iklan

✔ Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Barakatuh
 apakah membawa efek konkret atau malah negatif dan mengakibatkan problem ✔ Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?
Image Source : www.payfazz.com
Konten Gaptek - Peranan Fintech di dunia digital, apakah membawa efek konkret atau malah negatif dan mengakibatkan masalah?
Mengapa sanggup terjadi konflik antara sisi konkret dan negatif atas kehadiran fintech?
Ketahui jawabannya pada ulasan artikel saya kali ini.

Oke, untuk mengetahui fintech itu solusi atau malah problem akan kehadirannya, kita perlu ketahui dulu apa saja jenis bisnis dalam fintech. Sehingga nanti akan sanggup kita simpulkan inti dari keseluruhan artikel ini.

 apakah membawa efek konkret atau malah negatif dan mengakibatkan problem ✔ Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?

Ngomongin problem fintech, kemarin saya gres saja menghadiri program Blogger X Fintech Day , disana terdapat StartUp Fintech yang cukup terkenal dan sudah terkenal yakni KreditCepat dan CashWagon.

 apakah membawa efek konkret atau malah negatif dan mengakibatkan problem ✔ Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?

Selain 2 StartUp tersebut , terdapat pula StartUp Fintech lainnya yaitu (KreditCepat,  Aktivaku, Taralite, Uangme, Pinduit, dan Danain).

Baiklah kita kembali ke topik ulasan kali ini, silahkan dibaca hingga selesai.

Jenis Bisnis Dalam Fintech


 apakah membawa efek konkret atau malah negatif dan mengakibatkan problem ✔ Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?
Image Source : www.trentech.id
Jenis dan kategori bisnis dalam dunia fintech sangat banyak jenisnya, mirip yang sudah saya bahas pada artikel saya sebelumnya wacana fintech. Saya disini hanya akan mengatakan klarifikasi lebih detail terhadap jenis bisnis tersebut. Oke apa saja bisnisnya?

1. Proses jual beli saham.


Kamu yang gemar dalam membeli saham, sanggup mencoba salah satu jenis fintech ini. Dengan sumbangan fintech ini kau akan sanggup menabung dan berinvestasi saham dengan metode digital yakni secara online.

2. Pembayaran.


Fintech jenis ini misalnya yaitu pembayaran dengan metode uang digital/elekronik. Yapz ibaratkan sebuah dompet elektornik diantara nya yaitu kartu debit, kartu kredit, e-money, dan lain-lain.

3.Peminjaman Uang (Peer To Peer lending)


Perekonomian dan problem finansial kau sedang bermasalah, jangan khawatir kau sanggup mencoba fintech jenis ini. Dengan meminjam uang sebesar nominal yang kau inginkan dan jangka tenor terencana.

Fintech ini sanggup kau gunakan untuk meminjam uang yang sanggup kau gunakan untuk menanam modal, biaya kebutuhan hidup, membayar hutang, dan lain sesuai kebutuhan dirimu masing-masing. Kamu sanggup mencoba fintech jenis ini melalui StartUp fintech KreditCepat dan CashWagon.

4. Transfer Penggalangan Dana


Fintech CrowFunding , jenis fintech ini sanggup dijadikan sebagai ladang mencari pahala, tentu saja salah satunya yaitu jenis fintech ini. Fintech yang mengatakan penawaran untuk kau yang ingin dan bersedia mengatakan sebagian harta untuk disedekahkan kepada yang lebih membutuhkan mirip korban peristiwa alam, fakir miskin, yatim piatu, dll.

5. Investasi Retail


Fintech mengatakan fasilitas bagi anda yang ingin berinvestasi terutama pada jenis retail. Jenis fintech ini sangat membantu toko-toko swalayan mirip alfamart, alfamidi, indomaret, dll.

6. Perencanaan keuangan (Personal Finance)


Merencanakan keuangan kini makin terbantu dengan kehadiran fintech di zaman now mirip sekarang. Kita sanggup menemukan dan berkonsultasi perencanaan keuangan eksklusif kepada pakar dalam urusan finansial, sehingga keuangan kita akan lebih bersiklus dan teratur.

7. Pengiriman Uang


Fintech jenis ini mengatakan fasilitas bagi siapapun yang ingin melaksanakan pengiriman uang antar negara. Misalnya seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin melaksanakan pengiriman uang, akan terapi beliau tidak mempunyai terusan perbankan, maka beliau sanggup mencoba fintech jenis pengiriman uang.

Nah itulah jenis fintech , kini kita masuk kepada manfaat fintech.
Apa saja sih?

Manfaat Kehadiran Fintech

 apakah membawa efek konkret atau malah negatif dan mengakibatkan problem ✔ Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?
Image Source : finance.detik.com
Kita sanggup mengetahui apakah fintech benar menjadi solusi , dengan melihat sisi dari segi kemanfaatannya. Baiklah apa saja manfaat nya?

1. Pinjam Uang Lebih Mudah


Yapz bener aja sih, kehadiran fintech di kala digital mirip kini merupakan solusi yang sempurna untuk mengatasi kekurangan problem finansial dan ekonomi di kalangan masyarakat. Jika kau memerlukan uang untuk kebutuhan hidup maka fintech sanggup dijadikan alternatif untuk daerah meminjam uang, dan proses nya pun juga sangat simpel dan cepat dana akan segera cair.

Jadi mulai kini tidak ada alasan, tidak sanggup membiayai kebutuhan hidup. Karena kini ada fintech sebagai solusi dari itu semua. Nah kau sanggup mencoba nya dari kini salah satunya yaitu Fintech dari KreditCepat dan CashWagon.

2. Pembayaran Semakin Simpel


Kalau dahulu setiap transaksi sanggup dilakukan dengan cara tukar barang atau tukar barang dengan barang, kemudian berubah zaman menjadi dengan pembayaran nelalui uang cash. Maka kini di zaman now yang serba digital telah hadir e-money atau uang digital.

Ini merupakan faktor konkret yang diberikan oleh fintech, kita tak perlu membawa uang kemana-mana. Tapi cukup membawa sebuah kartu yang cukup ringan dibawa kemana-mana kita sudah sanggup melaksanakan aneka macam transaksi mirip belanja, naik angkutan umum, bayar tol, bayar parkir, makan di restoran, dll.

Selain ada e-money masih ada lagi e-wallet, kartu debit, kartu kredit, dan bahkan kini bayar angkutan umum sanggup memakai saldo ovo.
Zaman benar-benar berubah dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

3. Konsultasi Keuangan


Apakah keuanganmu sering bermasalah? Padahal honor dan pemasukan yang kau dapatkan jauh lebih besar daripada pengeluaran mu. Tapi mengapa ini sanggup terjadi?

Sebab kurangnya pengetahuan cara mengelola keuangan dengan benar dan baik, nah untuk itu fintech hadir untuk mengatakan sumbangan bagi siapapun yang ingin berkonsultasi perihal finansial eksklusif kepada para pakarnya.

4. Perencanaan Investasi Menjadi Teratur


Hampir sama mirip point no 3, fintech sanggup membantu kau dalam merencanakan investasi yang akan kau jalankan. Nanti kau akan mendapat bimbingan dan nasehat melalui situs web nya fintech yang menyediakan jenis ini.

5. Ladang Pahala


Wah kok bisa? Yap tentu saja sanggup , alasannya yaitu ada jenis fintech crowfunding yang menyediakan penggalangan dana bagi siapapun yang ingin menyisihkan sebagian hartanya. Nantinya dana yang terkumpul akan dipakai untuk membantu para korban peristiwa atau pun acara bakti sosial, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa manfaat yang sanggup diambil dari kehadiran fintech. Sekarang kita masuk ke dalam kekurangan dan kelemahan fintech. Apa saja sih?

Ancaman Kehadiran Fintech

 apakah membawa efek konkret atau malah negatif dan mengakibatkan problem ✔ Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?
Image Source : infocoin.net

1. Banyaknya StartUp Fintech Ilegal


Ini yang perlu kita waspadai, lantaran saking banyaknya StartUp Fintech kesannya pun muncullah StartUp ilegal yang tidak memenuhi syarat dan tak terdaftar di situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tentunya hal ini sanggup mengesahkan masyarakat, jadi kau harus cermat dan teliti.
Periksalah kembali perusahaan fintech yang resmi telah terdaftar di situs OJK.

2. Pesaing Perbankan


Bagaimana tidak, kehadiran fintech yang masih gres sudah sangat terkenal dan banyak yang memakai jasa dari aneka macam jenis fintech dikarenakan proses nya yang simpel serta cepat.
Contohnya yaitu meminjam uang di fintech lebih simpel dan simpel daripada harus ke bank yang tidak mengecewakan rumit.

Fintech menjadi bahaya bagi perbankan, dengan mengatakan dampak digitalisasi perbankan akan memangkas margin hingga sekitar 16%. Menurut Bapak Leonardo Koesmanto selaku Head of Digital Banking Bank DBS Indonesia mengungkapkan bahwa sekitar 30% pekerjaan di bank akan hilang lima tahun kedepan. Oleh lantaran itu jikalau tidak ingin tenggelam, perbankan konvensional harus berani menyesuaikan pada perubahan dikala ini.

3. PHK Masal Karyawan Bank


Tentu saja dengan kehadiran fintech menciptakan masyarakat akan beralih dari bank menuju fintech, alasannya yaitu pelayanannya dan proses yang lebih simpel dengan teknologi digital. Dan ini akan menjadi bahaya besar bagi para karyawan bank khususnya Customer service, Teller, Back Office.

4. Timbulnya Sikap Ingin Serba Cepat Instant


Mengapa demikian?
Yapz tentu saja, lantaran fintech menunjukkan fasilitas bagi para penggunanya. Semuanya dibentuk lebih simpel hanya dengan melalui gadget. Diantaranya yaitu perusahaan StartUp ojek online ada GOJEK, pinjam uang lewat online, pesan tiket travelling online, beli pulsa online, dll. Semuanya sanggup kita dapatkan dengan duduk santai di rumah Melalui smartphone pun sudah bisa.

Nah dari ulasan di atas, kita telah sanggup mengambil kesimpulan wacana kehadiran fintech di dunia digital antara bahaya atau solusi?
Kalo saya sih, kehadiran fintech yaitu solusi yang membantu dan membawa positif. Kalo kamu?

Sekian Ulasan Kali Ini.
Semoga Bermanfaat!

Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Barakatuh

Sumber http://kontengaptek.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Peranan Fintech Dalam Dunia Digital, Solusi Atau Masalah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel