iklan

9 Tren Digital Shopping Indonesia Yang Wajib Dipahami Pebisnis E-Commerce!

Dunia bisnis di Indonesia kini semakin berwarna dengan kehadiran bidang e-commerce. Bahkan, e-commerce di Indonesia kini memegang peranan penting bagi pergerakan ekonomi di tanah air. Digital shopping sudah menjadi serpihan dekat dalam gaya hidup masyarakat modern. Uniknya, tren digital shopping di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri yang berbeda dengan negara-negara lain.


Jika bisnis Anda juga termasuk salah satu pemain e-commerce yang sedang berkembang, alangkah lebih baik kalau Anda mengenal tren digital shopping di tanah air terlebih dahulu:


Diskon Selalu Menggiurkan


Salah satu alasan utama yang menciptakan masyarakat getol berbelanja online adalah diskon. Itulah sebabnya diskon menjadi daya tarik yang sering dimanfaatkan oleh para pelaku e-commerce. Masyarakat kini semakin cerdas menentukan produk sebelum berbelanja.


Membandingkan harga bukanlah hal yang sulit dilakukan sebelum menentukan pilihan. Sehingga para pelaku e-commerce pun terlibat dalam persaingan harga yang ketat demi meraih minat masyarakat untuk berbelanja.


Free Ongkir Juga Tak Kalah Menarik


Selain diskon besar-besaran, free ongkir juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Karena masyarakat sering kali mengurungkan niat belanja online akibat ongkos kirim yang terlalu mahal.


Ada beberapa pelaku bisnis e-commerce yang mencermati peluang tersebut dan memanfaatkannya dengan menerapkan sistem free ongkir. Sehingga minat masyarakat untuk berbelanja online pun semakin besar. Tak mengherankan kalau sistem free ongkir sudah mulai ditiru para pelaku e-commerce lainnya. Free ongkir menjadi tren digital shopping yang sepertinya sulit untuk dihilangkan.


Keputusan Membeli Berdasarkan Rating


Testimoni dari para pelanggan merupakan salah satu kekuatan bagi para pelaku e-commerce. Ternyata, banyak masyarakat Indonesia yang menilai kualitas pelaku e-commerce berdasarkan rating yang diterimanya.


Misalnya, orang cenderung mempercayai toko online yang mempunyai rating lebih tinggi daripada kompetitor sejenis yang ratingnya lebih rendah. Biasanya pelanggan memperlihatkan rating menurut kualitas produk, kecepatan pengiriman, dan kecepatan respon pelaku e-commerce. Kaprikornus buat Anda para pebisnis e-commerce, harus berhati-hati dengan hal ini.


Dengan adanya rating ini, akan menciptakan Anda lebih fokus dalam pelayanan kepada konsumen Anda. Karena rating ini menjadi tren digital shopping di Indonesia yang harus dipahami oleh seluruh pebisnis online.


Baca Juga : Menyereput Sukses Bisnis Kopi


Digital Shopping Mendukung Emansipasi Wanita


Tren digital shopping di Indonesia ternyata juga mendukung tercapainya emansipasi wanita. Hal tersebut ditunjukkan oleh jumlah pelaku e-commerce wanita yang mencapai 35%. Jumlah tersebut jauh lebih besar dibandingkan pebisnis di ranah offline yang jumlahnya hanya 15%.


Dunia bisnis di Indonesia kini semakin berwarna dengan kehadiran bidang  9 Tren Digital Shopping Indonesia yang Wajib Dipahami Pebisnis e-Commerce!


Karena para perempuan berstatus ibu rumah tangga pun sanggup menjadi pelaku e-commerce tanpa mengabaikan kewajiban di rumah. Bahkan, bisnis e-commerce juga tak jarang dijadikan sebagai bisnis sampingan di sela-sela rutinitas pekerjaan utama.


Implementasi Omni Channel


Riset yang dilakukan McKinsey menyatakan bahwa ada 94% pelanggan ­e-commerce mencari gosip secara online sebelum berbelanja. Namun, sistem transaksi secara offline masih cukup diminati lantaran dianggap aman.


Hal inilah yang menciptakan banyak pelaku e-commerce berskala besar berinisiatif untuk menerapkan sistem omni channel. Sehingga transaksi sanggup dilakukan secara offline di sejumlah merchant yang bekerja sama dengan pelaku e-commerce tersebut.


Membantu Peningkatan Ekonomi Desa


Kehadiran ranah e-commerce membawa efek positif bagi peningkatan perekonomian desa. Karena pelaku e-commerce di desa tak kesulitan mendapatkan dan mengirimkan produk pesanan pelanggan. Bahkan, jumlah pelanggan e-commerce dari desa pun mengalami peningkatan pesat. Sebab kanal pengiriman barang pun semakin gampang menjangkau aneka macam pelosok daerah.


Baca Juga: Membuat Laporan Keuangan Untuk Bisnis Online yang Praktis dan Sederhana


Dominasi Jakarta akan Hilang


Selama ini, Jakarta selalu dikatakan sebagai sentra tren digital. Dimana pada 2017, Jakarta mendominasi penjualan online sampai 55%. Namun ketika ini, dominasi tersebut mulai berkurang, seiring dengan berkembangnya daerah-daerah di luar Jakarta. Di prediksi, di tahun 2022, dominasi daerah-daerah mencapai 20%.


Angka-angka ini pastinya sangat berarti bagi para pengusaha bisnis ibarat kalian. Dengan adanya tren digital shopping, Anda sanggup menentukan seni administrasi apa saja yang sempurna untuk sanggup merebut hati konsumen.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Tren Digital Shopping Indonesia Yang Wajib Dipahami Pebisnis E-Commerce!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel