iklan

10 Hal Sepele Ini Sering Luput Dari Perhatian Kita Padahal Sangat Bermanfaat Jikalau Dilakukan

hal sederhana dan sepele terkadang sering terlewatkan oleh kita 10 Hal Sepele Ini Sering Luput dari Perhatian Kita Padahal Sangat Bermanfaat Jika Dilakukan
inulwara.blogspot.com
Melakukan hal-hal sederhana dan sepele terkadang sering terlewatkan oleh kita. Hal-hal sepele ini meskipun akrab sekali dengan acara rutin sehari-hari, namun banyak diantara kita yang tak peduli atau mungkin mengabaikannya padahal memiliki segudang manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Berikut ini yaitu 10 hal yang dianggap sepele yang luput dari perhatian kita padahal sangat bermanfaat bila dilakukan, antara lain:

1. Mencabut Charger

Cabut charger handphone (HP) dari colokan sehabis digunakan. Charger yang lampu merahnya masih menyala, otomatis masih menghantarkan listrik. Meskipun bukan faktor utama menjadi penyebab naiknya tagihan iuran listrik namun ujung charger itu sanggup membahayakan orang lain terutama anak kecil bila diabaikan.

Ujung charger memang terdapat isolator sehingga kondusif untuk dipegang. Namun, akan lain ceritanya bila isolator tersebut telah rusak, memungkinkan orang yang memegang akan tersetrum meskipun tidak terlalu parah lantaran anutan listrik yang kecil.

2. Mematah Ujung Tusuk Sate

Biasakan mematahkan sedikit ujung tusuk sate atau siomay sebelum dimakan atau ketika akan dibuang. Tusuk sate yang tajam selain membahayakan verbal juga sangat berbahaya bila dibuang sembarangan, terutama bagi anak kecil yang doyan sate. Anda sebagai orang renta harus selalu tanggap membaca kemungkinan hal jelek yang dianggap sepele.

3. Memisahkan antara Daging dan Biji Buah

Pisahkan daging rambutan atau jenis buah-buahan yang lain dengan bijinya sebelum dikasih ke anak. Begitu pula dengan permen, sebaiknya dibelah dua dulu sebelum dikasih ke anak. Bulatan rambutan dan permen kadang lebih besar dari diameter tenggorokan anak kecil.

Kelalaian ini sanggup saja menciptakan anak keselek biji rambutan atau permen yang dimakannya. Oleh lantaran itu, sadari semenjak dini hal-hal sepele ini sebelum membahayakan orang yang kita sayang.

4. Awas Staples!

Sering makan nasi goreng, gado-gado atau masakan bungkusan lainnya yang ujung kemasannya distaples, bukan diikat karet? Coba bayangkan kalau staples yang kecil dan tajam itu nyangkut ke tenggorokan atau melekat di usus.

5. Membungkus Beling

Sebelum membuang serpihan pecah kaca ke daerah sampah, baiknya dibungkus plastik dulu, trus dilakban, dan kasih goresan pena "awas kaca". Memang akhirnya kurang kerjaan. Tapi pernah lihat postingan teman, ada pemulung yang jarinya berdarah-darah sehabis mengais kolam sampah.

Hal ini juga sanggup saja terjadi bagi siapa saja, terutama bagi belum dewasa kecil yang doyan main di tempat-tempat kumuh daerah membuang sampah. Oh ya, jangan sekali-kali membuang kaca di sungai. Sangat berbahaya bagi orang yang sering mandi di sungai.

6. Pakaian Syar'i? Hati-hati Naik Motor!

Bagi mbak-mbak atau ibu-ibu berhijab syar'i, biasakan memperhatikan ujung hijab ataupun rok sebelum naik motor atau dibonceng. Ujung kain yg menjuntai sanggup jadi malapetaka. Ada yang pernah tewas jatuh dari motor usai sholat taraweh sehabis ujung mukenanya masuk jari-jari roda motor.

7. Periksa Kolong Mobil Anda

Periksa bawah kendaraan beroda empat anda sebelum dikeluarkan dari garasi. Pada anomali cuaca menyerupai ini, yang hujannya gak menentu, kucing kadang mencari daerah yang cenderung hangat. Lokasi ruang mesin atau kolong akrab knalpot dan ban biasanya menjadi daerah berteduh.

8. Stop Telepon di SPBU!

Jangan sepelekan mendapatkan atau melaksanakan telepon ketika pengisian bensin di SPBU. Sudah banyak kasus kebakaran yang terjadi tanggapan penggunaan telepon ini. Meskipun percikan api tergolong sangat kecil, ketika acara menelepon dilakukan oleh beberapa orang secara bersamaan maka akan menciptakan percikan api lewat sinyal telepon akan semakin kuat.

9. Awas Stroke!

Biasakan mendahulukan membasuh kaki atau penggalan bawah tubuh bila mandi, sebagai bentuk penyesuaian air. Sudah sering insiden orang jatuh di kamar mandi sampai terjangkit stroke, yang diduga tanggapan pribadi menyiram kepala ketika mandi. Apalagi sehabis begadang dan tubuh gak fit, sangat gak dianjurkan. Suhu air yang dingin, rentan menyempitkan atau bahkan menyumbat anutan darah ke otak.

10. Mouse Gudang Bakteri?

Rutinlah membersihkan mouse pribadi ataupun mouse di kantor dengan tisu berair atau tisu anti bakteri, apalagi mouse yang dipake umum di warnet. Menurut penelitian, jumlah basil yang bersarang di mouse, jauh lebih banyak dari kloset. Logikanya, kloset hampir tiap hari disiram, sementara mouse jarang terpikirkan untuk sekadar dibersihkan. Jika anda terjangkit muntaber tanpa sebab, sanggup jadi lantaran hal ini.

Itulah 10 hal sepele yang sering luput dari perhatian kita yang bila dilakukan akan sangat bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Semoga bermanfaat!

Sumber http://inulwara.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Hal Sepele Ini Sering Luput Dari Perhatian Kita Padahal Sangat Bermanfaat Jikalau Dilakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel