iklan

Berikut Tips Menghindari Kejahatan Skimming Dikala Memakai Mesin Atm!

Beberapa hari terakhir cukup viral di media Berikut Tips Menghindari Kejahatan Skimming Saat Menggunakan Mesin ATM!
inulwara.blogspot.com
Beberapa hari terakhir cukup viral di media-media info online maupun media umum kabar perihal banyaknya nasabah bank BRI yang kehilangan uangnya secara misterius. Bukan alasannya ialah layanannya yang mengalami gangguan, melainkan uang yang ada dalam rekening nasabah raib begitu saja.

Para nasabah mengklim bila uangnya tidak pernah ia ambil atau transfer. Namun, sehabis ditelusuri riwayat transaksi menunjukkan bila uang yang ada dalam rekening berstatus "debit", yang artinya bahwa uang tersebut telah dikeluarkan, entah itu alasannya ialah penarikan atau transfer.

Mengetahui fenomena yang terjadi demikian, sudah selayaknya Anda sebagai orang yang selalu menyimpan uang di bank untuk selalu berhati-hati terhadap segala kegiatan yang terjadi pada rekening Anda. Langkah ini tidak lain ialah sebagai upaya untuk mengamankan rekening bank Anda dari pencurian atau kejahatan skimming.

Kasus yang terjadi akhir-akhir ini sangat mungkin ialah bab dari kejahatan skimming. Pemilik rekening tak tahu menahu bila uangnya telah raib padahal tidak ia ambil atau melaksanakan transfer ke rekening lain. Meskipun intinya kejahatan perbankan sanggup saja terjadi dengan modus yang berbeda-beda.

Umumnya, kejahatan skimming sering dilakukan lewat mesin ATM. Pelaku akan menaruh alat khusus untuk merekam kegiatan korban lewat kartu ATM yang digunakannya. Tujuannya ialah untuk mencuri data nasabah. Sehingga, kartu ATM akan dibentuk duplikatnya.

Berikut ini beberapa tips yang sanggup dipakai untuk menghindari kejahatan skimming pada rekening bank Anda dikala memakai mesin ATM.

1. Selalu waspada dan awasi kondisi sekitar

Awasi kondisi sekitar, apakah ada orang-orang yang mencurigakan. Sebisa mungkin untuk menghindari mesin ATM yang berada di lokasi terpencil atau di daerah terbuka.

2. Periksa terlebih dahulu sebelum memakai mesin ATM

Selain waspada, coba perhatikan terlebih dahulu mesin ATM yang akan dipakai apakah ada kelainan atau kecacatan secara fisik, terutama dibagian untuk memasukkan kartu. Periksa, apakah posisinya ada yang terlihat absurd atau janggal.

3. Goyangkan kartu dikala memasukkan ke mesin ATM

Saat memasukkan kartu ke lubang pembaca kartu, goyang-goyangkanlah kartu ATM Anda ke kanan dan ke kiri atau ke atas dan ke bawah hingga kartu masuk ke dalam. Langkah ini tujuannya biar alat skimmer tidak sanggup membaca pita magnetik yang berada pada kartu ATM Anda.

4. Selalu asumsikan bahwa ada orang yang mengintip

Saat memasukkan nomor pin, usahakan biar tidak sanggup terlihat oleh orang lain, meski tidak ada seorangpun yang terlihat di sekitar. Karena sanggup jadi ada skimmer yang menaruh kamera kecil di sekitar mesin ATM yang tak terlihat oleh Anda.

5. Gunakan ATM di hari kerja

Biasanya setiap hari Sabtu dan Minggu kantor layanan bank terhadap konsumen akan libur. Para pelaku skimming biasanya menanamkan alat penyadap mereka di final pekan. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir laporan korban kepada pihak bank bila mereka jadi korban.

6. Aktifkan layanan mobile banking

Sebaiknya segera aktifkan layanan ini di nomor hp Anda. Dengan aktifnya layanan mobile banking pada hp Anda, segala kegiatan rekening Anda akan cepat Anda ketahui.

Itulah beberapa tips yang sanggup Anda terapkan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kejahatan skimmer dikala Anda memakai mesin ATM untuk melaksanakan transaksi perbankan. Semoga bermanfaat!

Sumber http://inulwara.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berikut Tips Menghindari Kejahatan Skimming Dikala Memakai Mesin Atm!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel