iklan

7 Taktik Promosi Bisnis Kuliner Zaman Now Ini Ampuh Menaikkan Omset

Banyak pebisnis yang mengalami kebangkrutan dikala berbagi bisnis kuliner. Tetapi kenapa masih banyak orang yang tertarik dengan bisnis yang satu ini?


Tentu saja lantaran bisnis masakan sanggup menghasilkan laba besar. Dunia masakan yang terus berkembang juga menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis yang berkarya dengan passion. Persaingan yang ketat tak menjadi halangan untuk maju dan mengungguli kompetitor. Salah satu cara untuk menggugah minat pelanggan yaitu promosi.


Cara promosi yang konvensional tentu terasa membosankan dan kurang menarik. Akibatnya, bisnis masakan yang hanya berpegang pada promosi konvensional lebih rentan gulung tikar. Jika Anda yaitu seorang pebisnis di bidang kuliner, alangkah lebih baik kalau Anda menerapkan tujuh seni administrasi promosi bisnis masakan ala SolusiUKM berikut ini:


Jangan Ragu Mengandalkan Endorsement


Beberapa tahun belakangan ini, tren endorsement di Instagram sangat efektif untuk meningkatkan omset bisnis. Jika Anda punya budget cukup besar untuk promosi, Anda sanggup mengajukan kolaborasi endorsement dengan selebriti atau selebgram.


Namun, Anda tak perlu berkecil hati kalau belum menyiapkan budget khusus. Sebab Anda tetap sanggup mengandalkan teman-teman Anda yang aktif memakai Instagram. Teman yang mempunyai ribuan followers bisa diandalkan untuk mempromosikan produk masakan Anda kepada para pengguna media umum lainnya. Ini yaitu endorsement yang paling efektif.


Baca Juga : 8 Cara Mempromosikan Produk Agar Cepat Sold Out dan ‘Membekas’ Di Hati Konsumen


Menyiapkan Tester


Banyak pebisnis yang mengalami kebangkrutan dikala berbagi bisnis masakan 7 Strategi Promosi Bisnis Kuliner Zaman Now Ini Ampuh Menaikkan Omset

Tester Kuliner. Sumber : foodetwork.com


Tak banyak orang yang mau membeli produk masakan tanpa mengetahui cita rasanya terlebih dahulu. Oleh lantaran itu, tester merupakan salah satu seni administrasi promosi bisnis masakan yang cukup ampuh. Anda hanya perlu menyiapkan tester dalam jumlah sedikit atau ukuran kecil.


Supaya calon pelanggan Anda sanggup merasakan sendiri cita rasa produk Anda. Jangan pelit menyiapkan tester agar semakin banyak orang yang sanggup merasakan produk masakan Anda. Apa lagi ketika Anda gres membuka restoran, tester yaitu hal wajib yang harus dicoba.


Perbanyak Menu Anda


Jika Anda memang membuka bisnis masakan yang lebih umum, maka beberapa sajian sanggup menjadi andalan Anda. Namun kalau masakan yang Anda jual spesifik, maka sajian yang ditawarkan hanya fokus pada kuliner yang berkaitan tersebut. Misal Anda menjual bakso, maka Anda sanggup menambahkan mie ayam, dan memperbanyak jenis bakso.


Jangan menjual kuliner yang tidak sesuai dengan produk Anda. Misal Anda menjual bakso, Anda jangan menjual pempek atau soto. Karena itu tidak sesuai dengan kuliner utama Anda. Sesuaikan sajian utama dengan sajian pendukung lainnya.


Mengadakan Giveaway


Siapa sih yang tak tertarik dengan giveaway yang hadiahnya istimewa. Kegemaran pengguna media umum mengikuti giveaway bisa dimanfaatkan sebagai upaya promosi. Anda sanggup menyiapkan giveaway dengan hadiah berupa produk masakan Anda.


Agar banyak orang yang mengenal akun media umum bisnis Anda, jadikan repost atau tag teman-teman sebagai salah satu syarat mengikuti giveaway. Cara sederhana ini terbilang efektif untuk meningkatkan brand awareness di media sosial. Karena secara tak pribadi Anda sudah mengajak pengguna media sosial untuk memperkenalkan bisnis Anda.


Membuat Kemasan yang Menarik


Banyak pebisnis yang mengalami kebangkrutan dikala berbagi bisnis masakan 7 Strategi Promosi Bisnis Kuliner Zaman Now Ini Ampuh Menaikkan Omset

Kemasan Kuliner


Sumber: http://www.ba-bamail.com


Kini, kemasan tak hanya berfungsi sebagai pembungkus kuliner pada bisnis kuliner. Lebih dari itu, kemasan yang menarik juga sanggup menjadi sarana promosi bisnis. Anda harus menyiapkan kemasan dengan bentuk unik sesuai dengan karakteristik produk masakan Anda.


Gunakan materi kemasan yang besar lengan berkuasa dengan perpaduan warna-warna yang istimewa. Jangan lupa pula mencantumkan kontak dan akun media umum bisnis Anda pada kemasan tersebut. Sehingga pelanggan Anda tak kesulitan menghubungi atau memperkenalkan produk masakan Anda kepada orang lain.


Baca Juga : 5 Jenis Video yang Cocok untuk Branding, Bisa Bikin Bisnis Melejit, Apa Saja Ya?


Mengandalkan Peran Influencer


Selain endorsement, Anda juga sanggup mengandalkan influencer di media umum dan blog. Para blogger dan influencer yang punya banyak followers bisa membantu Anda mempopulerkan bisnis kuliner.


Melalui sponsored post atau review produk, para influencer dapat menonjolkan keunggulan bisnis masakan Anda. Target pasar Anda pun akan semakin luas lantaran influencer tersebut mempunyai pemirsa setia yang tinggal di aneka macam daerah.


Pelayanan yang Ramah


Ketika Anda membuka bisnis kuliner, jangan lupa untuk menunjukkan pelayanan yang baik ke customer Anda. Dengan pelayanan baik dan ramah akan membekas di hati customer. Sehingga customer secara tidak pribadi akan mempromosikan bisnis Anda ke kenalan mereka mengenai pelayanan yang Anda bikin.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Taktik Promosi Bisnis Kuliner Zaman Now Ini Ampuh Menaikkan Omset"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel