iklan

✔ Kecepatan Situs : Cara Mengecek, Cara Mempercepat, Dan Penyebab Situs Menjadi Lambat

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh


 Kecepatan situs menjadi sebuah kekuatan utama yang harus dimiliki oleh pemilik blog  ✔ Kecepatan Situs : Cara Mengecek, Cara Mempercepat, dan Penyebab Situs Menjadi Lambat

Konten Gaptek – Kecepatan situs menjadi sebuah kekuatan utama yang harus dimiliki oleh pemilik blog / website, dengan loading yang tidak memakan waktu banyak sehingga para pengunjung pun betah untuk berlama-lama dalam menunjungi sebuah situs. Situs yang mempunyai loading yang usang untuk memuat seluruh halaman, sangat tidak disukai oleh insan (Human Friendly) dan juga tidak disukai oleh Search Engine Google (SEO Friendly).

Oleh karenanya pemilik situs blog / website harus memperhatikan kondisi keadaan situs miliknya, jangan hingga kau kehilangan visitior organic mu hanya dikarenakan loading situsmu yang begitu lemot. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka perlu bagi Kamu sang pemilik situs mencari tahu apa saja penyebab dari situs menjadi lemot dan mempunyai loading yang lama. nah, sehabis Kamu mengetahui penyebab semuanya, kemudian langkah selanjutnya yaitu dengan memperbaiki kecepatan situsmu itu secepatnya.

Oke memang nya apa aja sih penyebab situs menjadi lemot? Setidakya ada beberapa faktor disini yang sanggup aku jelaskan, mari disimak.

Penyebab Loading Speed Situs Lemot / Lambat


Pasti Kamu ingin tau kan kok bisa ya situs milikmu mempunyai kecepatan loading yang buruk. Jangan galau jangan linglung, setiap persoalan niscaya ada penyebabnya. Tidak mungkin kan situs secara tiba-tiba mengalami penurunan kecepatan loading, niscaya ada faktor penyebab yang menjadi biang dari kelolaan loading blog hehe..

Apa aja sih itu penyebabnya?

1. Template Tidak SEO Friendly


Salah satu dari yang termasuk template / theme bisa dikatakan tidak SEO friendly yaitu lantaran mempunyai loading speed yang lemot. Cara mengetahui template tersebut tidak SEO friendly, bisa dilihat dengan Kamu menerapkan template tersebut ke sebuah situs blog / web. Jika yang terjadi sehabis memakai template tersebut, situs menjadi loading nya usang maka sudah dipastikan template tersebut tidak SEO friendly, maka dari itu segeralah Kamu menggantinya dengan template yang baru.

Mencari template yang mempunyai loading speed yang baik tidak terlalu sulit, banyak sekali template yang bertebaran di Google baik itu yang free (gratis) maupun yang premium (berbayar). Sebelum menggunakannya kau harus melihat terlebih dahulu fitur yang dimiliki dari template yang akan Kamu gunakan, biasanya di daerah kau mend0wnl0ad template akan disebutkan beberapa fitur dan keunggulan dari template terkait. Jika dirasa mempunyai speed loading yang bagus , tanpa banyak berfikir lagi pribadi saja gunakan template itu.

2. Terlalu Banyak Widget


Widget juga besar lengan berkuasa besar dalam kecepatan loading situs, pada umumnya yang aku tau, situs yang memasang widget kebanyakan atau berlebihan akan mempunyai kecepatan blog yang rendah. Hal ini harusnya sudah diketahui oleh sang pemilik situs, lantaran beliau niscaya mencoba membuka situsnya sendiri akan terasa lama. Nah, biar tidak terjadi penurunan kecepatan loading blog maka sebaiknya kau copot deh widget yang tidak terlalu penting.

Semakin banyak widget memang benar sih bisa menciptakan situs terlihat keren, tapi apa kah dirasa keren kalau widget yang Kamu pasang yaitu widget yang keberadaannya tidak terlalu penting menyerupai halnya widget jam, animasi bergerak, cctv, dan lain sebagainya. Terlebih lagi widget-widget tersebut sanggup menjadikan kecepatan loading situsmu menurun, kan repot demi mempercantik tampilan situs hingga mengorbankan kecepatan situs.

3. Terlalu Banyak Script Tidak Berguna


Script salah satu komponen yang menjadi kepingan dari isi template, semakin banyak script sanggup menciptakan loading kecepatan blog menurun. Hal ini disebabkan lantaran situs akan memuat seluruh script yang ada didalam template , apalagi kalau didalam template nya terdapat script dari pihak ketiga, itu akan memuat loading yang lebih usang lagi.

Kamu juga bisa mengecek beberapa script yang tidak berguna, sehabis ketemu pribadi segeralah menghapusnya supaya kecepatan loading situs bisa bertambah.

Dulu ketika aku pertama kali menciptakan blog pun demikian, banyak sekali script yang padahal terang tidak berkhasiat tapi main asal aku masukkan saja ke dalam template. Al hasil pun loading situs menjadi super lambat, dan yang parahnya visitor kabur entah kemana.

Tapi mulai kini aku lebih berhati-hati dalam menaruh script biar tidak terjadi hal yang serupa pada situs saya.

4. Terlalu Banyak Link Keluar


Kenapa Outbound Link? Karena outbound link itu didalamnya terdapat backlink yang mengarah ke sebuah situs lain. Setiap ada backlink yang mengarah ke situs lain, maka situs pun akan memuat halaman lebih lama. berbeda dengan halnya internal link lantaran ia backlink yang mengarah ke situs sendiri.

Saya sering melihat situs yang didalamnya terdapat poster atau logo berisi backlink yang mengarah ke sebuah situs lain, dikala logo atau poster tersebut muncul di halaman tertentu niscaya akan menciptakan loading kecepatan jadi lambat, tapi sehabis di halaman yang logo atau poster tersebut tidak muncul kecepatan situsnya pun jadi agak cepat lagi. Boleh saja kau memakai poster atau logo yang mengandung backlink, tapi sedikit solusi biar tidak menciptakan speed loading blog menurun mungkin Kamu bisa memakai Tag Conditional agar hanya muncul di halaman tertentu saja.

5. Ukuran Gambar Terlalu Besar


Resolusi atau size ukuran gambar juga mempunyai imbas dalam kecepatan loading situs, size gambar yang ideal untuk sebuah situs setidaknya jangan hingga melebihi 1 MB (Mega Byte) kalau Kamu ingin situsmu tetap mempunyai kecepatan loading yang baik. Apabila gambar yang akan kau upload itu mempunyai size yang terlalu besar, Kamu bisa mengcompressnya terlebih dahulu.


Menurut aku yang terpenting yaitu bukan ukuran / size gambar, tetapi resolusi dan pixel gambar tersebut. Apakah hasil gambarnya pecah atau tidak, blur atau tidak, lantaran banyak juga gambar yang mempunyai resolusi dan pixel yang besar tapi sizenya tetap kecil. 

6. Trafik Bludak


Memiliki banyak trafik situs memang menjadi harapan para pemilik situs, namun kebanyakan trafik juga ada dampak buruknya. Loh kok bisa emg apa dampak negatifnya? Kaprikornus begini, kalau sebuah situs mengalami pengunjung yang bludak dan membuka situs tersebut secara bersamaan maka server akan menjadi overload dan kinerja kecepatan situs pun akan semakin menurun.

Saya pernah mengalami perkara serupa ini ketika mengunjungi sebuah situs pengumuman Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri, disaat yang sama banyak sekali pengunjung yang membuka situs tersebut dan kesudahannya situs jadi tak bisa dibuka lantaran saking banyaknya trafik.

Pengunjung banyak tak ada masalahnya kalau Kamu memakai hosting yang benar-benar bagus, atau kalau hosting masih kurang kau bisa memakai VPS hosting.

Bagaimana Mempercepat Loading Situs


Setiap persoalan niscaya ada jalan keluar dan solusinya, begitupun dengan situs yang lambat juga bisa diatasi dengan banyak sekali cara, diantaranya :

1. Memperkecil CSS dan Menghapus Javascript


Seperti yang sudah aku jelaskan diatas, bahwa kalau situs mempunyai j4vascript dan css yang majemuk jenisnya dan banyak, maka hal ini akan bisa memicu situs menjadi lambat loadingnya. Untuk itu Kamu perlu memperkecil css atau j4vascript tersebut dengan cara mengcompressnya. Kamu bisa cari beberapa situs yang bisa kau manfaatkan guna memperkecil css salah satunya yaitu cssdrive.com, untuk situs lainnya masih banyak sekali tinggal Kamu cari di Google.

2. Beralih ke VPS Hosting


Ini diperuntukkan bagi Kamu yang memakai platform Wordpress (WP), alasannya hanya WP memakai hosting sedangkan platform blogspot tidak memakai hosting. Buat kau kalau memakai wp mungkin bisa menentukan penyedia hosting yang berkaulitas dan mempunyai pelayanan yang baik, hal ini untuk meminimalisir terjadinya down dan situs mengalami penurunan speed.


Jika ingin yang lebih ampuh lagi, jalan keluarnya yaitu dengan memakai VPS hosting alasannya VPS terbukti lebih kuat ketimbang dengan hosting biasanya, namun harga VPS mempunyai yang tidak mengecewakan mahal.

3. Kurangi Widget


Widget yaitu pernak-pernik dan hiasan dari sebuah situs, untuk mempecantik desain theme yang dipakai biasanya bisa dengan memperbanyak widget. Tapi perlu diingat widget tidak hanya sanggup mempercantik saja, tapi disisi lain terdapat ssi negatifnya yaitu sanggup merusak kecepatan situs.


Jangan Kamu gunakan widget yang berlebihan, cukup gunakanlah widget yang memang dirasa itu penting dan bermanfaat menyerupai halnya popular post, recent post, label, dan kategori.

4. Perkecil dan Compress Gambar


Memperkecil ukuran gambar selagi tidak merubah pixel kualitas gambar tidak jadi masalah, hal baiknya biar bisa menciptakan performa situs tetap melaju cepat. Jangan Kamu gunakan gambar yang size dan resolusinya terlalu besar kalau tidak ingin situsmu menjadi lambat.

5. Pakai Theme yang Full Speed


Theme yang full speed loading sangat bagus untuk kinerja SEO dan mempengaruhi dalam persaingan artikel di SERP, biasanya posisi pageone diduduki oleh situs yang memang mempunyai kecepatan full. Salah satu untuk mempercepat template yaitu memakai template AMP.

6. Pakai Plugin Cache


Pernahka Kamu ketika mengunjungi sebuah situs, kemudian terdapat notif muncul berupa peringatan “situs ini memakai cache,……” kalau pernah itulah yang dinamakan plugin cache. Bagi Kamu yang memakai platform WP cobalah dengan menginstall plugin ini, tapi kalau kau memakai platform blogspot yaa harap bersabar hehe..

Cara Mengecek Kecepatan Situs


Setelah berhasil memperbaiki kecepatan situs, langkah selanjutnya Kamu harus mengecek seberapa cepat situsmu sekarang. Berikut ini caranya :

Cara Pertama
1.   Pertama, silahkan Kamu kunjungi situs pagespeed insight.
2.   Kedua, masukkan link situs blog / web kau di kolom yang tersedia kemudian klik analisis.
3.   Ketiga, tunggu loading beberapa dikala dan akan muncul informasi berupa kecepatan loading situsmu.

Cara Kedua
1.   Pertama, silahkan Kamu kunjungi situs GT Metrix.
2.   Kedua, masukkan link situs blog / web kau di kolom yang telah tersedia kemudian klik analyze.
3.   Ketiga, tunggu loading beberapa dikala dan akan muncul informasi berupa kecepatan loading situsmu.

Cara Ketiga
1.   Pertama, silahkan Kamu kunjungi situs Test My Site.
2.   Kedua, masukkan link situs blog / web kau di kolom yang telah tersedia kemudian klik enter.
3.   Ketiga, tunggu loading beberapa dikala dan akan muncul informasi berupa kecepatan loading situsmu.

Catatan
untuk cara yang ketiga hanya untuk melihat kecepatan situs dari device / perangkat mobile, sedangkan untuk melihat kecepatan situs dari perangkat PC / Laptop Kamu bisa memakai cara pertama dan kedua.

Mengapa Harus Memiliki Loading Speed Situs yang Cepat



Mengapa sih kecepatan situs itu begitu penting? Sangat penting dong, alasannya kalau situs Kamu usang siapa yang mau menunjungi situsmu. Saya sendiri sebagai pengunjung situs kalau menemukan yang kecepatan loadingnya lambat kaya siput, maka pribadi saja aku close.

Loh kenapa? Yapz benar saja, apalagi bagi para pelajar kalau lagi buru-buru mau ngerjain deadline kiprah sekolah atau kuliah dan mau mencari sebuah tumpuan dari Google, tapi malah situs yang dibuka lambat banget, yang ada deadline gak kekejar nantinya.

Paling tidak sebuah situs seminim-minimnya harus mempunyai kecepatan situs jangan hingga lebih dari 10 detik, kalau lebih bersiaplah untuk kehilangan visitor berhargamu. Kaprikornus mulai kini yuk lebih memperhatikan kecepatan situs dengan cara mempercepat dengan banyak sekali cara yang sudah aku jelaskan di paragraph atas.

Oke, mungkin itu saja ulasan kali ini, SEOmoga sanggup bermanfaat.

Wassalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh


Sumber http://kontengaptek.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Kecepatan Situs : Cara Mengecek, Cara Mempercepat, Dan Penyebab Situs Menjadi Lambat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel