iklan

10 Cara Ampuh Mendeteksi Malware Di Laptop

10 Cara Ampuh Mendeteksi Malware di Laptop - Virus komputer yakni salah satu ancaman yang bisa mengancam pengoperasian komputer atau laptop, alasannya yakni bisa mengganggu sistem yang berdampak bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada komputer atau laptop. 

Umumnya, virus merusak dan mencuri data, yang harus sama-sama merugikan korban. Ada banyak jenis virus komputer yang sedang berkembang ketika ini, menyerupai malware, spyware, trojan, dan lain-lain.

Artikel aku kali ini akan mengulas lebih banyak detail terkait malware. Uh, apa sih itu malware? Perangkat lunak jahat yakni aktivitas yang sengaja dibentuk untuk menghancurkan, menggandakan, mencuri, menghapus, menyembunyikan, dan mengubah data. 

Tidak hanya itu terkadang malware sering membutuhkan banyak tenaga pada baterai laptop dan sumber daya lainnya di komputer / laptop. Dengan demikian, malware bisa menimbulkan komputer atau laptop sering bermasalah, hang, dan sebagainya. Bahkan, beberapa virus komputer paling mematikan di dunia ketika ini yakni malware.

Perangkat lunak perusak akan menjadi lebih berbahaya kalau malware disisipkan dan menyebar ke aktivitas lain. Jenis malware yang menyerang pengguna komputer dan laptop kini mempunyai kemampuan ini. Kaprikornus aktivitas lain akan terkena malware dan malware semakin menyebar di komputer dan laptop Anda. Jika demikian, Anda sebagai pengguna harus melaksanakan tindakan untuk menghentikan penyebarannya.

Bicara soal malware, pastinya kalian semua tidak mau dong komputer atau laptop yang terinfeksi. Nah, pada kesempatan ini, kami akan mengulas bagaimana cara mendeteksi malware di laptop. Mengapa hanya sebuah laptop? Pasalnya laptop mempunyai spesifikasi yang cukup terbatas. 

Sumber daya berasal dari baterai, maka komponen di dalam laptop tidak bisa dimodifikasi menyerupai komputer PC. Hal ini menciptakan laptop rentan terhadap kerusakan kalau sewaktu-waktu rusak tanggapan virus malware. Oke, kami memulai review dengan baik.


Sebelum Anda mulai mengidentifikasi, cobalah mengusut laptop Anda terlebih dahulu. Jika di laptop Anda ada tanda atau tanda-tanda absurd berikut, kemungkinan besar laptop Anda telah terinfeksi oleh virus:

  • Informasi absurd atau gambar tiba-tiba muncul di layar laptop ketika digunakan.
  • Baki CD atau DVD tanpa alasan (kirimi e-mail sendiri tanpa diminta)
  • Perangkat lunak secara otomatis berjalan sendiri. (Ihhhh seremmmm)
  • Ada software yang mencoba mengakses internet tanpa alasan yang jelas. Jika diizinkan, kuota internet Anda tiba-tiba berkurang drastis.
  • OS di laptop sering macet atau macet.
  • Tidak bisa masuk OS atau tidak bisa membuka software tertentu.
  • Perangkat lunak berjalan sangat lambat atau berjalan lebih lambat dari biasanya.
  • Ada satu atau lebih file / folder yang hilang atau isinya dimodifikasi secara tidak terduga.
  • Lampu indikator LED hard disk berkedip terus menerus (non stop) dan cepat.
  • Laptop sering mati sendiri tiba-tiba.


Satu atau lebih tanda di atas yang terjadi di laptop Anda? Apakah kau masih belum yakin? Nah, gres kini kami menyediakan cara untuk mendeteksi adanya malware di laptop anda. Mari baca:

  • Cobalah untuk mengidentifikasi apakah laptop Anda tiba-tiba terasa lambat ketika sedang dipakai dalam pekerjaan. Jika OS di laptop Anda terasa begitu berat, bahkan sangat lambat untuk menjalankan software secara mendadak, maka kemungkinan laptop Anda telah terinfeksi malware.
  • Cari tahu apakah ada toolbar atau plugin pada browser yang mencurigakan. Jika Anda menemukan toolbar atau plugin di browser yang Anda sendiri tidak pernah terinstal, kemungkinan hal ini mengindikasikan adanya malware di laptop Anda.
  • Kecepatan internet juga bisa berkurang, kalau sistem laptop sudah terinfeksi malware. Ga percaya? Cobalah mengakses situs ringan, menyerupai Google misalnya. Jika ingin tahu, coba periksa pengaturan beranda Anda di browser Anda. Apakah sudah berubah atau tidak? Jika sudah diganti tanpa sepengetahuan Anda, ada indikasi bahwa laptop Anda mempunyai fitur browser virus malware, yang dipasang membisu ketika Anda mengakses internet.
  • Jika Anda gres saja menginstal perangkat lunak di laptop Anda, pastikan tidak ada perangkat lunak lain yang terpasang tanpa sepengetahuan Anda. Malware juga sering disisipkan di aktivitas lain.
  • Jika sistem laptop sudah kelebihan beban alasannya yakni malware, laptop Anda bisa mengalami "freeze" dan bahkan bisa menutup telepon. Jika ketika menjalankan perangkat lunak, laptop Anda butuh waktu lama, bisa jadi laptop Anda sudah terinfeksi virus malware.
  • Coba buka Task Manager. Caranya, tekan Ctrl + Alt + Del pada keyboard, kemudian pilih "Start Task Manager". Kemudian, pantau penggunaan RAM untuk semua perangkat lunak yang berjalan di laptop Anda. Jika Anda menemukan perangkat lunak yang mencurigakan, dengan penggunaan sumber daya RAM yang berlebihan, ini juga merupakan tanda malware di laptop Anda. Perangkat lunak perusak biasanya memakan banyak memori (RAM) ketika berjalan membisu di dalam sistem laptop Anda. Hal ini sanggup menimbulkan laptop berjalan lambat dan perangkat lunak lainnya akan terasa usang ketika dieksekusi.
  • Instal perangkat lunak untuk mendeteksi malware di laptop. Salah satu software yang kami rekomendasikan yakni Rook Security. Perangkat lunak ini sendiri gampang digunakan. Setelah perangkat lunak diunduh, Anda cukup mengekstrak isi file zip ke laptop Anda. Kemudian, buka folder RookMilano dan klik dua kali pada file milano.exe untuk memulai perangkat lunak. Sama menyerupai antivirus lainnya, Anda bisa melaksanakan quick scan atau scan penuh di laptop Anda untuk mendeteksi adanya malware di laptop Anda.
  • Periksa situs yang terkena pengaruh malware. Yup, tidak selalu halaman situs yang anda buka di internet aman. Oleh alasannya yakni itu, Anda harus mengusut situs yang Anda jalan masuk sebelum terkena malware yang tersembunyi di dalam situs. Caranya, Anda mengunjungi situs penyedia alat cek virus / malware di blog dan website di www.urlvoid.com. Setelah situs terbuka, masukkan URL blog atau situs yang ingin Anda periksa dan klik "Kirim". Lihat hasil yang muncul setelahnya. Jika terlihat hijau, berarti situs atau blog kondusif dari malware.
  • Kunjungi SARC.COM. Di situs ini, Anda sanggup mencari tumpuan antivirus terbaik dan mengikuti saran mereka wacana cara mencegah komputer terkena virus, malware, atau spyware. Selain itu, Anda juga bisa menemukan tip wacana cara menghapus malware secara manual di situs ini.
  • Gunakan Safe Mode. Caranya, restart laptop anda. Kemudian ketika reboot laptop Anda, tekan F8 beberapa kali hingga Anda melihat tampilan hidangan Safe Mode. Pilih saja "Safe Mode with Network". Begitu Anda berada dalam mode itu, hubungkan laptop Anda ke internet untuk mengunjungi MalwareBytes.org
  • Download versi gratis versi komersial MalwareBytes atau Malwarebytes (untuk pertolongan real-time). Setelah diunduh, instal dan jalankan di laptop Anda. Jika MalwareBytes mendeteksi sesuatu yang ditunjukkan oleh perangkat lunak perusak, lepaskan dari laptop Anda. Jika tidak ada malware yang terdeteksi, reboot komputer ke mode normal.
  • Instal antivirus yang menyediakan fitur untuk mendeteksi malware. Bisa gratis atau berbayar antivirus.
  • Gunakan HijactThis. Jika cara yang telah kami sebutkan di atas tidak membantu menghapus malware di laptop Anda, Anda perlu mend0wnl0ad aktivitas yang disebut Hijack, alat ampuh yang memungkinkan Anda menghapus BHO jahat (Browser Helper Objects).

Nah, dari banyak sekali cara di atas, mana yang akan kau pilih? Semuanya kembali kepada Anda sebagai pengguna laptop. Begitu banyak artikel kita kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk mendeteksi keberadaan malware di laptop anda. Jika laptop Anda sudah terinfeksi malware, pertimbangkan cara menghapus virus malware yang telah kita bahas sebelumnya di situs ini.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Cara Ampuh Mendeteksi Malware Di Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel