iklan

Sport Marketing: Cara Kekinian Promosi Bisnis Lewat Olahraga

Istilah sport marketing mungkin masih terdengar absurd di indera pendengaran masyarakat awam. Sebenarnya, konsep sport marketing sudah mulai terkenal di tanah air selama beberapa tahun belakangan ini. Banyak brand bisnis yang memanfaatkannya untuk berpromosi sekaligus mendulang laba besar dari sport marketing. SolusiUKM akan membahas sport marketing semoga para pemilik UKM lebih memahami sport marketing.


Ingin tahu lebih banyak wacana sport marketing?


Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!


Siapa tahu nanti giliran Anda yang memanfaatkannya untuk mendukung perkembangan bisnis UKM Anda semoga sanggup dikenal lebih luas lagi.


Definisi Sport Marketing


Sport marketing dapat didefinisikan sebagai upaya promosi yang dilakukan suatu brand bisnis dengan memanfaatkan bidang olahraga. Konsep promosi unik ini sebetulnya sudah ada semenjak lama. Pada tahun 1960-an, banyak perusahaan di Amerika Serikat yang memanfaatkan popularitas baseball.


Kala itu, baseball merupakan olahraga yang gres mulai populer. Sehingga banyak perusahaan yang berlomba ingin menjadi sponsor untuk setiap pertandingan baseball. Di kala ketika ini, dunia sport marketing lebih di dominasi dengan olahraga sepak bola. Anda sanggup melihat, betapa banyaknya merk yang mensponsori sepak bola.


Hasilnya ternyata sangat memuaskan. Brand bisnis yang menjadi sponsor pertandingan baseball mengalami peningkatan popularitas. Karena para penonton pertandingan baseball merasa familiar dengan brand tersebut.


Hingga kini, konsep sport marketing sebagai sponsor pertandingan masih populer. Anda sanggup melihat banyak brand besar mengeluarkan banyak uang demi menjadi sponsor pertandingan olahraga terkenal menyerupai sepakbola dan bulutangkis. Bahkan, butuh biaya sponsor yang fantastis kalau suatu brand ingin mencetak logonya pada kaos atlet.


Hingga ada merk di Indonesia yang mendirikan sekolah tinggi olahraga dengan nama merk mereka. Ini pertanda bahwa merk tersebut berhasil melakukan pemasaran dengan metode sport marketing. Hingga sanggup mendirikan sekolah tinggi olahraga tersebut sampai mencetak atlet-atlet unggulan.


Modifikasi Konsep Sport Marketing yang Kreatif


Saat ini, konsep sport marketing sudah dikembangkan dengan cara yang lebih kreatif. Suatu brand bisnis tak hanya sanggup menempatkan diri sebagai penyedia sponsor. Banyak brand bisnis yang mulai berani menyelenggarakan event olahraga secara berdikari sebagai upaya promosi. Jenis olahraga yang paling digemari ketika ini yaitu lari.


mungkin masih terdengar absurd di indera pendengaran masyarakat awam Sport Marketing: Cara Kekinian Promosi Bisnis Lewat Olahraga


Banyak alasan yang menciptakan olahraga lari semakin digandrungi sebagai sarana implementasi sport marketing. Karena lari merupakan olahraga yang paling mudah dan sanggup dilakukan semua orang dari berbagai kalangan usia. Para akseptor juga hanya membutuhkan sepatu jogging bila ingin berpartisipasi dalam event tersebut.


Brand bisnis yang bekerjasama eksklusif dengan olahraga (misalnya peralatan olahraga) tentu memanfaatkan taktik promosi ini sebaik mungkin. Namun, brand bisnis lainnya juga tak mau kalah. Banyak pula brand makanan cepat saji yang menyelenggarakan event lari bertaraf besar. Mayoritas brand biasanya sukses dengan event tersebut dan berhasil mewujudkan peningkatan omset.


Tak hanya mempopulerkan brand, penyelenggara event olahraga biasanya juga berkesempatan melaksanakan penjualan produk di lokasi. Membuka stand produk tertentu niscaya menambah kemeriahan event olahraga. Apalagi bila stand tersebut menyediakan promo khusus bagi pelanggan yang berbelanja selama event berlangsung. Dampak promosi dengan konsep sport marketing bisa dirasakan eksklusif oleh brand bisnis yang memanfaatkannya.


Pengelolaan Budget Harus Dilakukan secara Cermat


Implementasi sport marketing tentu tak lepas dari pengelolaan budget promosi. Budget tersebut harus diatur secara ketat semoga sanggup menghasilkan laba yang sebanding dengan pengeluaran. Sekarang, upaya promosi melalui sport marketing dianggap tak kalah efektif dibandingkan promosi via internet. Sehingga banyak brand yang sengaja mengalokasikan budget promosi dalam jumlah besar untuk mewujudkan sport marketing.


Kalau Anda termasuk pebisnis yang gres akan mencoba sport marketing, pastikan bahwa pengelolaan budget-nya dilakukan secara cermat. Selain itu, Anda pun harus menyesuaikan dengan budget keuangan yang dimiliki oleh UKM Anda. Anda juga harus memikirkan goals yang sesuai dengan budget yang dimiliki Anda.


Jadi, apakah Anda tertarik untuk memanfaatkan sport marketing?


Jangan ragu mencobanya bila Anda sudah punya budget promosi yang jumlahnya mencukupi.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sport Marketing: Cara Kekinian Promosi Bisnis Lewat Olahraga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel