iklan

Cara Bisnis Online Yang Wajib Anda Ketahui

cara bisnis online mendapat iman dari pembeli Cara Bisnis Online Yang Wajib Anda KetahuiBagi yang terbiasa melaksanakan transaksi secara tradisional, transaksi online yaitu suatu hal yang riskan, mempunyai resiko yang besar. Apalagi penipuan online juga marak. Sebagian besar masyarakat Indonesia termasuk dalam kategori transaksi tradisional tersebut. Merubah rujukan tradisional ini membutuhkan waktu dan effort. Meskipun tradisi belanja online sudah mulai digemari, terutama di kalangan muda.


Kepercayaan yaitu pondasi transaksi dalam bisnis online. Tidak ada kepercayaan, tidak akan terjadi transaksi.


Sahabat PoBis yang menekuni bisnis online harus tahu cara bisnis online yang satu ini, yaitu cara meyakinkan pembeli.


Ya, betul.. Anda harus meyakinkan pembeli semoga pembeli percaya dan mau berbelanja di daerah Anda. Ini tidak hanya berlaku di bisnis toko online saja. Semua bisnis online membutuhkan ini. Anda menjual jasa online juga harus sanggup meyakinkan pembeli.


Cara Bisnis Online Mendapatkan Kepercayaan Dari Pembeli


Berikut ini cara meyakinkan pembeli di bisnis online.



  1. Bentuk

    Penawaran/Toko online harus mempunyai bentuk. Bentuknya sanggup sebuah website, atau halaman facebook, ada juga yang memakai akun pribadi, biasanya konsultan melaksanakan personal branding di social media menyerupai facebook dan twitter.

    Paling terpercaya bila Anda memakai website, dengan domain berbayar, memakai nama khusus yang mewakili bisnis Anda. Nah, disampaing website ini, Anda tetap harus memakai social media sebagai pendamping untuk menjalin korelasi lebih erat lagi dengan konsumen.

    Perhatikan juga tampilan dari website, facebook, dan twitter yang Anda gunakan sebagai media bisnis. Dari segi desain harus menarik, lezat dilihat, dan tidak terkesan “kampungan”. Juga harus dilengkapi dengan banyak sekali warta untuk meyakinkan pembeli. Informasi yang harus Anda lengkapi meliputi:

    – Deskripsi produk harus jujur, detail dan jelas,

    – Informasi wacana kami atau about us, dihentikan mengada-ada

    – Info kontak, untuk memudahkan calon konsumen untuk menghubungi Anda

  2. Ketersediaan Barang

    Ketersediaan barang ini penting. Jika Anda mempunyai toko online yang kosong atau hanya satu dua barang saja yang dipajang, itu akan menimbulkan kesan bahwa Anda tidak niat jualan. Atau banyak barang yang dipajang, tapi sehabis pembeli hendak membeli, ternyata barang-barang tersebut stocknya kosong semua, hal ini juga akan menimbulkan tanda tanya bagi konsumen, ini toko beneran apa tidak..

    Sebaiknya Anda pajang aneka barang dagangan di toko Anda, dan perlihatkan aktifitas transaksi dengan memberi keterangan pada barang yang sudah laku, misal dengan goresan pena “Sold Out”. Namun proporsi barang yang “Available” tetap harus pebih banyak dibanding barang yang “Sold Out

  3. Relasi Online

    Jalin dan perlihatkan adanya korelasi dalam bisnis online Anda, sehingga lebih terkesan manusiawi, bahwa bisnis Anda benar-benar ada. Selain untuk menumbuhkan kepercayaan, korelasi online ini berkhasiat untuk membangun korelasi dengan pelanggan. Dapat juga dipakai untuk mengetahui demam isu market.

  4. Reputasi

    Reputasi ini akan sangat terlihat apabila Anda berjualan di marketplace (seperti tokopedia) atau lembaga (misalnya di kaskus). Hal pertama yang dilihat lawan transaksi di tokopedia yaitu reputasi seller. Jika reputasi Anda baik, maka pembeli tidak akan ragu untuk bertransaksi dengan Anda.

  5. Testimonial

    Testimonial merupakan cara bisnis online untuk menumbuhkan kepercayaan. Testimonial dari orang-orang yang sudah bertransaksi dengan Anda merupakan bukti berpengaruh bahwa Anda memang layak untuk dijadikan kawan transaksi.

    Harus dicatat pula bahwa testimonial ini haruslah testimonial yang jujur dari konsumen. Entah benar atau tidak, saya pernah dikirimi screenshot seller yang hanya akan menawarkan garansi kalau pembeli menawarkan testimonial dan rating bintang lima, bila yang diterima seller rating bintang empat atau dibawahnya, maka garansi gugur. Ini secara tidak eksklusif memaksa pembeli untuk menawarkan rating bintang lima, alasannya yaitu bila tidak garansi akan hangus. Ini tentu saja tidak sanggup dibenarkan.

  6. Bukti Transaksi

    Jika testimonial merupakan penghargaan dari konsumen yang sanggup meningkatkan reputasi Anda. Maka bukti transaksi merupakan inisiatif Anda untuk meningkatkan reputasi. Dengan memperlihatkan bukti transaksi, maka anda telah memperlihatkan bahwa Anda dipercaya oleh konsumen, dan produk yang Anda tawarkan merupakan produk yang bermafaat.

  7. Aturan Yang Jelas

    Aturan yang terang akan meningkatkan penghargaan konsumen pada bisnis Anda. Aturan-aturan yang Anda memutuskan sanggup menjadi penengah ketika suatu ketika nanti ada hambatan transaksi atau komplain dari pembeli.

    Selain itu dengan adanya aturan yang jelas, konsumen tidak perlu banyak bertanya pada Anda, sehingga Anda juga tidak capek melayani pertanyaan konsumen.

  8. Layanan Maksimal

    Cara bisnis online untuk menawarkan layanan yang maksimal yaitu menciptakan konsumen gampang menghubungi Anda. Sediakan banyak sekali chanel komunikasi; Telepon, SMS, BBM. Whatsapp, YM, Skype, Line, dan semacamnya. Jangan semua dicantumkan, tapi tidak aktif semua, itu namanya calon konsumen kesulitan menghubungi Anda.

    Kemudian bila ada calon pembeli yang menghubungi, Anda harus cepat menjawab. Kecepatan menjadi aturan nomer satu dalam bisnis online.

    Layani setiap calon pembeli semaksimal mungkin, akan banyak orang yang bertanya tapi tidak membeli, Anda harus bersabar, alasannya yaitu orang yang bertanya tapi tidak membeli itu suatu ketika mungkin akan membeli. Namun bila prosentase orang yang bertanya tapi tidak membeli porsinya lebih besar, maka Anda harus mengevaluasi cara menghadapi calon pembeli.


Nah, 8 cara tersebut diatas merupakan cara bisnis online mendapat iman dari pembeli. Sebelum calon pembeli percaya pada Anda dan bisnis Anda, maka transaksi online tidak akan terjadi.


sumber gambar: d1cktaylorblog.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Bisnis Online Yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel