iklan

√ Download File Dengan Internet Download Manager Atau Torrent?

Sebagai seorang maniak d0wnl0ad, saya selalu dihadapkan dengan dua pilihan yang cukup membingungkan ketika harus mend0wnl0ad sebuah file yaitu apakah saya harus mend0wnl0ad file (film, musik, software, atau game) dengan proteksi Internet Download Manager (IDM) atau dengan Torrent?. Jika saya salah mengambil keputusan maka tak anyal lagi banyak waktu yang akan terbuang. Dan menurut pengalaman berkecimpung dalam dunia “per-d0wnl0ad-an” maka saya memperlihatkan sedikit untung dan rugi-nya (Pros dan Cons) kalau kita mend0wnl0ad dengan alternatif-alternatif di atas.


Download dengan third party software (Internet Download Manager, Orbit, Download Accelerator Plus)


 saya selalu dihadapkan dengan dua pilihan yang cukup membingungkan ketika harus mendownlo √ Download File Dengan Internet Download Manager atau Torrent?


PROS:


Mend0wnl0ad file dengan proteksi sofware “pemercepat” d0wnl0ad menyerupai Internet Download Manager (IDM) memang mengasyikan apalagi dengan pemanis add-on IDM Integration Module di browser maka hampir semua file-file d0wnl0adable sanggup did0wnl0ad dengan gampang dan cepat, cukup dengan satu kali klik maka file akan terd0wnl0ad ke PC termasuk file video flash yang banyak terdapat di situs-situs Tube. Kecepatan yang diberikan pun sangat mumpuni (juga tergantung kecepatan internet kita sendiri). Selain itu kalau server dimana file tersebut disimpan terdapat option resumeable maka kita sanggup mend0wnl0ad file tersebut kapan saja tanpa takut d0wnl0ad kita terputus ditengah jalan.


CONS:


Walaupun banyak keuntungannya, mend0wnl0ad dengan IDM pun bersama-sama sanggup merugikan kita. Salah satu efek terbesar bagi saya ketika memakai IDM yaitu terkurasnya bandwidth internet saya. Praktis, 90 persen bandwidth teralokasi untuk satu kegiatan IDM saja, apalagi kalau IDM di setting dengan connection LAN 10 Mbps dan jumlah jalan masuk d0wnl0ad sebanyak full 16 koneksi maka hampir dipastikan browsing akan sangat-sangat lambat kalau IDM juga berjalan disaat bersamaan. Kalau sudah begini saya hanya sanggup menunggu IDM saja hingga proses d0wnl0ad tamat semua.


Disamping itu, kegiatan IDM juga tidak gratis kita harus membeli lisensi dari mereka yang jumlahnya tidak sedikit untuk ukuran kantong pend0wnl0ad amatir.


Download Dengan Torrent


 saya selalu dihadapkan dengan dua pilihan yang cukup membingungkan ketika harus mendownlo √ Download File Dengan Internet Download Manager atau Torrent?


PROS:


Selain cara diatas masih ada cara lain dalam mend0wnl0ad file yakni dengan memakai Torrent. Sebelum sanggup mend0wnl0ad file torrent kita harus mempunyai Torrent Client (program untuk mend0wnl0ad file torrent tadi) menyerupai uTorrent, BitTorrent, KTorrent, Limewire dan lain-lain. Kemudian apa sih laba Torrent?


Sebenarnya banyak laba torrent tapi saya hanya akan menjelaskan garis besarnya saja. Yang pertama, file torrent akan selalu ada dan tidak akan pernah terhapus oleh provider file hosting selama ada seeder-nya. Yang kedua, kita sanggup menentukan file apa yang ingin kita d0wnl0ad. Misalnya di dalam satu folder file yang akan did0wnl0ad ada 10 file serial TV Friends tapi kita hanya ingin mend0wnl0ad 3 file saja maka kita sanggup membuang sisa 7 file yang ada dan hanya 3 file saja yang terd0wnl0ad. Yang ketiga yaitu faktor bandwidth, Torrent bukanlah penyedot bandwidth menyerupai IDM. Torrent sangat fleksibel kecepatannya, kalau kita tidak sedang browsing maka kecepatan d0wnl0ad torrent akan mungkin tinggi namun kalau disaat bersamaan kita juga browsing menonton video online Youtube maka Torrent Client akan menyesuaikan kecepatan dengan menurunkan kecepatan d0wnl0ad mereka sehingga ada pembagian yang seimbang.


CONS:


Tidak ada hal yang sempurna, maka torrent pun juga demikian. Salah satu kelemahan terbesar torrent yaitu faktor availability atau ketersediaan sebuah file. OK, memang file torrent tidak akan “hilang” namun itu bukan indikator utama lantaran sanggup jadi file tersebut ada tapi tidak sanggup di d0wnl0ad lantaran seeder-nya tidak ada lagi. Oleh alasannya yaitu itu hati-hati kalau mend0wnl0ad file berukuran besar namun ratio antara seeder dan leecher-nya tidak seimbang maka siap-siap saja proses d0wnl0ad akan berhenti ditengah jalan dan akan berjalan kembali kalau ada seeder-nya yang entah kapan akan tiba atau untuk kasus yang lebih “enak” proses d0wnl0ad akan tetap berjalan namun kecepatan d0wnl0ad sangat-sangat lambat lantaran lebih banyak leecher daripada seeder dan sanggup memakan waktu berhari-hari.


Kemudian, kerugian yang lain yakni faktor harga diri atau mental. Di dalam dunia torrent kita dilarang hanya terus menerus menjadi leecher (pend0wnl0ad) tapi juga harus menjadi seeder (uploader) file yang telah kita d0wnl0ad tadi. Karena inilah, kebanyakan file-file torrent banyak yang tidak sanggup did0wnl0ad lantaran kelakuan para leecher yang tak bertanggung jawab. Idealnya, rasio antara leeching dan seeding yaitu 1:1.


KESIMPULAN:


Setelah menganalisa antara Pros dan Cons maka saya langsung lebih suka memakai Torrent lantaran faktor bandwidth yang sanggup lebih fleksibel. Selain itu untuk mend0wnl0ad file dengan ukuran file yang besar dan tidak terlalu terburu-buru, Torrent yaitu pilihan yang tepat. Namun, tidak semua file tersedia di torrent, kalau file yang ingin saya d0wnl0ad hanya ada di server-server file hosting maka mau tak mau lagi saya memakai IDM sebagai solusi walaupun harus mengorbankan cita-cita untuk browsing disaat yang bersamaan.



Sumber https://dionbarus.comm

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Download File Dengan Internet Download Manager Atau Torrent?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel