iklan

√ 8 Cara Menentukan Semangka Yang Bagus Dan Sudah Matang

Anda niscaya oke kalau kami menyampaikan bahwa semangka adalah buah yang segar dan banyak peminatnya. Ya, semangka ialah buah dengan kandungan air yang sangat banyak. Makan beberapa potong buah semangka saja sanggup melepas dahaga alasannya ialah air di dalam semangka sanggup menyegarkan tenggorokan.


Agar semakin puas dikala menyantap semangka, cobalah untuk membeli semangka utuh sendiri. Saat ini, bukan cuma semangka merah saja yang dijual di pasaran, tapi ada juga semangka kuning (semangka dengan daging buah berwarna kuning) dan semangka inul (semangka pepaya bibit unggul yang bentuknya lonjong). Anda sanggup menentukan jenis semangka yang Anda sukai.


Supaya tidak salah dalam menentukan semangka, Bacaterus punya tips dan cara menentukan semangka yang manis dan matang. Yuk, pribadi saja kita bahas cara-caranya satu persatu.


8 Cara Memilih Semangka yang Manis


1. Bercak Kuning pada Kulit


Anda niscaya oke kalau kami menyampaikan bahwa  √ 8 Cara Memilih Semangka yang Manis dan Sudah Matang


Sebagian orang mengira bahwa cara menentukan semangka yang manis ialah dengan menentukan semangka berwarna hijau bau tanah yang cenderung gelap. Mereka berpikir bahwa semakin gelap warna kulit semangka, maka itulah ciri-ciri semangka matang. Padahal, semangka yang manis ialah yang di kulitnya terdapat bercak atau spot berwarna kuning.


Bagian berwarna kuning ini ialah petunjuk bahwa semangka matang di atas tanah. Ingat, warna bercak tersebut harus kuning, bukan orange atau putih.


2. Tanda Jaring Coklat di Kulit


Anda niscaya oke kalau kami menyampaikan bahwa  √ 8 Cara Memilih Semangka yang Manis dan Sudah Matang


Ketika sedang mengamati semangka, seringkali kita menemukan tanda jaring yang tampak menempel cukup dalam pada semangka. Jika menemukan semangka dengan kulit yang ibarat ini, banyak orang yang pribadi mengembalikan semangka dan menentukan semangka yang berkulit mulus. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa tanda jaring coklat di kulit semangka ialah membuktikan bahwa daging buahnya manis?


Tanda jaring coklat pada kulit semangka berasal dari penyerbukan lebah pada semangka. Semakin banyak penyerbukan di semangka, maka semakin manis rasa semangka tersebut. Jadi, kalau Anda menemukan semangka dengan tanda jaring coklat di kulitnya, sanggup dipastikan bahwa semangka tersebut rasanya manis.


3. Amati Bentuk Semangka


Anda niscaya oke kalau kami menyampaikan bahwa  √ 8 Cara Memilih Semangka yang Manis dan Sudah Matang


Semangka Inul alias semangka pepaya bibit unggul mempunyai kadar air yang lebih banyak dibanding semangka bulat. Akan tetapi, rasa Semangka Inul tidak lebih manis dibanding semangka yang bentuknya bulat. Semangka berbentuk bundar diklaim mempunyai kandungan air yang tidak lebih banyak dari semangka lonjong, tapi rasa manisnya lebih terasa.


Para petani semangka juga menawarkan julukan pada semangka menurut bentuknya. Semangka yang lonjong disebut sebagai semangka laki-laki, sedangkan semangka bundar disebut sebagai semangka perempuan. Nah, kalau Anda lebih suka semangka “laki-laki” atau “perempuan”, nih?


4. Tangkai Kering Tanda Semangka Sudah Matang


Anda niscaya oke kalau kami menyampaikan bahwa  √ 8 Cara Memilih Semangka yang Manis dan Sudah Matang


Buah semangka mempunyai tangkai di bab atasnya. Cara menentukan semangka yang manis dan matang ternyata sanggup dilakukan dengan mengamati bab tangkainya. Tangkai yang tampak kering artinya semangkanya suda matang. Sebaliknya, kalau tangkai masih hijau kemungkinan besar semangka terlalu cepat dipanen sehingga tidak matang dikala berada di pohon.


Jika memungkinkan, Anda sanggup menilai kematangan semangka dengan mencabut tangkai. Apabila tangkai semangka sanggup dicabut dengan mudah, artinya semangka sudah matang. Kalau tangkai semangka sulit dicabut, semangka tersebut belum matang tepat dan tidak manis kalau pribadi dikonsumsi dikala itu juga.


5. Hindari Semangka dengan Bercak Putih


Anda niscaya oke kalau kami menyampaikan bahwa  √ 8 Cara Memilih Semangka yang Manis dan Sudah Matang


Jika bercak kuning di kulit semangka ialah membuktikan bahwa semangka mempunyai rasa manis dan kematangan yang baik, maka semangka dengan bercak putih ialah tanda bahwa buah tidak memperoleh sinar matahari yang cukup dikala ditanam.


Kalau semangka tidak memperoleh sinar matahari yang cukup, kemungkinan besar semangka belum sepenuhnya matang dan keburu dicabut. Semangka yang belum sepenuhnya matang tidak akan menawarkan rasa manis yang tepat meskipun kandungan air di dalamnya cukup tinggi.


6. Tepuk-Tepuk Buah Semangka


Anda niscaya oke kalau kami menyampaikan bahwa  √ 8 Cara Memilih Semangka yang Manis dan Sudah Matang


Masih ingat dengan cara menentukan kelapa muda yang bagus? Kali ini, Bacaterus akan menawarkan cara menentukan semangka yang manis dan matang. Cara yang digunakan hampir sama ketika Anda menentukan kelapa muda. Ambil sebuah semangka utuh, kemudian tepuk-tepuk seluruh bab luar semangka.


Ketika menepuk semangka dan bunyinya tidak terlalu nyaring, artinya semangka tersebut sudah matang dan mempunyai kadar air yang cukup banyak. Sedangkan apabila dikala ditepuk Anda mencicipi bab dalamnya nyaring dan bergetar, itu ialah ciri semangka yang terlalu muda.


Jika dikala menepuk semangka Anda mendengar bunyi “puk puk” yang cukup keras, itu artinya semangka sudah terlalu matang sehingga rasa manisnya pun berkurang.


7. Pilih Semangka dengan Garis Hijau Tua


Anda niscaya oke kalau kami menyampaikan bahwa  √ 8 Cara Memilih Semangka yang Manis dan Sudah Matang


Selain melihat apakah di kulit semangka terdapat bercak kuning atau tidak, Anda juga harus mencermati warna garis pada semangka. Ciri-ciri semangka matang sanggup dilihat dari warna garis di kulit semangka. Semakin gelap dan tajam warna garis tersebut, artinya semangka itu mempunyai rasa yang manis.


Garis pada kulit semangka yang berwarna hijau bau tanah juga merupakan tanda bahwa daging semangka berwarna merah cerah. Jadi, pilihlah semangka yang sudah matang biar dikala dimakan rasanya terasa manis dan segar.


8. Ukuran Besar atau Kecil Tidak Menjamin Rasa Manis


Anda niscaya oke kalau kami menyampaikan bahwa  √ 8 Cara Memilih Semangka yang Manis dan Sudah Matang


Apakah Anda sering menentukan semangka dengan ukuran terbesar sembari berharap memperoleh semangka yang manis? Tinggalkan kebiasaan tersebut alasannya ialah rasa manis yang terkandung di dalam semangka tidak ada hubungannya dengan ukuran semangka.


Sebaiknya, pilih semangka dengan ukuran rata-rata. Walaupun cara ini tidak menjamin Anda benar-benar mengetahui rasa manis di daging buahnya, tetapi tak ada salahnya untuk mencoba cara ini, bukan?


Cara Menyimpan Semangka yang Benar


Anda niscaya oke kalau kami menyampaikan bahwa  √ 8 Cara Memilih Semangka yang Manis dan Sudah Matang


Setelah mengetahui cara menentukan semangka yang manis dan matang, Bacaterus akan menawarkan isu mengenai cara menyimpan buah yang benar, khususnya untuk buah semangka. Kadang-kadang sesudah memotong beberapa bab semangka ternyata masih ada bab yang tersisa. Bagian yang tersisa ini biasanya segera disimpan di kulkas.


Nah, untuk menjaga biar semangka tetap segar dan nikmat dikala dimakan, simak beberapa petunjuk penyimpanan semangka yang benar berikut ini:



  • Hindari Suhu yang Terlalu Dingin


Hindari menyimpan semangka di bawah suhu 4oC di dalam kulkas (freezer). Suhu ini terlalu rendah sehingga sanggup menciptakan daging semangka menjadi kering dan usang kelamaan sanggup rusak.



  • Simpan Semangka yang Belum Matang di Suhu Ruang


Semangka yang belum dipotong sanggup disimpan di dalam suhu ruang saja. Apalagi kalau semangka tersebut belum matang di pohonnya. Simpan saja di suhu ruangan selama beberapa hari alasannya ialah semangka tersebut akan matang secara alami.



  • Bungkus Semangka


Bungkus semangka yang sudah dipotong dengan plastic wrap sebelum disimpan di kulkas. Pasalnya, semangka ialah buah yang gampang terkotori dengan aroma materi masakan lain di dalam lemari es. Untuk menjaga cita rasa dan aroma semangka, bungkus saja semangka yang sudah dipotong dengan plastic wrap.


Itulah serba-serbi cara menentukan semangka yang manis dan matang. Cara ini sanggup digunakan untuk menentukan semangka tanpa biji atau semangka kuning. Dapatkan semangka yang rasanya manis biar lebih nikmat dikala dimakan. Ingat, pilih sendiri buah semangka Anda untuk memperoleh semangka yang terbaik.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 8 Cara Menentukan Semangka Yang Bagus Dan Sudah Matang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel