iklan

3 Karakteristik Manajemen Perkantoran Dan Contohnya

Karakteristik Administrasi Perkantoran Dan Contohnya 3 Karakteristik Administrasi Perkantoran Dan Contohnya

Akuntansilengkap.com | Pada bahasan kali ini akan diuraikan ihwal Contoh karakteristik manajemen perkantoran/ Administrasi perkantoran bersifat pelayanan/ Administrasi perkantoran bersifat terbuka/ Administrasi perkantoran secara umum.

Karakterisitik Perkantoran Menurut Para Ahli

G.R. Terry

G.R. Terry mendefinisikan pekerjaan kantor ialah pekerjaan pelayanan (service work) yang fungsinya meringankan dan memudahkan pekerjaan lain biar sanggup berjalan dan berdaya guna.

Herry L. Wilie dan Robert P. Brecht

Herry L. Wilie dan Robert P. Brecht beropini bahwa kiprah pekerjaan kantor ialah menjadi satuan organisasi pelayanan (service unit) yang tujuannya memperlihatkan pelayanan kepada bab dalam organisasi perusahaan.

Karakteristik Administrasi Perkantoran Bersifat Pelayanan

Mengapa dikatakan manajemen perkantoran bersifat pelayanan? Pasalnya pekerjaan kantor fungsinya membantu pekerjaan lain (pokok) biar sanggup berjalan efektif dan efisien suatu pekerjaan. Kaprikornus orang lain akan terbantu dengan manajemen perkantoran.

Singkatnya, manajemen perkantoran atau pekerjaan kantor ialah melayani pekerjaan operasional menyerupai kiprah pokok kantor dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Informasi

Pekerjaan kantor bukan pekerjaan yang pribadi mendatangkan laba, menyerupai yang dilakukan pada pekerjaan lapangan misalnya bidang produksi atau penjualan. Melainkan bab produksi atau penjualan sanggup menguntungkan dan berhasil alasannya ialah dari pekerjaan kantor yang berhasil pula dalam melayani kebutuhan pada bab produksi maupun penjualan tersebut.

Baca juga:

  1. Pengertian Badan Hukum Serta Bentuk-Bentuk Dan Tanggung Jawabnya
  2. Apa Itu Firma ? Cara Mendirikan Firma, Dasar Hukum Dan Ciri-Cirinya

Contoh Karakteristik Administrasi Perkantoran Bersifat Pelayanan

Disini akan penulis bagikan pola atau acara perkantoran yang benar-benar memperlihatkan pelayanan.

  1. Pekerjaan manajemen penjualan yang membantu tenaga penjualan.
  2. Tugas daripada forum pendidikan (sekolah) ialah memperlihatkan pengajaran dan pendidikan kepada peserta didik (siswa). Pekerjaan ketatausahaan (administrasi) menyerupai mencatat kemajuan mencar ilmu peserta didik dan menyiapkan rapot.
  3. Petugas perpustkaan yang mencatat siswa yang meminjam buku di perpustakaan.
  4. Orang menabung dibank terbantu dengan Teller.
  5. Administrasi perkantoran membantu bab produksi dalam memilih biaya materi baku yang lebih terjangkau.

Administrasi Perkantoran Bersifat Terbuka dan  Luas

Bersifat terbuka dan luas artinya pekerjaan kantor tidak hanya terbatas di gedung kantor saja, sanggup juga dilakukan di luar gedung sekalipun. Kaprikornus sanggup dimana saja dalam suatu organisasi.

Contoh Administrasi Bersifat Terbuka dan Luas

  1. Petugas PLN yang mencatat pemakaian listrik kerumah-rumah masyarakat.
  2. Petugas sensus/survey yang melaksanakan pekerjaan kantornya dengan mendatangi rumah warga dan melaksanakan wawancara dan sebagainya.
  3. Petugas PDAM yang mencatat pemakaian air kerumah-rumah warga.
  4. Polisi mencatat nama pelanggar dan hukuman yang diberikan pada dikala melaksanakan razia.
  5. Petugas ekspedisi yang mengantarkan barang pesanan ke alamat tujuan (rumah).

Baca juga:

  1. 18 Faktor Yang Mempengaruhi Kompensasi Menurut Para Ahli
  2. Pengertian Kebijakan Moneter [Instrumen, Tujuan, Jenis-Jenis Dan Contoh]

Dilaksanakan oleh Semua Pihak dalam Organisasi

Pekerjaan kantor sanggup dilakukan oleh siapapun, sanggup dari pimpinan tertinggi dan hingga karyawan sekalipun.

Meskipun sebetulnya pekerjaan tatausaha sanggup saja dipekerjakan kepada seorang pegawai saja . Namun pekerjaan kantor oleh pimpinan (meskipun tanpa mengubah kedudukan) sanggup saja dilakukan menyerupai menelpon kantior lain untuk mengumpulkan data.

Contoh lain seperti:

  1. Mandor pabrik yang mencatat pegawai yang tidak masuk atau karyawan yang lembur tanpa merubah profesinya.
  2. Seorang office boy yang bertugas membersihkan kantor sanggup juga sewaktu-waktu menerima pekerjaan untuk mengirimkan surat.
  3. Seorang satpam yang bertugas menjaga keamanan sewaktu-waktu sanggup mencatat pada buku penerimaan surat ketika mendapatkan surat dari pihak lain sebelum disampaikan kepada pihak yang dituju.
  4. Siswa yang sedang piket sebagai resepsionis mencatat kehadiran guru pada buku absensi.

Jadi sanggup kita simpulkan bahwa pekerjaan kantor ialah suatu fungsi yang memperlihatkan pertolongan (facilitating function) sehingga menjadi urat nadi pada setiap organisasi modern ini.

Pekerjaan kantor secara umum mencakup acara manajerial dari mulai perencanaan, pengorganisasian dan penggerakan sekaligus pengawasan. Disamping itu kiprah khusus pekerjaan kantor menyerupai mencatat, menghimpun, menggandakan, menyimpan dan mengirim.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1.  Unsur Unsur Administrasi Perkantoran [Contoh dan Penjelasan] Menurut Ahli
  2.  Pengertian, Segmentasi Pasar [Strategi dan Contoh]
  3.  Pengertian Stakeholder [Teori Analisis dan Contoh]
  4.  (Lengkap) Pengertian, Contoh, Fungsi Lembaga Ekonomi dan Tujuannya
  5.  11 Pengertian, Ciri-ciri, Contoh dan Fungsi Lembaga Sosial di Indonesia

 


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Karakteristik Manajemen Perkantoran Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel