iklan

Cara Memperbaiki Vga Onboard Yang Rusak Dan Bermasalah

Cara Memperbaiki VGA Onboard yang Rusak dan Bermasalah - Dalam pembahasan artikel ini, saya akan menyebarkan cara memperbaiki VGA Onboard yang bermasalah. VGA on-board ialah VGA yang telah terintegrasi pribadi dengan motherboard komputer, ini menciptakan VGA jenis ini tidak sanggup dilepas dari motherboard daerah dipasangnya. Perlu diingat juga VGA on-board ialah VGA yang cukup sulit diperbaiki pada hardware.

Sebagian besar repairer komputer yang dihadapkan dengan kiprah perbaikan VGA on-board akan memperlihatkan solusi untuk ini dengan saran mengganti motherboard atau membeli VGA embel-embel untuk mengatasi problem yang ada pada VGA yang terpasang. 

Dalam kasus terburuk di mana Anda harus mengganti VGA yang ada pada komputer yang terpasang, Anda perlu mengetahui jenis VGA yang kompatibel dengan komputer Anda. Agar sanggup melakukannya Anda sanggup melaksanakan VGA check laptop atau komputer untuk mengetahui VGA yang sesuai dengan komputer Anda.


Seperti sudah dibahas dalam pembahasan artikel lainnya. Kerusakan VGA berawal dari problem kecil menyerupai kemunculan artefak pada layar monitor sampai problem berat dimana layar komputer tidak sanggup dipakai kembali alasannya ialah VGA sudah benar-benar mati. 

Biasanya komputer Anda akan memperlihatkan gejala VGA yang rusak ketika VGA Anda mulai mengalami masalah. Sebelum mencoba memperbaikinya Anda perlu menganalisis kerusakan VGA Anda. Informasi akan membantu memperlihatkan citra umum dan membantu Anda menemukan solusi terbaik wacana VGA Anda.

Sebelum kita lanjutkan diskusi wacana cara memperbaiki VGA onboard bermasalah. Mari kita cari tahu lebih dulu wacana VGA onboard apa.

Onboard VGA di Komputer
Cara Memperbaiki VGA Onboard yang Rusak dan Bermasalah Cara Memperbaiki VGA Onboard yang Rusak dan Bermasalah
Onboard
Onboard VGA ialah istilah teknis dari VGA yang terintegrasi pribadi pada sistem komputer motherboard. VGA ini merupakan salah satu jenis VGA yang biasa ditemukan pada komputer.

Secara keseluruhan VGA ialah salah satu perangkat keras komputer yang dipakai untuk menerjemahkan data sinyal digital dari CPU yang akan ditampilkan ke monitor komputer. VGA onboard dan kartu VGA ialah dua jenis kartu VGA yang paling umum ketika ini.

Perbedaan antara VGA Onboard dan kartu VGA terletak pada kinerjanya. Onboard VGA tidak mempunyai sistem akselerasi hardware sementara kartu VGA memilikinya. Tentu hal ini akan mensugesti performa tampilan display komputer Anda. Bila dibandingkan fungsi VGA onboard VGA card lebih cenderung memakai komputer yang membutuhkan performa grafis tinggi.

Keadaan performa VGA pada komputer untuk beberapa orang menjadi salah satu faktor penentu yang menciptakan komputer sanggup dipakai atau tidak. Performa yang elok dari kartu VGA tentu akan mendukung kerja atau acara yang bekerjasama dengan pekerjaan yang membutuhkan performa grafis tinggi.

Secara keseluruhan bila dilihat dari performa VGA onboard tidak sanggup menjalankan semua fungsi yang dimiliki oleh kartu VGA. Onboard VGA hanya sanggup melaksanakan fungsi dasar menyerupai menerjemahkan tampilan sinyal digital ke sinyal grafis pada layar komputer. 

Meski hanya sanggup melaksanakan fungsi dasar, VGA onboard masih sanggup mendapatkan jumlah RAM dengan kapasitas yang cukup besar sehingga sanggup menerjemahkan informasi digital menjadi sinyal grafis pada komputer. Namun tetap tak jauh dari yang dimiliki kartu VGA.

Oleh alasannya ialah itu, VGA onboard tidak cocok kalau dipakai untuk bermain video games atau menjalankan banyak sekali macam perangkat lunak 3d dan untuk melaksanakan pekerjaan grafis visual yang membutuhkan performa VGA tinggi. Saat ini pada kebanyakan komputer yang dipakai oleh banyak orang, pengguna sanggup menentukan untuk menonaktifkan fungsionalitas VGA onboard dan hanya memakai VGA Card untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Setelah mengenali lebih banyak wacana onboard VGA mari kita masuk ke pembahasan selanjutnya yaitu bagaimana cara memperbaiki onboard VGA.

Memperbaiki VGA On-board bermasalah
Ada tiga problem yang umumnya sanggup mengakibatkan VGA onboard gagal melaksanakan tugasnya. Masalah yang dimaksud di sini ialah kegagalan pada sistem tampilan sub grafis alasannya ialah onboard VGA tidak sanggup bekerja dengan baik. Ketiga problem tersebut ialah pengaturan perangkat keras, perangkat lunak dan pengaturan kontrol BIOS.

Jika terjadi problem pada perangkat keras, menyerupai yang telah disebutkan dalam diskusi awal. Jika VGA Onboard rusak maka tidak akan ada perbaikan yang sanggup dilakukan secara efektif, meski untuk hebat sekalipun. Umumnya ada dua hal yang sanggup Anda lakukan ketika menyadari problem VGA onboard Anda di perangkat keras. Ini mengembalikan motherboard dimana VGA bermasalah onboard terpasang pada pengarang atau memasang kartu VGA tambahan.

Permasalahan dalam hal perangkat lunak sanggup diperbaiki oleh pengguna komputer pada umumnya. Biasanya ini sanggup terjadi alasannya ialah adanya kesalahan pada setting BIOS yang ada pada komputer.

Untuk memperbaiki problem VGA on-board yang ada alasannya ialah kesalahan pengaturan BIOS, Anda sanggup mencoba mereset CMOS pada VGA Onboard yang Anda gunakan. CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) ialah komponen perangkat motherboard yang tertanam di setiap motherboard komputer. 

Fungsi CMOS sebagai RAM berfungsi khusus yang juga berukuran kecil dengan kapasitas hanya 64 byte. CMOS ini dipakai untuk menyimpan setting yang ada di BIOS ketika komputer dimatikan.

Di komputer, CMOS dipakai untuk menyimpan informasi dasar menyerupai informasi wacana jadwal konfigurasi, jadwal diagnostik, dan pengaturan informasi tanggal dan waktu yang tidak akan hilang bahkan kalau komputer Anda dimatikan.

Perlu dipahami ketika Anda membersihkan atau me-reset CMOS, pengaturan BIOS di komputer Anda akan kembali normal. Penting juga untuk memahami bahwa ketika membersihkan atau mengatur ulang CMOS pada VGA Onboard Anda akan mengembalikan instruksi BIOS ke keadaan aslinya. Dimana sebelum proses konfigurasi pabrikan selesai.

Inilah cara memperbaiki perangkat lunak VGA onboard bermasalah
Seperti biasa ketika Anda ingin bekerja dengan komponen yang ada di dalam perangkat sistem komputer, pastikan sumber daya yang ada di komputer telah hilang. Hal ini sanggup dilakukan dengan mencabut semua kabel sumber daya yang terhubung ke komputer.

Jika Anda sudah melakukannya, buka panel epilog dari kotak CPU Anda.
Tandai lokasi dari tiga jumper yang dipakai untuk me-reset CMOS pada motherboard.
Motherboard Anda akan mempunyai dua pin jumper pendek yang biasanya diberi label pada situasi normal.

Lepaskan jumper pin korslet satu dan dua, kemudian ganti jumper tadi pada pin dua dan tiga.
Setelah itu tekan tombol power di komputer. Nantinya ini akan menciptakan sistem pada komputer Anda tidak akan menyala.

Lepaskan jumper untuk mereset dari pin dua dan pin tiga, kemudian pasang kembali pin pada pin satu dan dua.

Sistem komputer Anda akan meminta Anda untuk memasukkan pengaturan dan pengaturan default komputer Anda. Pastikan bahwa pengaturan, tanggal, dan waktu yang Anda masukkan ialah informasi yang benar alasannya ialah nantinya ini akan dipakai secara otomatis untuk melaksanakan proses penyiapan lainnya yang terkait dengan BIOS Anda. Pengertian BIOS dan Fungsinya

Jika menyetel ulang CMOS Anda tidak memberi imbas pada komputer Anda, Anda tidak akan melihat apapun di layar monitor komputer ketika menghidupkannya kembali.

Itulah pembahasan wacana cara memperbaiki VGA onboard bermasalah. Sampai jumpa lagi di diskusi selanjutnya.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memperbaiki Vga Onboard Yang Rusak Dan Bermasalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel