Pengertian Seni Administrasi Pembelajaran
Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam taktik pembelajaran. Strategi dalam aktivitas pembelajaran sanggup diartikan dalam pengertian secara sempit dan pengertian secara luas. Dalam pengertian sempit bahwa istilah taktik itu sama dengan pengertian metodeyaitu sama-sama merupakan cara dalam rangka pencapaian tujuan.
Dalam pengertian luas sebagaimana dikemukakan Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) mengemukakan empat unsur taktik dari setiap usaha, yaitu:
Dilihat dari strateginya, pembelajaran sanggup dikelompokkan ke dalam dua bab pula, yaitu:
(1) exposition-discovery learningdan
(2) group-individual learning (Rowntree dalam Wina Sanjaya, 2008).
Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, taktik pembelajaran sanggup dibedakan antara taktik pembelajaran induktif dan taktik pembelajaran deduktif.
Ayo Belajar |
- Mengidentifikasi dan memutuskan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan
sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera
masyarakat yang memerlukannya. - Mempertimbangkan dan menentukan jalan pendekatan utama(basic way) yang paling
efektif untuk mencapai sasaran. - Mempertimbangkan dan memutuskan langkah-langkah (steps) yang akan dtempuh
semenjak titik awal hingga dengan sasaran. - Mempertimbangkan dan memutuskan tolok ukur (criteria) dan patokan ukuran (standard) untuk mengukur dan menilai taraf keberhasilan (achievement) usaha.
- Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil
sikap dan eksklusif penerima didik. - Mempertimbangkan dan menentukan sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang
paling efektif. - Mempertimbangkan dan memutuskan langkah-langkah atau prosedur, metode dan
teknik pembelajaran. - Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan
ukuran baku keberhasilan.
Dilihat dari strateginya, pembelajaran sanggup dikelompokkan ke dalam dua bab pula, yaitu:
(1) exposition-discovery learningdan
(2) group-individual learning (Rowntree dalam Wina Sanjaya, 2008).
Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, taktik pembelajaran sanggup dibedakan antara taktik pembelajaran induktif dan taktik pembelajaran deduktif.
Sumber:
- Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media
- Abin Syamsuddin Makmun. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya Remaja.
- http://www.rumahbelajar.web.id/pengertian-strategi-pembelajaran/
0 Response to "Pengertian Seni Administrasi Pembelajaran"
Posting Komentar