanpa memakai tanah. Artinya bertanam dengan hidroponik lebih difokuskan paka kekuatan nutrisi dalam air. Untuk sanggup sukses dalam bertanam dengan hidroponik terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan salah satunya yakni nutrisi yang dilarutkan dalam air sebagai media tumbuh kembangnya. Dengan adanya nutrisi yang terlarut dalam air inilah tumbuhan sanggup memenuhi kebutuhan semoga sanggup tumbuh dengan maksimal.


artikel terkait hidroponik: Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana


Kandungan nutrisi yang dimaksutkan disini yakni bahan-bahan yang mempunyai kandungan-kandungan yang diharapkan oleh tumbuhan dan sebagai pengganti kandungan yang terdapat dalam tanah. Media yang sanggup dipakai dalam bertanam memakai sistem hidroponik dan sebagai pengganti tanah diantaranya: sabut kelapa, pasir, serat mineral, potongan watu bata/genteng, kayu dan sebagainya.


Tanaman yang terkenal untuk ditanam dengan sistem hiroponik yaitu banyak sekali jenis sayuran misal: selada, pakchoy, tomat, bayam, cabai, bawang, kangkung, sawi, brokoli, strowbery, kailan dan sebagainya. Beberapa jenis sayuran tersebut memang sedang menjadi primadona dalam dunia pertanian modern, terutama bagi para pecinta sayuran atau vegetarian yang selalu memperhatikan unsur proses dalam pembuatan suatu masakan dan selalu memastikan apakah masakan yang dibentuk mengandung materi kimia ataupun tidak.


Kelebihan Bertanam Secara Hidroponik


Berkebun hidroponik mempunyai banyak sekali macam kelebihan, adapun kelebihan-kelebihan yang dimiliki cara berkebun hidroponik untuk pemula akan kami bahas semoga Anda lebih bersemangat dalam menjalankan hidroponik dirumah Anda. Kelebihan–kelebihan tersebut yakni sebagai berikut:



  • Hemat Lahan.


Terbatasnya lahan merupakan suatu persoalan yang umum dialami oleh masyarat yang tinggal di perkotaan maupun perumahan. Media tanam berupa tanah sangat terbatas di tempat perkotaan, namun persoalan ini sanggup diatasi kalau bertanam dengan sistem hidroponik. Sebab apabila memakai sistem hidroponik ini Anda sanggup menanam dimana saja sesuai harapan dan dengan sistem hidroponik maka Anda tidak membutuhkan media tanah dan juga sanggup dibentuk dengan sistem bertingkat. Oleh alasannya yakni itu Anda tidak membutuhkan lahan yang luas.



  • Go Green.


Sistem bertanam dengan sistem hidroponik sudah terbukti kondusif dan ramah lingkungan. Sebab dalam sistem hidroponik tidak memakai materi kimia misal pestisida ataupun obat-obatan yang sanggup merusak tanah.



  • Aman Dimakan


Hasil panen dari tumbuhan hidroponik sanggup dimakan secara utuh mulai daun sampai akar, hal ini disebabkan tumbuhan dengan sistem hidroponik terhindar dari kotoran serta hama menyerupai cacing tanah dan sebagainya.



  • Pertumbuhan Lebih Cepat


Anda sanggup mengontrol pertumbuhan dari tumbuhan yang ditanam dengan sistem hidroponik. Oleh alasannya yakni itu tumbuhan yang ditanam sanggup tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan tumbuhan yang ditanaman dengan cara konvensional yaitu dengan media tanah.



  • Hemat Biaya


Dengan bertanam memakai sistem hidroponik maka akan lebih menghemat biaya pemeliharaan, alasannya yakni Anda tidak perlu memakai pupuk perhiasan maupun obat-obatan pembasmi hama dan sebagainya.



  • Hemat Energi


Apabila Anda bertanam dengan memakai sistem hidroponik maka Anda akan lebih hemat energi. Sebab dengan memakai sistem ini, Anda tidak perlu menyirami tumbuhan dengan air. Sistem hidroponik memakai larutan nutrisi yang sudah tertampung dalam suatu wadah yang dipakai dalam sistem hidroponik. Sehingga Anda hanya cukup mengontrol wadah nutrisi tersebut secara berkala.


artikel lainnya: Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas


Cara Berkebun Hidroponik Untuk Pemula


Cara berkebun hidroponik untuk pemula yang termudah yakni dengan memakai hidroponik sederhana sistem  WICK. Sistem wick sesuai dengan arti kata wick yaitu sumbu. Media yang dipakai dalam sistem ini yakni sumbu sebagai media perambatan nutrisi menuju tanaman. Selain gampang penggunaanya, materi yang dipakai pada sistem ini pun gampang didapat.


Bahan yang diharapkan dalam cara berkebun hidroponik untuk pemula sistem wick yakni sebagai berikut:


Media Tanam



  • Rockwool

  • Dacron

  • Busa bekas

  • Gulungan kapas

  • Gulungan kain flanel


Pilih salah satu dari beberapa media tersebut.


Botol Bekas, Untuk cara berkebun hidroponik untuk pemula ini Anda sanggup gunakan botol dengan ukuran 600 ml.


Sumbu. Dalam cara berkebun hidroponik untuk pemula sanggup memakai kain flanel/ sumbu kompor/ kain yang sanggup menyerap air.


 Selain sanggup membantu penghijauan di lingkungan sekitar Cara Berkebun Hidroponik Untuk Pemula Tipsnya Ada Disini
Cara berkebun hidroponik untuk pemula botol bekas-hidroponik sederhana

Sistem hidroponik sederhana ini yakni cara termudah dalam bertanam dengan hidroponik. Anda sanggup memulainya ketika ini juga, apabila Anda mempunyai kemauan yang kuat, maka beberapa ahad kedepan Anda sanggup melihat hasilnya. Demikian cara berkebun hidroponik untuk pemula yang sanggup Anda praktekkan, selamat mencoba.


artikel terkait hidroponik: Peluang Usaha Hidroponik Dengan Keuntungan 40 Juta/Bulan


sumber gambar: animhosnan, belajarbarenghidroponik,lintangstore




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Berkebun Hidroponik Untuk Pemula Tipsnya Ada Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel