iklan

Pengertian Seni Administrasi Pembelajaran

Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan  selanjutnya diturunkan ke dalam taktik pembelajaran. Strategi dalam aktivitas pembelajaran sanggup diartikan dalam pengertian secara sempit dan pengertian secara luas. Dalam pengertian sempit bahwa istilah taktik itu sama dengan pengertian metodeyaitu sama-sama merupakan cara dalam rangka pencapaian tujuan.
Ayo Belajar
Dalam pengertian luas sebagaimana dikemukakan Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) mengemukakan empat unsur taktik dari setiap usaha, yaitu:

  1. Mengidentifikasi dan memutuskan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan
    sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera
    masyarakat yang memerlukannya.
  2. Mempertimbangkan dan menentukan jalan pendekatan utama(basic way) yang paling
    efektif untuk mencapai sasaran.
  3. Mempertimbangkan dan memutuskan langkah-langkah (steps) yang akan dtempuh
    semenjak titik awal hingga dengan sasaran.
  4. Mempertimbangkan dan memutuskan tolok ukur (criteria) dan patokan ukuran (standard) untuk mengukur dan menilai taraf keberhasilan (achievement) usaha.
Jika kita terapkan dalam konteks pembelajaran, keempat unsur tersebut adalah:

  1. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil
    sikap dan eksklusif penerima didik.
  2. Mempertimbangkan dan menentukan sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang
    paling efektif.
  3. Mempertimbangkan dan memutuskan langkah-langkah atau prosedur, metode dan
    teknik pembelajaran.
  4. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan
    ukuran baku keberhasilan.
Sementara itu, Kemp (Wina Sanjaya, 2008) mengemukakan bahwa taktik pembelajaran  yaitu suatu aktivitas pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa  biar tujuan pembelajaran sanggup dicapai secara efektif dan efisien. Selanjutnya, dengan  mengutip pemikiran J. R David, Wina Sanjaya (2008) menyebutkan bahwa dalam taktik pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya,bahwa taktik intinya masih bersifat konseptual wacana keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.
Dilihat dari strateginya, pembelajaran sanggup dikelompokkan ke dalam dua bab pula, yaitu: 
(1)  exposition-discovery learningdan 
(2)  group-individual learning (Rowntree dalam Wina Sanjaya, 2008). 

Ditinjau dari  cara penyajian dan cara pengolahannya, taktik pembelajaran sanggup dibedakan antara taktik pembelajaran  induktif dan taktik pembelajaran deduktif.

Sumber:


  • Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses  Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media
  • Abin Syamsuddin Makmun. (2003).  Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya Remaja.
  • http://www.rumahbelajar.web.id/pengertian-strategi-pembelajaran/

Sumber http://gurumatiksma.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Seni Administrasi Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel