iklan

Tata Letak Aneka Macam Unsur Grafis Pada Tipografi

Tata Letak Berbagai Unsur Grafis
Memadukan unsur-unsur grafis merupakan sebuah seni tersendiri dalam menghasilkan media komunikasi visual yang komunikatif. Untuk menghasilkan media komunikasi visual yang komunikatif dibutuhkan sebuah pengorganisasian dan penataan yang tepat. Pengorganisasian dan penataan unsur grafis ini dilakukan berdasarkan kriteria tertentu yang diubahsuaikan dengan tujuan dari pesan yang akan disampaikan. Dalam dunia grafis terutama di bidang periklanan dikenal istilah layout. Layout ialah sebuah sket rancangan awal untuk menggambarkan organisasi unsur-unsur komunikasi grafis yang akan disertakan. Usaha menyusun, menata dan memadukan unsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, warna dan lain-lain) menjadi media komunikasi visual yang komunikatif, estetik, persuasif, menarik, dan mendukung pencapaian tujuan secara cepat dan sempurna dikenal dengan istilah tata letak.

Mendapatlan komposisi yang proporsional terkait juga dengan aktivitas tata letak, lalu ditangkap dan dibaca maksud ataupun pesan yang terkandung di dalamnya, termasuk kemampuan membangun kesan, persuasif dan bahkan sugestif, baik gambar maupun teksnya. Desainer lebih baik menciptakan banyak sekali alternatif layout sebanyak mungkin hingga menemukan sebuah layout ideal semaksimal mungkin untuk menhindari kendala pada proses selanjutnya. Bob Cotton dalam buku The Guide to Graphic Design (1990:52) menyebutkan bahwa dalam proses desain, sesudah didapatkan gagasan lalu dilanjutkan dengan pembuatan bentuk skema awal (thumbnail design) yang lalu dikembangkan lagi ke dalam

serangkaian gambar alternatif (visual rough) yang masih akan diperbaiki. Langkah ini disebut dengan tahap awal pembuatan visualisasi yang difinalisasi. Fungsi tata letak berdasarkan Freddy Adiono Basuki (2000) ialah untuk mencapai keharmonisan, nilai estetis, ekonomis, dan komunikatif. Freddy Adiono Basukijuga membagi tahapan tata letak menjadi tiga, yaitu :
1. Membuat tata letak miniature atau skema kecil (thumbnail), merupakan tahap perancangan dalam memilih komposisi unsur-unsur yang akan ditempatkan. Visualisasinya masih berupa sket kolom teks dan kolom gambar.
2. Membuat tata letak berangasan (abrupt lay out), merupakan tahapan rancangan yang sudah berwujud gambar dan teks.



3. Membuat tata letak komprehensif, merupakan tahapan rancangan dimana keseluruhan unsur sudah disusun dengan baik dan benar yang sudah siap cetak.



Dari pola di atas terlihat bahwa unsur-unsur komunikasi grafis disusun dalam format tertentu. Peletakan setiap unsur memprioritaskan bagaimana format tata letak bisa mengorganisasikan unsur-unsur dengan baik, benar, dan komunikatif. Jenis tata letak yang umum dipakai ialah vertikal, horizontal, dan diagonal.

Sumber http://kumpulantugasekol.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tata Letak Aneka Macam Unsur Grafis Pada Tipografi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel