iklan

Pengertian Bahasa Pemrograman Python

Pengertian bahasa pemrograman python yaitu bahasa pemrograman tinggi yang sanggup melaksanakan sanksi sejumlah arahan multi guna secara eksklusif (interpretatif) dengan metode orientasi objek (Object Oriented Programming) serta memakai semantik dinamis untuk menunjukkan tingkat keterbacaan syntax. Sebagai bahasa pemrograman tinggi, python sanggup dipelajari dengan gampang alasannya yaitu sudah dilengkapi dengan administrasi memori otomatis (pointer).

A. Python Bahasa Pemrograman Open Source

Python sanggup dipakai secara bebas, bahkan untuk kepentingan komersial sekalipun. Banyak perusahaan yang menyebarkan bahasa pemrograman python secara komersial untuk menunjukkan layanan. Misalnya Anaconda Navigator, yaitu salah satu aplikasi untuk pemrograman python yang dilengkapi dengan tool-tool pengembangan aplikasi.

B. Rapid Application Development

Python diklaim bisa menunjukkan kecepatan dan kualitas untuk membangun aplikasi bertingkat (Rapid Application Development). Hal ini didukung oleh adanya library dengan modul-modul baik standar maupun pelengkap contohnya NumPy, SciPy, dan lain-lain. Python juga mempunyai komunitas yang besar sebagai daerah tanya jawab.

Baca juga: Filosofi dan Cara Memulai Pemrograman Python

Mesin pencari Google yaitu referensi positif dari penggunaan bahasa pemrograman python dalam kehidupan sehari-hari. Mesin pencari ini termasuk Rapid Application Development, ia tidak hanya mempunyai kegunaan untuk mencari halaman website. Kolom pencarian Google juga sanggup dipakai sebagai kalkulator, menciptakan grafik fungsi, memprediksi cuaca, memprediksi harga saham, terjemahan, mencari dengan gambar, menanyakan hari, pemesanan tiket pesawat, dan lain-lain.

C. Python Mendukung Berbagai Sistem Operasi

Syntax python sanggup dijalankan dan ditulis untuk membangun aplikasi di banyak sekali sistem operasi.

  1. Linux/Unix
  2. Microsoft Windows
  3. Mac OS
  4. Android
  5. Java Virtual Machine
  6. Symbian OS
  7. Amiga
  8. Palm
  9. OS/2

D. Aplikasi Penggunaan Python

Python dipakai di banyak sekali bidang pengembangan. Berikut beberapa aplikasi penggunaan python yang paling populer,

  1. Website dan internet

    Bahasa pemrograman python sanggup dipakai sebagai server side yang diintegrasikan dengan banyak sekali internet protokol contohnya HTML, JSON, Email Processing, FTP, dan IMAP. Selain itu, python juga mempunyai library untuk pengembangan internet.

  2. Penelitian ilmiah dan Numerik

    Python sanggup dipakai untuk melaksanakan riset ilmiah untuk mempermudah perhitungan numerik. Misalnya penerapan algoritma KNN, Naive Bayes, Decision Tree, dan lain-lain.

  3. Data Science dan Big Data

    Python memungkinkan untuk melaksanakan analisis data dari database big data.

  4. Media pembelajaran pemrograman

    Python sanggup dipakai sebagai media pembelajaran di universitas. Python sangat gampang dan irit untuk dipelajari sebagai Object Oriented Programming dibandingkan bahasa lainnya menyerupai MATLAB, C++, dan C#.

  5. Graphical User Interface (GUI)

    Python sanggup dipakai untuk membangun interface sebuah aplikasi. Tersedia library untuk menciptakan GUI memakai python, contohnya Qt, win32extension, dan GTK+.

  6. Pengembangan Software

    Python menyediakan proteksi struktur kode untuk mempermudah pengembangan software.

  7. Aplikasi bisnis

    Python juga sanggup dipakai untuk menciptakan sistem gosip baik untuk bisnis dan instansi.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar isi Tutorial Python


Sekian artikel Pengertian Bahasa Pemrograman Python. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Bahasa Pemrograman Python"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel