iklan

Peluang Perjuangan Kerupuk Aneka Rasa Lengkap Dengan Cara Membuatnya

Usaha kerupuk kerap dipandang sebelah mata oleh sebagian orang Peluang Usaha Kerupuk Aneka Rasa Lengkap Dengan Cara MembuatnyaUsaha kerupuk kerap dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Margin satu buah kerupuk memang terbilang sedikit. Tapi pernahkah Anda melihat pedagang kerupuk membawa segunung kerupuk? Demikianlah para pelaku perjuangan kerupuk, selalu berpikir dalam kerangka kuantitas, margin kecil, jikalau terkumpul dalam kuantitas yang besar, maka akibatnya banyak juga.


Kerupuk ialah masakan khas Indonesia. Tak sedikit orang yang merasa tak nikmat makan jikalau tidak memakai kerupuk sebagai pelengkap. Atau, makan akan serasa lebih nikmat dengan tambahan kerupuk. Dalam perkembangannya, kerupuk bukan hanya sebagai “teman” makan saja, namun juga disuguhkan sebagai masakan ringan di meja tamu.


Apalagi jikalau kerupuk yang ditawarkan mempunyai banyak sekali keunggulan, menyerupai pilihan rasa yang beraneka macam, bentuk dan warna yang cantik, serta memakai materi alami yang kondusif bagi kesehatan. Kerupuk aneka rasa juga sanggup dijadikan buah tangan ketika seseorang mengunjungi suatu tempat.


Jika dibuat dan dikemas dengan baik, kerupuk sanggup menjadi komoditi andalan. Tiap-tiap kawasan di Indonesia sanggup menyebarkan rasa dan bentuk kerupuk sesuai dengan potensi kawasan masing-masing. Daerah pesisir dengan kerupuk rasa ikan, udang dan aneka binatang laut. Daerah pegunungan dengan kerupuk rasa buah-buahan. Sementara kawasan lain dengan kerupuk rambak yang terbuat dari kulit sapi. Dan masih banyak lagi macam kerupuk yang sanggup dikembangkan.


Langkah-langkah Memulai Usaha Kerupuk


Pertama siapkan konsep kerupuk yang hendak diproduksi. Maksud dari konsep kerupuk ialah meliputi; Rasa apa saja yang akan diproduksi? Bagaimana bentuk kerupuk Anda nanti? Warnanya apa? Kemasan kerupuknya menyerupai apa? Kerupuk akan dipasarkan dalam bentuk mentah atau matang?


Selanjutnya ialah pemilihan lokasi pembuatan atau pabrik kerupuk. Anda perlu memikirkan lokasi, alasannya ialah ini berkaitan dengan biaya dan taktik pemasaran. Jika dalam taktik pemasaran Anda lokasi perjuangan kerupuk tidak mempunyai imbas yang besar, maka Anda tidak perlu mengejar lokasi yang strategis. Apakah cukup dikerjakan di rumah dengan memanfaatkan dapur dan atau ruang lain di dalam dan disekitar rumah? Ataukah perlu menyewa tempat khusus?


Setelah lokasi, maka langkah selanjutnya ialah perlengkapan produksi pembuatan kerupuk. Beberapa alat produksi pembuatan kerupuk sanggup dibeli di toko mesin industri. Ada yang dioperasikan secara manual maupun semi manual. Perlengkapan produksi pembuatan kerupuk skala rumah tangga meliputi:



  • Alat penggiling dan pengaduk adonan

  • Alat cetak dan memasak kerupuk

  • Pengering (bisa secara alami atau memakai alat sejenis oven)

  • Alat penggoreng dan peniris minyak, jikalau kerupuk dijual dalam bentuk matang

  • Alat pengemas


Langkah keempat dari cara memulai perjuangan kerupuk ialah rekrutmen karyawan. Anda sanggup merekrut karyawan dari orang-orang yang ada di sekitar lokasi produksi. Namun demikian hendaknya jangan lupa untuk mengatur jam kerja, tugas-tugas yang harus dilakukan masing-masing karyawan, sistem pengupahan dan bonus. Jangan ketinggalan baca juga artikel terkait berjudul Tips Rekrutmen Karyawan Yang Harus Anda Punyai.


Selanjutnya, untuk menghasilkan penjualan Anda harus menyusun rencana pemasaran, dan distribusi. Jika merasa perlu, bentuklah tim marketing yang solid. Strategi marketing sanggup dilakukan dalam bermacam cara, saya sudah banyak menulis artikel perihal pemasaran, diantaranya Anda sanggup membacanya artikel mengenai strategi pemasaran produk baru dan juga artikel berjudul Strategi Promosi Pemasaran Yang Terbukti Jitu. Nanti saya akan bahas tersendiri mengenai taktik pemasaran dan tips sukses bisnis kerupuk.


Tak kalah penting dari kelima hal tersebut diatas, langkah berikutnya yang sebaiknya juga Anda perhatikan ialah mengurus perijinan PIRT. Terutama apabila Anda ingin produk Anda masuk ke dalam toko, atau dikirim ke luar daerah, maka Anda harus menyertakan ijin minimal setingkat PIRT. Ijin ini sanggup diperoleh dengan mengirim pengajuan ke departemen perijinan dan departemen kesehatan setempat. Petugas akan melaksanakan survey ke lokasi perjuangan kerupuk Anda . Jika hasil survey sesuai dengan standar kesehatan dan produksi, maka petugas akan membantu Anda mendapat PIRT.


Resep Dan Cara Membuat Kerupuk


Bahan Membuat Kerupuk



  • 10 kg tepung kanji/tapioka kualitas bagus

  • 5 kg ikan kakap puti, ambil dagingnya

  • ½ kg bawang putih, kupas dan haluskan

  • Garam dan gula pasir secukupnya

  • 15 liter air, boleh ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan


Cara Membuat Kerupuk



  1. Haluskan daging ikan kakap putih bersama bawang putih, tambahkan garam dan gula,

  2. Masukkan tepung tapioka berseling dengan air bertahap sambil dimixer dengan pengaduk spiral/diuleni,

  3. Aduk hingga gabungan tidak lengket di tangan atau di baskom,

  4. Cetak kerupuk atau bungkus dengan daun pisang kemudian kukus hingga matang,

  5. Biarkan kerupuk menjadi dingin, jikalau kerupuk dibungkus daunmaka selanjutnya iris kerupuk hingga tipis,

  6. Jemur kerupuk hingga benar-benar kering,

  7. Kerupuk siap dikemas atau sanggup digoreng terlebih dahulu gres dikemas,

  8. Jika kerupuk dijual dalam keadaan matang, disarankan untuk memakai wadah berbahan alumunium foil yang kedap udara semoga kerupuk tidak gampang melempem,


Analisa Usaha Kerupuk Aneka Rasa


Modal Awal



  • Mesin pengolah dan pengemas kerupuk: Rp 20.000.000,-

  • Renovasi pabrik: Rp 5.000.000,-

  • Alat masak lain: Rp 2.000.000,-

  • JUMLAH: Rp 27.000.000,-


Biaya Operasional



  • Bahan baku kerupuk 100 kg/hari @Rp 2.600.000,- x 20 hari: Rp 52.000.000,-

  • Gaji karyawan 3 orang @Rp 1.500.000: Rp 4.500.000,-

  • Perlengkapan lain: Rp 1.500.000,-

  • Biaya promosi dan marketing: Rp 1.500.000,-

  • JUMLAH: Rp 59.500.000,-


Omset/Pendapatan


= 100 kg kerupuk per hari x 20 hari x Rp 34.000


= 68.000.000,-


Keuntungan/Laba Bersih


= Pendapatan – Biaya Operasional


= Rp 68.000.000 – Rp 59.500.000


= Rp 8.500.000,-


Break Event Point


= Modal Awal / Laba Bersih


= Rp 27.000.000 / Rp 8.500.000


= 3,18 bulan = 96 hari


Bagaimana Sahabat PoBis? Bisnis kerupuk tidak sanggup dipandang sebelah mata bukan?! Semoga goresan pena komplit mengenai peluang perjuangan kerupuk ini sanggup memberi citra bagi Anda yang ingin memulai bisnis kerupuk.


sumber gambar perjuangan kerupuk: tanjegwagir.wordpress.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Perjuangan Kerupuk Aneka Rasa Lengkap Dengan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel