iklan

15 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia 15 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Akuntansilengkap.comFaktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia – Sepakat kah sahabat jikalau kebutuhan insan itu tidak terbatas ? apalagi pada zaman yang terus berkembang ini, kebutuhan insan semakin sangat beragam. Kebutuhan apa saja yang sahabat tahu ?

Kebutuhan insan berdasarkan intensitasnya terbagi menjadi kebutuhan pokok/primer, sekunder dan tersier. Sedangkan berdasarkan sosial dan budaya dikelompokkan menjadi kebutuhan sosial dan psikologis. Kemudian berdasarkan subjek digolongkan menjadi kebutuhan individual dan kolektif.

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Setelah mengenal jenis-jenis kebutuhan manusia, tahukah sahabat faktor-faktor yang menghipnotis kebutuhan insan itu ?

  1. Faktor Kondisi Alam

Faktor yang pertama yaitu faktor kondisi alam, Bagaimana kondisi cuaca di tempat tempat tinggal sahabat ? jikalau tinggal di tempat dingin, benarkah sahabat membutuhkan selimut ataupun pakaian yang tebal yang mana sanggup menahan hawa cuek ?

Lalu bagaimana sodara kita yang tinggal di tempat panas ? benarkah mereka lebih membutuhkan pakaian yang tipis ?

Nah, ilustrasi di atas menjelaskan bahwa Kondisi alam akan sangat berkaitan dengan kebutuhan yang harus dipenuhi manusia. Artinya, insan akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan dasar sesuai dengan kondisi alam dimana dirinya tinggal.

  1. Faktor Kepercayaan dan Agama Yang Dianut

Bagaimana agama menghipnotis kebutuhan penganutnya ? contohnya bagi umat Hindu, sangat di larang bagi penganutnya untuk memakan kuliner yang berbahan dasar atau mengandung sapi. Sedangkan bagi umat beragama islam, makan daging sapi sangat di perbolehkan.

Contoh tersebut sangat terang menggambarkan adanya perbedaan, yang mana akan mengakibatkan kebutuhan penganut agama satu sama lainnya akan berbeda pula.

Contoh lain menyerupai perbedaan pada alat pemenuhan kebutuhan untuk menjalankan ibadah. Orang islam membutuhkan pakaian Muslim untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Sedangkan umat Kristiani membutuhkan pohon natal serta bingkisan bingkisan untuk merayakan Natal.

  1. Faktor Adat Istiadat

Mengapa adat dikatakan sanggup menghipnotis dari kebutuhan yang dimiliki oleh setiap insan ? Sebagai contohnya, upacara adat ketika program perkawinan dari masing-masing daerah/suku niscaya mempunyai perbedaan dan keunikannya masing-masing. Adat kesepakatan nikah Suku Batak tentu berbeda dengan Suku Sunda, begitupun daerah-daerah lainnya.

Dengan demikian, sudah terlihat imbas adat bagi kebutuhan manusia, dikarenakan adat dan tradisi akan menghipnotis sikap dan tujuan hidup kelompok masyarakat yang ada di tempat tersebut.

  1. Faktor Pekerjaan

Bagaimana pekerjaan memepengaruhi kebutuhan ? sebagai contoh, profesi guru akan mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan profesi sebagai petani. Profesi guru membutuhkan perlengkapan mengajar menyerupai alat tulis, sedangkan profesi petani membutuhkan alat-alat menyerupai cangkul, traktor, pupuk, bibit, dan alat pertanian lainnya .

  1. Tingkat Peradaban

Kira-kira apa kebutuhan insan pada jaman purba dahulu ya ? mungkin mereka hanya membutuhkan makanan, dan tempat tinggal seadanya, hanya untuk bertahan hidup.

Sedangkan pada perkembangan peradaban ketika ini menciptakan kebutuhan insan semakin banyak, baik dalam segi jumlah maupun jenisnya. Karena insan akan selalu berupaya untuk mencapai kemakmuran dengan memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

Sebagai contoh, dahulu sepeda motor sebagai barang mewah, namun kini setiap insan membutuhkan kendaraan supaya  bisa mengefisiensikan waktu dalam menuntaskan pekerjaan dan gampang untuk berpindah tempat.

Jadi, tingkat peradaban juga sangat menghipnotis kebutuhan manusia.

  1. Faktor Penghasilan

Bagi sekelompok orang yang mempunyai penghasilan pas-pasan, tentunya hanya berusaha untuk memenuhi kebutuhan pokoknya saja. Namun bagaimana dengan kebutuhan seseorang yang mempunyai penghasilan yang tinggi ? seseorang dengan penghasilan yang besar cenderung memenuhi kebutuhan primer, bahkan sampai kebutuhan sekunder dan tersier nya.

  1. Faktor Umur

Sebagai contoh, kebutuhan belum dewasa tentunya akan jauh berbeda dengan kebutuhan orang dewasa. Faktor umur tentu kuat pada kebutuhan yang dimiliki masing-masing individu.

  1. Faktor Tingkat Kepuasan

Keinginan dan tingkat kepuasan orang satu dengan lainnya berbeda-beda. Pada alhasil kuat dengan kebutuhan hidup yang dimilikinya. Jika ada seseorang yang tidak gampang puas dengan yang dimiliki, secara otomatis, ia akan menciptakan tingkat kebutuhannya lebih banyak dibandingkan dengan orang lain.

  1. Faktor Hobi Atau Kegemaran

Hobi apa saja yang sahabat tahu/miliki ? memancing kah ? sepak bola ? bulu tangkis kah ? bagi seseorang yang mempunyai hobi badminton, tentu akan membutuhkan banyak sekali perlengkapan bulu tangkis menyerupai raket, shuttelkock, sepatu ket dan lainnya.

  1. Faktor Pendidikan

Faktor pendidikan juga ikut menghipnotis kebutuhan manusia. Contohnya, kebutuhan anak SD tentu akan berbeda dengan anak Sekolah Menengan Atas atau bahkan yang sedang kuliah.

  1. Faktor Jenis Kelamin

Jika sahabat yaitu seorang pria, mungkinkah membutuhkan lipstick untuk konsumsi eksklusif ? tidak mungkin, alasannya lipstick dipakai oleh seorang wanita. Jadi, sanggup kita simpulkan bahwa faktor jenis kelamin sanggup mempengaruhi.

  1. Teknologi

Saat ini, siapakah yang tidak mempunyai handphone ? handphone yaitu pecahan dari teknologi yang hampir setiap orang memilikinya. Handpone sebagai alat untuk menghubungkan satu orang dengan orang lainnya, di tempat yang berbeda. Nah pada zaman dahulu, apakah ada teknologi menyerupai handphone atau laptop ? tampaknya tidak, namun ketika ini di Pare, karerna kemajuan teknologi ketika ini, menciptakan orang-orang berbondong-bondong untuk membeli nya dengan tujuan mempermudah pekerjaan mereka.

  1. Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk yaitu jumlah orang yang ada di sebuah lingkungan atau keluarga. Apabila anggota keluarga kita banyak, tentu kebutuhan keluarga kita akan bertambah pula.

  1. Faktor Penyakit

Jika seseorang terjangkit penyakit, maka akan terjadi perubahan kebutuhan, mengapa ? alasannya sanggup saja, salah satu pecahan badan yang sakit tersebut membutuhkan perawatan dan pengobatan yang lebih  besar dibandingkan anggota/bagian badan yang sehat lainnya.

  1. Iklan atau Promosi

Saat ini media massa sudah sangat masif memasarkan suatu produk. Iklan dan promosi menjamur di banyak sekali media menyerupai televisi, radio dan di internet. Munculnya iklan ini akan sangat menghipnotis kebutuhan manusia, alasannya seseorang akan terpengaruh akan membeli sesuatu sesudah melihat iklan yang muncul di perangkat hp atau di televisi.

 Demikianlah pembasahan tentang Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih banyak atas kunjungannya. Jangan lupa share yaa 🙂


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "15 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel