iklan

Ragam Manfaat Pupuk Npk Untuk Pohon Mangga Berkualitas

Pada acara akal daya, pemupukan ialah aspek penting untuk menghasilkan tumbuhan dengan pertumbuhan yang optimal. Tak hanya sekadar melaksanakan pemupukan, pemilihan jenis pupuk harus diperhatikan menurut kebutuhan tanaman. Salah satu pupuk yang kerap menjadi pilihan ialah pupuk NPK. Mengapa demikian?


Pupuk NPK ialah pupuk beragam yang sering digunakan, alasannya beliau mengandung 3 unsur hara yang dibutuhkan tanaman, yaitu nitrogen, fosfor, dan kalium. Kandungan ini memperkaya ragam manfaat pupuk npk untuk tumbuhan bunga maupun buah.  Pada akal daya pohon mangga, pupuk NPK sering dipakai alasannya mempunyai banyak manfaat. Penasaran apa saja manfaat pupuk NPK untuk pohon mangga? Yuk, simak daftarnya berikut ini!


Ragam Manfaat Pupuk NPK untuk Pohon Mangga

1. Membantu Pertumbuhan Akar dan Daun


Akar pohon mangga haruslah kuat untuk menyokong pertumbuhan pohon semoga tidak gampang ambruk. Salah satu manfaat pupuk NPK untuk pohon mangga ialah membunuh gangguan gulma di sekitar tumbuhan dengan proteksi hidrasi kalsium menjadi CaO, sehingga serapan zat hara optimal bisa menguatkan akar.


2. Mendukung Fotosintesis Tanaman


Dengan pupuk NPK, proses fotosintesis pada tumbuhan akan sangat terbantu. Hal ini alasannya pupuk NPK mengandung unsur hara yang diharapkan untuk proses fotosintesis, terutama nitrogen yang besar lengan berkuasa pada pembentukan zat hijau daun.


3. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Buah Mangga


Dalam akal daya buah, selain kuantitas, kualitas juga menjadi faktor utama yang diharapkan. Manfaat pupuk NPK untuk pohon mangga ialah meningkatkan kualitas buah mangga.


Kandungan kalium bisa merangsang pembentukan enzim dan modulasi pembentukan klorofil, sehingga mempengaruhi jumlah buah dan juga kandungan nutrisi pada buah mangga.


4. Tahan terhadap Hama Tanaman


Manfaat pupuk NPK untuk pohon mangga selanjutnya ialah menjadi salah satu cara membasmi hama pada pohon mangga paling efektif. Pupuk NPK merangsang pembentukan dinding sel yang mencegah serangan jamur pada tanaman.


Fosfor dalam pupuk bisa meningkatkan imunitas tumbuhan dan memenuhi nutrisi yang menciptakan pohon mangga lebih kuat terhadap serangan hama.


Cara Aplikasi Pupuk NPK pada Budi Daya Mangga

Untuk mengaplikasikan pupuk NPK pada tumbuhan mangga, ada beberapa cara yang biasa dilakukan. Namun ada satu cara efektif yang paling sering digunakan. Bagaimanakah caranya?



  • Bersihkan sekeliling pohon mangga dari rumput atau gulma, semoga tidak mengganggu perembesan pupuk, kemudian buat bedengan di sekeliling pohon.

  • Tentukan dosis

  • Taburkan pupuk NPK secara melingkar di sekeliling bedengan.

  • Anda bisa menentukan untuk menimbun pupuk di sekeliling bedengan atau tidak.

  • Siram tanah dan lokasi pemupukan semoga pupuk menyerap sempurna.







Tips Merawat Pohon Mangga

Ingin pohon mangga Anda cepat tumbuh dan berbuah? Ada beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan.



  1. Siram tumbuhan secara rutin, dikala pagi atau sore hari.

  2. Pilih jenis pupuk perangsang buah mangga yang sesuai dengan kebutuhan tanaman.

  3. Tentukan takaran pupuk yang tepat. Untuk pemberian pupuk NPK pada pohon mangga, berikan 0,5 kg pupuk pada setiap pemupukan.

  4. Rutin melaksanakan pemupukan, minimal sekali dalam setahun.


Memiliki kandungan yang kompleks, manfaat pupuk NPK untuk pohon mangga juga beragam. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan aspek-aspek penting dalam pemupukan, menyerupai umur tanaman, jenis, cara aplikasi, dan dosis.


Tak melulu beli, ada beberapa cara menciptakan pupuk npk sendiri yang bisa Anda ikuti untuk memastikan kandungan nitrogen, fosfor, dan kalium dalam pupuk.


Tak hanya pemupukan, pastikan pula untuk selalu mengontrol kondisi pohon mangga untuk menentukan kebutuhan nutrisinya. Ketahui bahwa cara merawat pohon mangga yang sedang berbunga dengan yang belum berbunga pun berbeda, sehingga Anda perlu untuk menyesuaikan perawatannya. Penyiraman secara rutin juga perlu diperhatikan, alasannya air menjadi faktor penting dalam akal daya tanaman.


Nah, sekian ulasan mengenai manfaat pupuk NPK untuk pohon mangga dan beberapa isu lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa Anda jadikan rujukan untuk akal daya pohon mangga.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ragam Manfaat Pupuk Npk Untuk Pohon Mangga Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel