iklan

Cara Cepat Berguru Komputer Dasar Untuk Pemula


Di jaman modern yang serba canggih ini, Komputer dan Laptop merupakan salah satu kebutuhan sekunder yang sebaiknya dipelajari semenjak dini hari.





Hal ini alasannya kini sekolah SD telah menerepakan pelajaran komputer (TIK) sebagai pelajaran yang menghipnotis rapot, bahkan kini pemerintah telah menerapkan ujian menggunakan komputer, dan di perguruan tinggi tinggi rata-rata mata kuliahnya diharuskan untuk menggunakan Laptop.





Bagi pemula yang ingin belajar wacana komputer cepat dan dimulai dari nol, hal yang pertama dilakukan untuk berguru dasar-dasar komputer yaitu NIAT, kemudian selanjutnya carilah bahan di perpustakan, di toko buku dan online mengenai komponen komputer, yakni hardware, software, dan brainware.





 Komputer dan Laptop merupakan salah satu kebutuhan sekunder yang sebaiknya dipelajari sej Cara Cepat Belajar Komputer Dasar Untuk Pemula




Seringkali kali bagi pemula ketiga komponen tersebut galau dan keliru, mana yang hardware dan mana yang software, apalagi brainware.





Setelah mengetahui bahan tersebut, kini yang perlu diketahui yaitu fungsi dari masing-masing perangkat Hardware.





Beberapa hardware yang harus wajib diketahui dasar-dasarnya serta cara penggunaannya adalah: Mouse, keyboard, monitor dan CPU, keempat tersebut harus tahu fungsi dan cara menggunakannya.





Lalu jikalau sudah mengetahuinya kini harus tahu bagaimana cara mengoperasikan komputer mulai dari menyalakan dan mematikan komputer serta membuka kegiatan aplikasi menyerupai microsoft word, dan excel.





Jika sudah mengetahui komponen-komponen komputer serta cara mengoperasikannya, tahap selanjutnya yaitu mempraktikan dan melihat sendiri komponen komputer/laptop.





Sekarang ini sekolah telah menerapkan komputer sebagai mata pelajaran. Untuk sanggup menguasai ilmu komputer, manfaatkan waktu tersebut untuk berguru praktik.





Mengapa harus praktik?





karena jikalau mengetahui materinya tanpa melaksanakan praktik nanti akan galau di depan komputer ingin memulai dari mana, jadi harus praktik semoga nanti tahu dimulai darimana walaupun awalnya akan bingung, nanti lama-lama akan terbiasa.





Tapi jangan ketergantungan dengan mata pelajaran sekolah, semoga lebih cepat untuk menguasai ilmu komputer sebaiknya sisihkan uang jajan kemudian pergilah ke warnet, alasannya di sana kau sanggup berguru secara belajar sendiri dan waktunya lebih dari jam pelajaran sekolah.





Tapi nanti di warnet kita harus melaksanakan apa?





Pertama-tama bawalah sobat semoga sanggup saling membantu untuk melaksanakan apa di sana, namun jikalau dirasa ingin berguru sendirii hal yang harus dilakukan ketika menyalakan komputer yaitu menginstall game.





Memang buat apa menginstall game ?





Hal ini semoga sanggup mengetahui dan menghafal letak huruf-huruf di keyboard, dengan ini juga sanggup memperlancar ketika mengetik.





Game yang sanggup memperlancar mengetik ketika menggunakan keyboard yaitu Typer Shark Deluxe.





Silahkan diinstall semoga sanggup mengetahui letak huruf-hurufnya. Dengan ini juga nanti akan terbiasa kemudian sanggup mengetik secara cepat.





Tips semoga mengetik cepat:





  1. Pertama gunakan satu tangan terlebih dahulu dengan jari telunjuk untuk mencari huruf-huruf di keyboard
  2. Jika dirasa sudah menguasai dan sudah tahu letak huruf-hurufnya kini gunakan dua tangan dengan jari jempol di spasi serta jari telunjuk mencari huruf-huruf
  3. Kalau sudah menguasai, kini ke tahap selanjutnya yakni menggunakan 10 jari, bebas letakan jari telunjuk, tengah, cantik dan kelingking dimana saja asalkan itu menciptakan nyaman namun yang perlu diingatkan yaitu jempol harus wajib berada di spasi




Berikut ini demo gamenya











Silahkan latihan terus dengan memainkan game ini.





Setelah berhasil terbiasa dengan letak huruf-huruf dan menguasainya, tahap selanjutnya yaitu menghafal dan praktekan tombol shortcurt yang paling umum digunakan ketika mengetik, berikut ini tombol shortcuts:





  • Ctrl + A : Untuk Memblok semua tulisan/dokumen
  • Ctrl + C : Untuk Mengcopy (menyalin tulisan/dokumen)
  • Ctrl + V : Untuk Paste (Untuk merekatkan tulisan/dokumen), tombol ini digunakan sesudah Ctrl+C




Untuk tips semoga sanggup mengetik 10 jari secara cepat sanggup dilihat di: cara mengetik 10 jari secara cepat.





Lalu tahap selanjutnya yaitu membuka dan mengoperasikan microsoft word, hal ini ditunjukan untuk mencoba seberapa besar hasil dari latihan mengetik kita, jangan lupa pakai tombol shortcuts-nya.





Belajar Microsoft word juga perlu untuk menciptakan dokumen, dan ini sudah diterapkan di tingkat lanjut SMP, Sekolah Menengan Atas serta perguruan tinggi tinggi.





Untuk materi-materi mengenai dasar komputer sanggup dilihat video berikut ini:











Itulah bagaimana cara cepat berguru dasar komputer untuk pemula, semoga artikel ini bermanfaat.





Akan lebih baik mempraktikannya di Laptop/Komputer sendiri, alasannya dengan begitu dengan sendirinya sanggup berguru secara otodidak.



Sumber https://bersamatekno.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cepat Berguru Komputer Dasar Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel