iklan

Apa Itu Big Data Dan Big Data Analytics

Apa itu Big Data? Big data yaitu istilah khusus yang dipakai untuk data yang melebihi kapasitas pemrosesan database konvensional alasannya yaitu berjumlah terlalu besar, bergerak terlalu cepat, dan tidak sesuai dengan kemampuan struktural dari arsitektur database tradisional. Sehingga dilakukan suatu proses dengan sistem terintegrasi yang bisa menangani Big data yang disebut big data analytics.

A. Karakteristik Big Data

Big data mempunyai 4 karakteristik yang menimbulkan database konvensional tidak bisa menangani data tersebut. 4 karakteristik ini disebut dengan “four Vs“.

  1. Volume | Ukuran Data

    Berbeda dengan data biasa yang berukuran kilobyte (1kb = 1.000byte) sampai gigabyte (1gb = 1.000.000kb), big data berukuran terabyte (1tb = 1.000gb) sampai (1pt = 1.000tb) bahkan lebih.

  2. Velocity | Kecepatan Data

    Big data mempunyai pertumbuhan data (data velocity) yang sangat cepat. Data velocity yaitu pertumbuhan ukuran data tiap detiknya. Big data mempunyai kecepatan data berkisaran antara 30kb sampai 30gb tiap detiknya. Dengan kecepatan data yang tinggi, teknologi yang dipakai harus mempunyai kecepatan hardware dengan algoritma yang optimal untuk menciptakan keputusan secara real time.

  3. Variety | Keanekaragaman Struktur Data

    Big data mempunyai banyak sekali struktur data yaitu structured data, semi-structured data, dan unstructured data.

    • Structured data yaitu data yang dibuat, diproses, dan dimanipulasi dengan memakai database konvensional (traditional relational database management system). Misalnya data jumlah pengunjung suatu website setiap detiknya.
    • Semi-structured data yaitu data yang tidak sesuai dengan arsitektur database management system data terstruktur, namun tetap mempunyai tag-tag yang sanggup dipakai untuk memilih karakteristik dari variabel-variabel data tersebut. Misalnya file log, file XML, atau JSON.
    • Unstructured data yaitu data yang benar-benar tidak terstruktur, yang umumnya tiba dari kegiatan insan sebagai pengguna sistem. Misalnya data dokumen word dan email.
  4. Value | Nilai Data

    Big data mempunyai nilai data yang rendah terhadap kuantitasnya. Data engineering akan melaksanakan penataan data mentah sehingga data tersebut lebih bernilai. Kemudian data yang sudah ditata, sanggup dilakukan analisis oleh data scientist.


B. Manfaat Teknologi Big Data

Teknologi big data dimanfaatkan diberbagai sektor industri. Teknologi big data yaitu keseluruhan teknologi yang sanggup menangani Big Data. Berikut penggunaan big data menurut sumber lalulintas big data terbanyak,

  • Sosial Media

    Data pengguna sosial media ibarat Facebook dan Twitter mempunyai pertumbuhan data yang paling cepat. Teknologi big data merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan sosial media.

  • Transaksi Finansial

    Perkembangan e-commerce yang sangat pesat menimbulkan data transaksi finansial antar bank semakin besar. Selain itu pertumbuhan data transaksi finansial memerlukan resource yang lebih besar dari pertumbuhan data sosial media alasannya yaitu harus memakai sistem enkripsi berlapis-lapis.

  • Data Publik

    Walaupun pertumbuhannya lebih lambat dari data transaksi finansial, data publik mempunyai ukuran dan keanekaragaman yang sangat besar.

  • Data Sensor

    Data sensor yaitu data yang diolah oleh suatu perangkat berupa input dan output. Data sensor banyak dipakai di bidang robotika dan astronomi.

  • Data Perusahaan

    Banyak perusahaan mempunyai data intern yang berjumlah besar, contohnya data pelanggan, data lisensi, data penjualan, dan lain-lain

C. Big Data Analytics

Big data analytics yaitu keseluruhan proses dari mengumpulkan, merapikan, menganalisis big data sehingga diperoleh gosip yang bernilai guna untuk membantu penentuan keputusan atau keberlangsungan suatu sistem. Hal ini dilakukan dengan memakai teknologi big data ibarat Pig, Hadoop dan Hive.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Data Science


Sekian artikel mengenai Apa itu Big Data dan Big Data Analytics. Terima kasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Big Data Dan Big Data Analytics"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel