iklan

Ternyata Menangis Itu Menyehatkan

Katanya mengangis itu menyehatkan ? benerkah itu? kalo memang menyehatkan memang menyehatkan dalam segi apa? naah disini saya akan  sedikit menjelaskan wacana artikel Menangis Itu Menyehatkan semoga bermanfaat. :)

Terkadang ketika kita menghadapi persoalan yang amat sangat berat, kita terkadang menitihkan air mata, ternyata itu termasuk cara yang sempurna lo, air mata yang anda teteskan itu ternyata menyehatkan di bandingkan anada pendam sendiri dan anda berusaha untuk mengumpatnya.

Dari beberapa artikel dimana berdasarkan Dr. William Frey dari Minnesota, menangis menciptakan seseorang merasa lebih baik lantaran air mata yang keluar berfungsi menghapus ketegangan syaraf pada tubuh, yang salah satu penyebab dari stress lantaran beban persoalan yang ditanggung. Katanya lagi air mata itu ada 2 macam, air mata iritasi dan air mata emosional (air mata yang keluar lantaran dorongan emosional)

Logikanya begini, ibaratnya stress mirip mirip racun, maka kalau ga dikeluarkan dari badan akan menurunkan sistem kekebalan badan dan proses biologis lainnya. Nah.. proses pengeluaran racun itu biasanya melalui keringat dan air mata atau menangis. Memang sih kalau ada persoalan berat banget niscaya menangis abis puas nangis trus jadi lega… ternyata menangis itu selain melegakan juga menyehatkan.

Orang merasa jauh lebih baik menangis ketika emosional lantaran air mata yang keluar mengandung lebih banyak protein termasuk hormon penyebab stress.

Dengan menangis air mata yang keluar akan menstimulasi produksi hormon endorphin yang memunculkan rasa lega dan merasa lebih baik di dalam perasaan.

Kebanyakan orang menyampaikan mereka merasa lebih baik sehabis menangis, dan tangis kebahagiaan, kesedihan, mungkin merupakan jalan keluar yang sangat sehat untuk mengatasi stress. Tangis kebahagiaan, yang mengurangi emosi- emosi jago yang disebabkan oleh insiden bahagia. Tetapi tangisan emosional tampaknya juga bisa mengurangi stress dalam cara yang lebih halus.

Para peneliti Universitas Minnesota yang mempelajari komposisi bahan- materi kimia air mata telah mengisolasi dua materi kimia penting adalah leucinenkephalin dan prolactin dalam cucuran air mata emosional. Menurut para peneliti, leucinenkephalin mungkin merupakan endorphin, yang merupakan pembebas rasa sakit alami yang dilepaskan oleh otak ketika menghadapi serangan stress.

Dengan kata lain, menangis tampaknya menjadi cara yang sesuai dalam memperlihatkan reaksi terhadap ancaman stress. Sebaliknya, menahan tangis mungkin berbahaya bagi kesehatan kalian. Sangat mungkin bahwa laki- laki sanggup meperkuat stress yang bekerjasama dengan penyakit lantaran mereka tidak menangis sebebas yang biasa para perempuan melakukan.

Jadi kalau merasa ingin menangis, biarkanlah air mata mengalir membasahi pipi kalian.
Katanya sih para psikolog merekomendasikan ke pasiennya untuk menangis sebagai langkah awal untuk memulai penyembuhan stress.

Jadi jangan bilang yang suka menangis ketika emosional itu cengeng ya… ternyata menangis ketika emosional jauh lebih sehat dibanding yang menahan tangis dan meluapkan emosi dalam bentuk lainnya.

--sekian--
goresan-kecil-chara.blogspot.com

Sumber http://goresan-kecil-chara.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ternyata Menangis Itu Menyehatkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel